Jenis Jenis Lempuyang

2 min read

Jenis Jenis Lempuyang

Jenis Jenis Lempuyang – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Jenis Jenis Lempuyang. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Jenis Jenis Lempuyang bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Jenis Jenis Lempuyang berikut ini.


Jenis Jenis Lempuyang


Lempuyang (Zingiber sp.) termasuk dalam Famili Zingiberaceae. Nama lain di beberapa wilayah, misal Sunda diucap lampuyang, warga Madura menyebutnya lapoyang, serta warga Jawa menyebutnya lempuyang.

Jenis-jenis tumbuhan lempuyang dibedakan bersumber pada wujud, dimensi, serta aroma rimpangnya.

Senyawa kimia yang termasuk dalam lempuyang antara lain kurkumin, sineol, dipenten, limonen, kariofilen, diasetilafzen (memiliki dampak sitotoksik), serta zat zerumbon (zat antikejang).

Tidak hanya itu, rimpang ini memiliki flavonoid serta saponin yang sangat berguna buat kesehatan.

Nutrisi dalam lempuyang

Seskuiterpen, monoterpen, serta senyawa fenolik merupakan beberapa senyawa utama yang termasuk di dalam lempuyang.

Lempuyang pula diberitakan memiliki sebagian senyawa bioaktif metabolites lain yang meliputi folifenol, alkaloids, serta terpenes.

Tidak hanya itu, rempah ini pula memiliki komponen semacam hemulene, caryophyllene, zingiberene, serta zerumbone yang didapatkan dari minyak esensialnya.

Bersumber pada bermacam refernesi ilmiah, lempuyang gajah merupakan salah satu tumbuhan herbal dengan kemampuan khasiat penyembuhan yang besar.


Jenis-Jenis Lempuyang

Lempuyang dibagi jadi 3 jenis, antara lain lempuyang gajah, lempuyang emprit, serta lempuyang wangi. Berikut ini uraian singkatnya.

Lempuyang gajah (Zingiber zerumbet smith)

Lempuyang gajah mempunyai istilah lain, ialah lempuyang kebo, lempuyang kapur, lempuyang badak  Jawa), serta lapoyang paek  Madura). Rimpangnya besar bercorak kuning serta berasa getir.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Seledri Organik Dalam Polybag

Bersifat hangat, pedas, tajam, efektif buat anti radang serta stomachica. Biasanya, lempuyang gajah digunakan buat peningkat nafsu makan.

Lempuyang emprit (Zingiber amerians BL.)

Lempuyang emprit rimpangnya kecil, memiiki rasa getir serta rupanya kuning. Biasa digunakan buat peningkat nafsu makan. Lempuyang emprit pula efektif buat stomachica.

Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val.)

Lempuyang wangi bercorak kuning pucat, rasa tidak getir, serta berbau harum. Kerap digunakan buat bahan jamu pelangsing. Bersifat aromatik serta efektif buat anti kejang serta analgesik.

Tidak hanya itu, sebagian manfaat lempuyang yang sudah teruji antara lain menyembuhkan kaki bengkak sehabis melahirkan, ambeien, kolik, menaikkan nafsu makan, anemia, serta cacingan.

Jenis Jenis Lempuyang


Manfaat lempuyang untuk kesehatan

Lempuyang ialah tumbuhan rimpang yang populer akan kandung minyak menguap, semacam zerumbone, humulene, serta camphene. Tidak hanya itu, tumbuhan ini pula memiliki saponin, flavonoid, serta polifenol.

Uji fitokimia ekstrak etanol lempuyang juga memperlihatkan terdapatnya kegiatan biokimia, semacam komponen fenolik, tanin, asam amino, karbohidrat, serta alkaloid.

Bersumber pada isi tersebut, khasiat lempuyang untuk kesehatan merupakan bagaikan berikut:

Antialergi

Riset awal di suatu laboratorium pada lempuyang gajah menampilkan kalau ekstrak tumbuhan itu bisa digunakan bagaikan pereda alergi pada manusia.

Penyakit yang berhubungan dengan alergi itu sendiri, antara lain rinitis alergi, dermatitis atopik, ataupun alergi makanan secara khusus.

Lempuyang teruji bisa membatasi pelepasan beta-hexosaminidase yang bisa merangsang respon alergi. Walaupun demikian, periset melaporkan klaim ini masih butuh riset lebih lanjut.

Menyehatkan saluran cerna

Di Indonesia, salah satu khasiat lempuyang yang sangat diketahui merupakan menyehatkan saluran cerna.

Lempuyang bisa disantap buat peningkat nafsu makan, meringankan indikasi disentri, serta menghasilkan gas pada perut kembung.

Tidak hanya itu, banyak pula orang yang menggunakan lempuyang bagaikan obat pelangsing.

Tidak hanya itu, lempuyang pula bisa direbus semacam jahe, setelah itu airnya diminum buat menghangatkan tubuh.

Baca Juga:  Panduan Singkat Cara Menanam Jambu Kristal

Meredakan sakit kepala

Riset terhadap ekstrak etanol dari lempuyang pula meyakinkan kalau tumbuhan ini memilki sifat analgesik yang maksudnya bisa meredakan sakit kepala.

Lempuyang pula bersifat antipiretik sebab sanggup membatasi inflamasi akibat penciptaan prostaglandin.

Antikanker

Isi zerumbon yang banyak ada pada lempuyang pula disebut-sebut mempunyai kemampuan bagaikan obat kanker alternatif, paling utama pada kanker payuidara.

Perihal ini telah dibuktikan melalui uji sitotoksisitas, tetapi belum sempat diuji langsung pada manusia.

Meredakan demam

Banyak orang tua yang menggunakan lempuyang bagaikan obat tradisional penurun panas pada anak.

Lempuyang juga dipercaya mempunyai isi antikejang, supaya anak tidak hadapi kejang demam yang sering membuat orangtua panik.

Menyehatkan badan secara keseluruhan

Khasiat lempuyang pada biasanya datang dari isi zerumbone di dalamnya. Zat ini sudah terbukti bersifat antiperadangan, antiulkus, antioksidan, serta antimikroba yang bisa berikan keuntungan pada kesehatan manusia secara totalitas.

Walaupun demikian, perlu dicatat kalau khasiat lempuyang di atas masih sedikit pembuktian secara kedokteran.

Untuk Kamu yang mempunyai permasalahan kesehatan di atas, hendaknya mengutamakan penyembuhan dengan panduan dokter yang terpercaya.


Gimana metode mengolah lempuyang?

Buat memperoleh khasiat lempuyang, Kamu bisa konsumsi sesuai selera. Apabila Kamu tahan dengan rasa pedas serta getir yang timbul dari rimpang lempuyang, tumbuhan ini dapat dimakan begitu saja.

Walaupun demikian, pemanfaatan lempuyang sangat banyak digunakan bagaikan bumbu aromatik pada masakan.

Kamu juga bisa merebus rimpang ini serta meminum airnya semacam Kamu meminum air jahe.

Kamu dapat memilah lempuyang yang masih muda yang daging rimpangnya tidak sangat getir.

Sebaliknya pada lempuyang yang telah agak tua, Kamu dapat memotong bagian ujung rimpang supaya rasa pahitnya dapat menurun.

Demikian penjelasan kami tentang Jenis Jenis Lempuyang dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Kantong Semar

Farming
3 min read

Jenis Tanaman Jarak

Farming
4 min read