Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan

3 min read

Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan

Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Eceng Gondok. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Eceng Gondok bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Eceng Gondok berikut ini.


Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan


Eceng Gondok merupakan jenis tanaman air mengapung yang biasa hidup di kolam – kolam dangkal, tanah basah serta rawa, aliran air lelet, danau, tempat penampungan air, serta sungai.

Tanaman eceng gondok kerap dikira gulma yang bisa mengganggu area perairan. Hendak tetapi di sisi lain kehadirannya malah dapat dimanfaatkan buat menanggulangi polutan sungai.

Eceng gondok memiliki besar dekat 0,4 – 0,8m serta tidak memiliki batang, daunnya berupa oval, daunnya licin bercorak hijau.

Tidak hanya itu, bunga eceng gondok termasuk bunga majemuk, berupa bulir, kelopaknya berupa tabung. Memiliki biji berupa bundar serta bercorak gelap. Sebaliknya buahnya kotak bercorak hijau, serta akarnya yang serabut.


Mengenal Eceng Gondok

Eceng gondok ataupun enceng gondok merupakan tumbuhan air yang hidup mengapung dengan nama ilmiah Eichhornia crassipes.

Tidak hanya dikenal dengan enceng gondok, tanaman air ini pula memiliki nama lain semacam di wilayah Palembang diketahui dengan nama Kelipuk, di Lampung disebut Ringgak, di Dayak disebut Ilung – ilung serta di Manado disebut Tumpe.

Orang yang awal kali menemukan spesies eceng gondok merupakan seseorang pakar botani dari Jerman bernama Carl Friedrich Philipp von Martius.

Penemuan ini terjadi kala dia lagi melakukan ekspedisi ke Sungai Amazon, Brazil.


Ciri serta Morfologi

Wujud eceng gondok lumayan gampang dikenali. Tidak hanya ciri utamanya yang hidup mengapung di permukaan air, tanaman ini pula mempunyai pangkal serabut semacam rambut buat meresap nutrisi.

Besar tumbuhan mulai 40 sampai 80 cm serta tidak mempunyai batang sejati. Wujud daunnya tunggal, berupa oval, permukaannya licin serta bercorak hijau.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Matahari Mudah dan Simple di Rumah

Pada bagian ujung dan pangkal daun cenderung meruncing dengan pangkal tangkai daun cukup menggelembung.

Jenis bunga enceng gondok termasuk bunga majemuk, berupa bulir serta kelopaknya berupa tabung. Bijinya bercorak gelap serta berupa bundar. Saat berbuah, buahnya berupa kotak, mempunyai 3 ruang serta bercorak hijau.


Habitat Eceng Gondok

Eceng gondok biasa berkembang di kolam dangkal, rawa, lahan basah, aliran air yang lelet, danau, penampungan air serta sungai yang arus airnya relatif tenang.

Tanaman air ini bisa berkembangbiak dengan sangat cepat sehingga kerap dikira bagaikan gulma yang dapat mengganggu tatanan area perairan.

Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan


Dampak Negatif Eceng Gondok

Kurangi Jumlah Oksigen dalam Air

Sebab perkembangan yang begitu cepat tanaman ini dapat menutupi segala perairan, dampaknya jumlah sinar yang masuk ke dalam air hendak terus menjadi menurun serta tingkatan kelarutan oksigen juga akan menurun.

Perairan Jadi Dangkal

Eceng gondok pula dapat mengganggu area di dekat serta jadi pemicu kedangkalan sebab eceng gondok yang telah mati hendak menumpuk sedikit demi sedikit ke permukaan, sehingga bersamaan berjalannya waktu perairan hendak jadi dangkal.

Kurangi Jumlah Air

Jika tidak betul – betul di obati dengan pas, tanaman eceng gondok ini dapat menyebar sampai ke segala permukaan air.

Dengan begitu hendak menimbulkan evapotranspirasi yang berarti jumlah kehabisan air akan meningkat akibat perkembangan eceng gondok yang begitu cepat serta mempunyai daun yang lebar.

Mengganggu Lalu Lintas di Perairan

Untuk para nelayan tanaman eceng gondok sangat mengusik sekali sebab perahu mereka kerap terjebak serta susah bergerak.

