Strategi Pengendalian Hama Wereng Coklat Pada Tanaman Padi

2 min read

Strategi Pengendalian Hama Wereng Coklat Pada Tanaman Padi – Pada Kesempatan ini akan membahas tentang Hama Wereng Coklat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan strategi pengedalian hama wereng coklat terutama pada tanaman padi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan Kebun.co.id berikut ini.

Strategi Pengendalian Hama Wereng Coklat Pada Tanaman Padi

Hama WBC atau biasa disebut dengan wereng batang coklat yaitu sejenis hama penghisap cairan batang pada tumbuhan padi. Serta hama ini dapat berkembang dengan sangat cepat serta mudah dalam menemukan dimanapun habitat dan juga hama ini sangat mudah beradaptasi.

Hama WBC menularkan penyakit VKH atau singkatan virus kerdil hampa, VKTR-1 atau disebut virus kerdil rumput type 1 dan VKRT-2 atau cirus kerdil rumput type 2. Dalam perkembangannya virus ini dapat mengakibatkan daun tercabik, rusak, bergerigi dan terkoyak serta tumbuhan akan menjadi kerdil.

Perkembangbiakan Wereng Batang Coklat

Pada perkembangannya, wereng ini berkembang biak dengan cara seksual dengan masa peneluran 3 sampai 4 hari bersayap kerdil atau brakiptera dan umur 3 sampai 8 hari menjadi bersayap panjang atau makroptera. Wereng batang coklat biasa menaruh telurnya pada jaringan pangkal pelepah daun. Akan tetapi bila pada populasi yang tinggi telur akan diletakan pada tulang daun atau ujung pelepah.

Telur ini akan dilekatan secara berkelompok, yang mana dalam setiap kelompoknya terdapat 3 sampai 21 butir telur. Di mana setiap betina wereng akan meletakkan telur mulai dari 100 sampai 500 butir telur.

Baca Juga:  Pemupukan Tomat

Telur ini akan menetas pada umur 7 sampai 10 hari, yang mana setelah itu akan mengalami fase wereng muda atau nimfa yang umurnya 12 sampai 15 hari hingga mencapai dewasa. Pada wereng batang coklat dewasa memiliki dua bentuk yaitu brakiptera atau sayap pendek dan makroptera atau sayap panjang.

Serangan Wereng Batang Coklat

Hama ini akan menyerang pada tanaman, terutama pada tanaman padi membentuk anakan. Di mana wereng batang coklat berpindah ketanaman padi tersebut. Apabila wereng ini sudah mulai menyerang pada usia padi 2 – 3 minggu, maka perkembangan hama ini sudah sampai taham dua generasi.

Namun bila menyerangnya pada usia padi 5 sampai 6 minggu, maka hama ini masih sebatas generasi 1 yang mana akhir populasinya pada umur padi 9 sampai 10 minggu.

Anda dapat melakukan pencegahan dini, dengan melakukan pengamatan secara rutin dan intensif yaitu 3 hari sekali dan mengetahui berbagai gejala munculnya hama ini. Bilu sudah terdapat populasi hama wereng coklat, agar segera diatasi dengan peyemprotan menggunakan insektisida pada tanaman atau obat herbal lainnya.

Pengendalian Wereng Batang Coklat

Dibawah ini adalah beberapa cara pengendalian hama WBC ini, antara lain yaitu:

Menanam Padi Secara Serentak

Dengan menanam padi secara serentak maka akan meminimalisir terkena serangan hama ini. Hama WBC tidak pandang batasan wilayah baik sungai atau lautan sekalipun. Apabila di suatu tempat sudah mulai panen maka wereng akan bermigrasi ke tempat itu. Bila area lahannya sempit maka populasi yang ditimbulkan akan memadat.

Penggunaan Varietas Tahan

Anda juga dapat mengendalikan dengan menggunakan varietas tanaman, dengan menyesuaikan biotype wereng coklat. Sekarang banyak jenis varietas tanaman yang tahan terhadap berbagai penyakit seperti inpari 33, inpari 31 dan inpari 13.

Baca Juga:  Pupuk Alami Anggrek

Perangkap Lampu

Hama ini dapat di kendalikan juga dengan memasang perangkap lampu yang biasanya unutk mengetahui tentang kehadiran dari datangnya wereng imigran dan menangkapnya dalam jumlah yang cukup besar.

Anda dapat memasang lampu kekuatan daya sekitar 100 watt dengan ketinggian 1,5 meter dari permukaan tanah yang mana dapat menangkap hama wereng sekitar 350.000 ekor/malam.

Waktu Pesemaian Padi

Pada waktu pesemaian padi tentu saat itu merupakan puncak datangnya wereng imigran yang akan tertangkap perengkap lampu. Agar tidak tumpang tindih antara wereng imigran dan yang sebelumnya, sabaiknya dilakuakn 12 hari seusai puncak imigran.

Pengamatan Wereng Coklat di Pertanaman

Lakukan monitoring atau pengamatan secara berkala pada minggu pertama dan kedua. Dengan mengambil contoh 20 rumpun secara diagonal, hitung berapa banyak wereng pada minggu pertama, musuh alaminya, dan cyrtorhinus pada minggu pertama dan kedua.

Penggunaan Insektisida

Anda juga dapat melakukan pengendalian dengan menggunakan insetrisida yang tersedia di toko pertanian. Adapun aplikasi dari insektisida ini, antara lain yaitu:

  • Lakukan penyemprotan pada saat lahan kering atau sekitar jam 8 sampai 11 pagi kemudian dilanjutkan pada sore hari.
  • Sesuaikan dengan dosis yang sudah tertera pada keterangan obat isektisida.

Pengendalian Double Cover

Apabila penyemprotan kurang maksimal, Anda dapat melakukan pemberian insektisida melalui akar tanaman.

Demikian penjelasan kita kali ini tentang Strategi Pengendalian Hama Wereng Coklat Pada Tanaman Padi. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read