Ciri Ciri Kompos Yang Baik

1 min read

Ciri Ciri Kompos Yang Baik

Ciri Ciri Kompos Yang Baik – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ciri Ciri Kompos Yang Baikk.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Ciri Ciri Kompos Yang Baik bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Ciri Ciri Kompos Yang Baik berikut ini.


Ciri Ciri Kompos Yang Baik


Pengertian

Kompos merupakan hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari kombinasi bahan-bahan organik yang bisa dipercepat secara artifisial oleh populasi berbagai mikroba dalam keadaan lingkungan yang hangat, lembap, serta aerobik ataupun anaerobik (Modifikasi dari J.H. Crawford, 2003).

Sebaliknya pengomposan merupakan proses di mana bahan organik menghadapi penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang menggunakan bahan organik sebagai sumber tenaga.

Membuat kompos ialah mengatur serta mengendalikan proses alami tersebut supaya kompos bisa tercipta lebih cepat.

Proses ini meliputi membuat kombinasi bahan yang seimbang, pemberian air yang cukup, pengaturan aerasi, serta akumulasi aktivator pengomposan.

Kompos mempunyai peranan sangat berarti buat kenaikan kualitas tanah serta bisa kurangi pemakaian bahan-bahan kimia.

Tetapi kadang petani masih salah dalam pemakaian kompos sebab kompos yang digunakan belum matang sempurna.

Kompos yang belum matang sempurna bisa mengusik perkembangan tumbuhan sebab adanya pergantian wujud unsur hara yang tidak sesuai buat tumbuhan.

Tidak hanya itu pula kompos yang belum matang bisa menciptakan amonia, nitrit-nitrogen, besi serta mangan.

Oleh sebab itu penting untuk kita buat mengetahui ciri kompos yang telah matang sempurna. Karakteristik kompos yang telah matang hendak dipaparkan sebagai berikut:

Baca Juga:  Bambu Air : Pengertian, Habitat, Manfaat, Tips Dan Cara Perawatan

Warna Kompos

Kompos yang telah mempunyai kematangnan yang sempurna mempunyai warna coklat kehitam-hitaman.

Warna kompos yang seperti ini menyamai tanah sudah dapat langsung digunakan buat media tanam. Apabila kompos masih bewarna hijau maka menunjukkan kompos belum matang.

Bau

Kompos yang telah matang mempunyai bau yang khas ialah bau seperti tanah, harum serta tidak beraroma tajam.

Apabila kompos masih menghasilkan bau yang tidak nikmat maka dapat dikatakan kompos masih menghadapi proses fermentasi. Kompos yang telah matang hendak berganti aroma dari bahan mentah awal mulanya.

Pengumpalan Kompos

Pengumpalan kompos yang telah matang sangat menggumpal apabila dilakukan pengepalan/dipegang. Apabila dilakukan penekanan dengan lembut, gumpalan kompos hendak sirna dengan gampang.

Penyusutan Kompos

Penyusutan kompos yang telah matang, hendak terjadi sebab tingkatan kematangan kompos. Baik penyusutan volume maupun bobot kompos, umumnya penyusutan bergantung dengan ciri dari bahan mentah serta tingkatan kematangan kompos.

Penyusutan berkisar antara 20-40%, apabila penyusutan masih sedikit mungkin proses pengomposan belum selesai serta kompos belum matang.

Ciri Ciri Kompos Yang Baik


Temperatur Kompos

Temperatur kompos yang telah matang umumnya hampir mendekati dengan temperatur awal dari pengomposan. Temperatur tersebut berkisar 50 derajat celcius, berarti proses pengomposan masih berlangsung.

Kandungan Air Kompos

Kandungan air kompos yang telah matang idealnya merupakan memiliki isi air yang berkisar antara 55-65%.

Ada pula tanda-tanda dari pupuk kompos yang baik serta bermutu bersumber pada uji laboratorium/uji sifat kimiawi pupuk kompos ialah sebagai berikut:

  • Mempunyai pH 6,5-7,5
  • Mempunyai rasio C/N 10-20
  • Mempunyai kapasitas ubah kation lebih besar 20 meq/100 gr
  • Mempunyai energi hantar listrik lebih besar 2 mhos/cm
  • Isi Nitrogen 0,4-3.5%
  • Isi Phospor 0,3-3,5%
  • Isi Potasium 0,5-1.8%
Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kompos : Metode, Persiapan, Langkah Dan Manfaat

Demikian penjelasan kami tentang Ciri Ciri Kompos Yang Baik dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Budidaya Belut Dalam Tong

Farming
2 min read

Pipa Paralon Hidroponik

Farming
2 min read