Hama Tanaman Selada Penyakit dan Cara Pengendaliannya

Hama Tanaman Selada, Penyakit dan Cara Pengendaliannya

Posted on

Hama Tanaman Selada, Penyakit dan Cara Pengendaliannya – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Hama dan Penyakit Selada. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan hama tanaman selada dan penyakit serta pengendaliannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detail dan jelasnya silahkan simak artikel berikut ini.

Hama Tanaman Selada, Penyakit dan Cara Pengendaliannya

Tanaman Selada atau “Lactuca Sativa” dalam bahasa latinnya, merupakan salah satu tanaman yang sering dibudidayakan oleh para petani sayur. Dengan tingkat keminatan konsumen yang tinggi, tanaman yang satu ini menjadi salah satu jenis tanaman yang sering dibudidayakan.

Namun dalam setiap melakukan budidaya apapun tentu ada kendala serta masalah yang akan terjadi. Baik itu dalam segi tanaman, hama, penyakit, kondisi tanah bahkan bisa dari harga tanaman selada itu sendiri. Dalam hal ini akan kami akan bahas tentang penyakit serta hama yang tedapat pada tanaman selada berikut cara pencegahannya.

Karena, jika tidak segera untuk ditangani maka hal ini akan menimbulkan kerugian bagi petani, semakin lama pengendalian serta pencegahannya maka akan semakin rugi yang diderita petani. Maka dari itu berikut ini merupakan penjelasannya:

Hama Tanaman Selada

Dalam hal ini sering sekali terjadi ketika Anda sedang melakukan budidaya tanaman selada tentu Anda akan mendapati berbagai hama yang menyerangnya, hama tersebut antara lain yaitu :

  • Hama Jangel

Hama Jangel atau “Bradybaena Similaris Ferussac” dalam bahasa latinnya, hama ini sejenis dengan siput yang mempunyai ukuran kurang lebih antara 1-2 cm yang bersembunyi pada bagian pangkal daun bagian dalam dan menyerang daun tanaman dalam segala arah.

  • HamaTangek

Hama Tangek atau dalam bahasa latin bernama “Parmalion Pupilaris Humb”. Hama ini mempunyai ciri yang bentuknya hampir sama dengan hama jangle akan tetapi tidak memilki siput. Hama jenis ini dapat mengakibatkan lubang pada daun yang diakibatkan serangan hama ini.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Jahe dan Macam Jahe Di Indonesia

Biasanya hama jenis ini akan menyerang disaat memasuki musim kemarau dibandingkan pada saat musim hujan

  • Hama Kutu Daun

Akibat dari penyerangan hama kutu daun ini dapat mengakibatkan daun pada tanaman akan berubah menjadi mengerut, dan selanjutnya akan mengering yang disebabkan oleh kekurangan cairan yang dibutuhkan. Hama kutu daun ini akan menyerang pada saat tanaman selada yang masih berusia muda sehingga hal ini dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman yang mengakibatkan tumbuhan menjadi kerdil.

Berikut adalah cara pengendalian hama kutu daun ini yaitu dengan cara menyemprotkan menggunakan insektisida dengan dosis sesuai dengan takaran yang telah di tetapkan oleh pabrik.

  • Hama Thrips

Hama thrips dapat mengakibatkan daun pada tanaman selada akan berubah menjadi kuning dan kemudian mengering serta pada ujungnya tanaman selada akan mati. jika terlihat pada tanaman sudah terlihat terjangkit maka bisa dikendalikan dengan cara menggunakan insektisida yang penggunaannya sesuai dengan dosis yang tertera di petunjuk obat itu.

Penyakit Pada Tanaman Selada

Setelah membahas mengenai hama pada tanaman selada di atas, berikut adalah penyakit pada tanaman selada, antara lain yaitu:

  • Penyakit Busuk Lunak

Dalam bahasa inggrisnya “Soft Rot”, penyakit busuk lunak ini dapat disebabkan oleh Bakteri Erwinia Carotovora. Penyakit jenis ini akan menyerang pada bagian daun, gejala awal dari penyakit jenis ini yaitu akan menyerang dari tepi daun dimana daun akan berubah warnanya. Perubahan itu akan di mulai dengan berubah wawrna manjadi kuning, coklat dan akhirnya daun menjadi layu sampai mati.

Penyakit bususk lunak ini juga tah hanya menyerang pada saat proses penanaman saja, penyakit jenis ini juga bisa menyerang pada saat tanaman selada ini sudah memasuki masa panen yang mana terbawa pada saat sebelum panen.

  • Penyakit Busuk Batang

Penyakit busuk batang bisa menyebabkan tanaman pada bagian batangnya akan berubah menjadi lunak serta berangsur menjadi busuk. Penyakit busuk lunak ini dapat disebabkan dari bakteri Cendawan Rhizoctonia Solani. Penyakit busuk batang juga bisa menyerang dalam kondisi yang lembab, yang mana akan menyerang ketika penyemaian tanaman yang dapat mengakibatkan tanaman selada menjadi busuk akarnya.

Baca Juga:  √ Mengatasi dan Mencegah Radang Kutu Pada Ternak Kambing

Dalam pencegahannya dapat Anda bisa melakukannya dengan cara menjaga kebersihan pada lahan tanam serta menjaga kondisi kelembapan pada lahan tanam. Jika tanaman sudah terkena dan kondisi sudah semakin parah, segera lakukan pengendalian dengan cara memberi obat fungisida dengan kadar dosis sesuai dengan aturan yang tertera.

Hama Tanaman Selada Penyakit dan Cara Pengendaliannya

  • Penyakit Busuk Pangkal Daun

Penyakit ini busuk pangkal daun dapat disebabkan oleh bakteri Felicularia filamentosa, yang mana penyakit jenis ini dapat menyerang pada bagian pangkal daun ketika mendekari musim panen. Cara agar dapat mengendalikan penyakit busuk pangkal daun ini adalah dengan cara melakukan penyemprotan pestisida buatan atau pestisida alami.

Jika menggunakan pestisida kimia Anda juga harus memperhatikan pada lingkungan sekitar lahan mana yang akan di semprot. Selain dengan penyemprotan Anda juga bisa melakukannya dengan cara melakukan pembersihan pada lahan tanam, irigasi air, dan merotasi tanaman agar dapat memutus perkembang biakan penyakit ini selanjutnya.

Demikian penjelasan tentang Hama Tanaman Selada, Penyakit dan Cara Pengendaliannya. Semoga memberikan wawasan Anda dan manfaat bagi kita semua. Selamat mencoba.