Jarak Tanam Kelapa Sawit

2 min read

Jarak Tanam Kelapa Sawit

Jarak Tanam Kelapa Sawit – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Jarak Tanam Kelapa Sawit.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Jarak Tanam Kelapa Sawit bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Jarak Tanam Kelapa Sawit berikut ini.


Jarak Tanam Kelapa Sawit


Buat memperoleh barisan tumbuhan serta perkembangan tumbuhan kelapa sawit yang sesuai harapakan, maka perlu dicermati serta dicoba proses pemancangan serta pembuat lobang tanam sesuai anjuran.

Pola Lobang Sawit

Pemancangan

Pada tahap awal di buat rancangan larikan (barisan) tumbuhan dan pancang sebagai titik tanam, di mana titik tanam kelapa sawit hendak di tanam.

Pengajiran ataupun memancang merupakan menempatkan tempat–tempat yang hendak di tanam bibit kelapa sawit.

Letak ajir (pancang) wajib pas, sehingga tercipta barisan ajir yang lurus diamati dari seluruh arah, serta nanti tiap orang tumbuhan juga hendak lurus terukur dan mendapatkan tempat berkembang yang sama luasnya.

Dalam kondisi yang demikian, tumbuhan memiliki kesempatan buat berkembang serta tumbuh dalam keadaan yang tidak berbeda.

Sistem jarak tumbuhan yang digunakan biasanya merupakan segitiga sama sisi dengan jarak 9 meter X 9 meter X 9 meter.

Dengan sistem segitiga sama sisi ini, jarak utara–selatan tumbuhan merupakan 7,82 meter serta jarak antara tiap tumbuhan merupakan 9 meter.

Populasi (kekerapatan) tumbuhan per ha merupakan 143 tumbuhan.

Penanaman kelapa sawit bisa pula memakai jarak tanam 9,5 meter X 9,5 meter X 9,5 meter dengan jarak tegak lurus (U-S) 8,2 serta populasi 128 tumbuhan per hektar.

Buat mencapai ketepatan pengajiran, pekerjaan pengajiran wajib dilakukan oleh pekerja yang terlatih.

Baca Juga:  Manfaat Buah Pir, Jenis dan Cara Menanamnya Dalam Pot

Pembuatan Lubang Tanam

Lubang tanam wajib dibuat seminggu saat sebelum penanaman supaya tanah yang digali serta lubang tanam hadapi pengaruh udara.

Sehingga terjadi pembaruan tanah secara fisika maupun Kimia serta bisa dijalani pemeriksa lubang baik ukuran ataupun jumlah per hektarnya.

Lubang tanam bertujuaan buat sediakan ruang untuk perakasaran yang baik untuk tumbuhan pada fase awal perkembangan di lapangan (H.P.Permadi, 2000)

Pembuatan lubang yang dilakukan pada saat tanam ataupun cuma 1-2 hari saat sebelum tanam tidak diajarkan.

Lubang tanam kelapa sawit umumnya di buat dengan ukuran 60 centimeter x 60 centimeter x 60 centimeter.

Namun terdapat pula yang cuma berdimensi 50 centimeter x 40 centimeter x 40 centimeter pada dikala menggali.

Tanah atas di taruh di sebelah serta tanah dasar di taruh di sebelah selatan lubang, Ajir di tancapkan di samping lubang serta apabila lubang sudah berakhir di buat, ajir di tancapkan kembali ke tengah–tengah lubang.

Apabila tumbuhan hendak di tanam menurut garis besar (kontur) ataupun di buat teras melingkari bukit, letak lubang tumbuhan wajib terletak sangat dekat 1,5 meter dari sisi lereng.

Buat penanaman kelapa sawit yang melingkari bukit, biasanya di buat teras–teras terlebih dulu, baik teras individual mampun teras kolektif.

Jarak Tanam Kelapa Sawit


Berikut ini metode contoh pembuatan lubang tanam

Perlengkapan yang dibutuhkan buat membuat lubang tanam berbentuk cangkul, perlengkapan pengukur/tongkat (mal/patron) dengan dimensi 60 centimeter serta 90 centimeter, serta post hole digger.

Teknis pengerjaan lubang tanam secara manual dilakukan dengan tata urutan sebagai berikut:

  • Lubang tumbuhan sudah dipersiapkan 1 (satu) bulan saat sebelum tanam.
  • Pancang tidak boleh dinaikan saat sebelum diberi tanda buat pembuatan lubang tanam (90 x 90) centimeter diatas permukaan tanah sehingga pancang pas terletak di tengah-tengah pola tersebut.
  • Dimensi lubang tanam merupakan (90 centimeter x 90 centimeter x 60 centimeter).
  • Tanah hasil galian dipisahkan antara top soil serta sub soil. Top soil diletakkan di sebelah selatan serta sub soil di sebelah utara secara tertib serta seragam. Sehabis lubang tanam selesai, pancang kembali ke posisi semula
  • Bilik lubang tanam wajib tegak lurus serta tidak boleh serupa lain.
  • Satu hari normlanya tiap orang bisa membuat lubang sebanyak 15–20 lubang.
Baca Juga:  Cara Menanam Buah Semangka

Demikian penjelasan kami tentang Jarak Tanam Kelapa Sawit dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.