Contoh Jenis Tanaman Stek yang Mudah Di Tanam

Contoh Jenis Tanaman Stek yang Mudah Di Tanam

Posted on

Contoh Jenis Tanaman Stek yang Mudah Di Tanam – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membaha tentang Contoh Tanaman Stek. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan contoh berbagai jenis tanaman stek yang mudah di tanam dan terdapat di lingkungan kita dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang contoh tanaman stek dibawah ini.

Contoh Jenis Tanaman Stek yang Mudah Di Tanam

Cara penamanan stek merupakan salah satu jenis cara dalam pembudidayaan tanaman yang dilakukan secara vegetatif buatan. Penanaman stek memiliki 3 (tiga) cara diantaranya yaitu stek batang, stek akar dan juga stek daun. Hal inidilakukan dengan tujuan supaya tanaman dapat menumbuhkan akar serta memunculkan produk jenis tanaman baru.

Tujuan dari melakukan stek ini yakni supaya mendapatkan tanaman yang unggul dalam waktu yang singkat, serta memiliki sifat yang sama dengan induknya, bisa digunakan guna mempercepat pertumbuhan tanaman dan juga dapat memperbanyak tanaman dalam waktu yang cukup singkat.

Dalam hal ini jenis tanaman stek sendiri memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam pembentukan akar meskipun dengan menggunakan metode yang sama. Banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan melalui cara stek, akan tetapi tidak semua dapay memakai cara stek.

Contoh Tanaman Stek

Berikut ini meupakan beberapa contoh tanaman stek yang dapat ditanam, diantaranya yaitu:

  1. Tanaman Jambu Air

Sekarang ini telah banyak orang yang membudidayakan jambu air yang memakai cara tanam biji. Namu hal tersebut mengeluarkan biaya yang cukup banyak dan proses pertumbuhannya ini memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga:  Fungsi Sulfur Bagi Tanaman

Tanaman Jambu Air

Akan tetapi dengan berkembangnya pengetahuan dalam budidaya, tanaman jambu biji juga bisa ditanam dengan cara vegetatif yaitu menggunakan stek yang mana bisa membuat pertumbuhan dari jambu air menjadi lebih cepat dan tak perlu biaya banyak. Kelebihan lainnya dari stek yaitu bisa membuat tanaman jambu memiliki sifat yang sama dengan induknya.

  1. Tanaman Sukun

Jenis tanaman sukun merupakan jenis buah yang tidak mempunyai biji, oleh sebab itu menggunakan cara vegetatif dalam penanamannya sangat cocok untuk tanaman ini.

Tanaman Sukun

Disamping itu untuk pertumbuhan tanaman sendiri sukun lebih cepat dan telah banyak orang yang menanam memakai metode stek.

  1. Tanaman Jati

Tanaman jati merupakan termasuk dalam salah satu jenis tanaman yang penting bagi kehidupan manusia, karena tanaman jati dapat menghasilkan kualitas kayu yang sangat bermanfaat. Biasanya tanaman jati ini dibudidayakan dengan cara generatif terlebih lagi benih dari tanaman padi ini tidak mencukupi.

Tanaman Jati

Supaya bisa memepercepat pertumbuhan tanaman ini, sudah banyak orang yang memakai metode stek sebagai budidaya tanaman jati.

Contoh Jenis Tanaman Stek yang Mudah Di Tanam

  1. Tanaman Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mana termasuk kedalam genus tanaman pucuk merah. Tanaman ini mempunyai ukuran dengan tinggi mencapai 7 meter dan bisa tumbuh dengan rimbun.

Tanaman pucuk merah juga termasuk jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat dan baik bila ditanam dengan memakai metode stek.

  1. Tanaman Damar

Tanaman damar yaitu termasuk dalam salah satu jenis tanaman yang juga bermanfaat untuk manusia, pengembangbiakannya juga untuk yang generatif banyak mengalami kendala serta tidak dapat disimpan terlalu lama.

Tanaman Damar

Maka dari itu banyak dari para petani yang membudidayakan tanaman damar dengan memakai metode vegetatif terutama dengan menggunakan cara stek.

  1. Tanaman Bunga Krisan

Tanaman bunga krisan yaitu termasuk jenis tanaman yang banyak dibudidayakan oleh para petani, karena tanaman ini mempunyai bunga yang indah serta memiliki banyak macam warnanya.

Baca Juga:  Beberapa Jenis Pupuk yang Mengandung Kalium Tinggi

Tanaman Bunga Krisan

Banyaknya permintaan pasar akan bunga krisan sehingga membuat para petani banyak yang memakai metode vegetatif yang mana dengan cara stek supaya bisa tumbuh dengan cepat.

  1. Tanaman Ubi Jalar

Para petani banyak yang menanam Tanaman ubi jalar yang mana dilakuka dengan cara vegetatif terlebih lagi stek daun yang tingkat keberhasilannya bisa mencapai 60%.

Tanaman Ubi Jalar

Ubi jalar ini memiliki umbi yang bisa dimakan serta memiliki rasa yang manis dan kaya akan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Demikian penjelasan tentang Contoh Jenis Tanaman Stek yang Mudah Di Tanam, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.