Meningkatnya Habitat Baru

Dengan terus menjadi meningkat banyak tanaman eceng gondok membuat banyak habitat baru yang hendak bermunculan. Di lain sisi pula dapat jadi aspek pemicu munculnya penyakit.

Mengganggu Keelokan Perairan

Jika pada daratan eceng gondok ini semacam rumput liar, hanya kelainannya eceng gondok ini berkembang di perairan. Untuk itu perlu terdapatnya penindakan biar perairan selalu nampak indah.


Manfaat Eceng Gondok untuk Kesehatan

Banyaknya isi zat serta mineral tumbuhan ini nyatanya sangat bermanfaat buat badan. Berikut ini bermacam – macam manfaat eceng gondok untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Mengobati Bisul

Eceng gondoh pula jitu menanggulangi bisul. Triknya, sembari segala bagian enceng gondok kemudian dicuci serta ditumbuk sampai halus. Tambahkan garam sedikit kemudian tempelkan pada bagian badan yang terserang bisulan.

Baca Juga:  Budidaya Edamame : Metode, Persiapan, Penanaman, Pengendalian, Panen Dan Pasca

Mengobati Sakit Perut

Manfaat eceng gondok pula jitu buat meredakan serta mengobati sakit perut. Kamu dapat memasak bagian daun serta batang tumbuhan ini sebagai sayur – mayur sop yang baik buat menanggulangi gangguan pencernaan.

Mencegah Asma

Tumbuhan eceng gondok pula jitu buat mengobati asma serta sesak napas. Kamu pula dapat mencerna bagian batang serta pangkal tumbuhan ini sebagai masakan sup maupun olahan sayur – mayur yang lain.

Mencegah Sakit Gigi

Manfaat eceng gondok yang lain pula jitu meredakan sakit gigi ataupun gusi bengkak. Supaya sakit ini tidak buat tekanan pikiran lekas saja kumur dengan air hangat rebusan batang eceng gondok ini.

Mencegah Gatal Akibat Serangga ataupun Ulat Bulu

Eceng gondok pula memiliki dampak anti-pruritus sehingga jitu mengobati gatal akibat serangga ataupun ulat bulu. Ambil saja batang serta daun tumbuhan ini kemudian tumbuk serta balurkan pada badan yang gatal.

Mencegah Anyang – Anyangan

Manfaat eceng gondok pula sebab bersifat diuritik yang efektif melancarkan buang air kecil serta menanggulangi anyang – anyangan. Herbal ini akan membuang sekresi kemih serta meredakan rasa sakitnya.

Meredakan Demam Anak

Bagian daun serta batang eceng gondok memiliki sifat mendinginkan. Buat meredakan demam serta panas dalam pada anak kamu dapat membuat kompres dari tumbuhan ini ataupun meminum rebusannya.

Mendetoksifikasi Toksin Tubuh

Manfaat eceng gondok pula dari kandungannya yang berperan detoksifikasi ataupun membuang toksin dari badan. Efeknya hendak meringankan kinerja serta tingkatkan guna hati.

Mencegah Sakit Biduran

Tumbuhan ini pula jitu buat mengobati bentol – bentol ruam merah yang gatal sebab biduran. Triknya dengan menumbuk bagian daun serta pangkal eceng gondok buat dibalurkan pada kulit yang biduran.

Manfaat eceng gondok buat kesehatan yang lain antara lain sebagai sumber serat, buat membetulkan fungsi ginjal, merendahkan asam lambung, melancarkan pencernaan, serta memantapkan tulang serta gigi.

Menghindari penuaan dini

Manfaat eceng gondok ini berkaitan dengan isi antioksidan, paling utama pada bagian daunnya. Ekstrak daun eceng gondok teruji kaya akan zat yang berperan mencegah radikal bebas.

Radikal bebas sendiri sering dihubungkan sebagai pemicu bermacam permasalahan kesehatan, salah satunya merupakan penuaan dini.

Manfaay ini didapatkan dengan mengaplikasikan ekstrak daun eceng gondok yang telah diolah jadi krim wajah. Hasilnya, krim tersebut teruji bisa memberantas dampak radikal bebas pada kulit.

Demikian penjelasan kami tentang Eceng Gondok dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read

Bonsai Pucuk Merah

Farming
4 min read

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read