Jenis Kangkung

4 min read

Jenis Kangkung

Jenis Kangkung – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Jenis Kangkung. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Jenis Kangkung bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Jenis Kangkung berikut ini.


Jenis Kangkung


Kangkung ialah salah satu sayur-mayur hijau yang bisa ditemui dengan gampang di daerah Indonesia.

Walaupun demikian, kangkung tidaklah sayur-mayur asli Indonesia sebab kenyataannya kangkung berasal dari India.

Sebab sayur-mayur ini bisa berkembang dengan gampang, tidak heran bila kangkung dapat menyebar dengan cepat ke bermacam daerah lain di Asia, apalagi Australia serta Afrika.

Sayur yang pula diucap bagaikan bayam air ini tidak cuma nikmat buat disantap namun pula memiliki banyak khasiat buat kesehatan badan.

Beberapa riset menampilkan kalau kangkung memiliki vit A serta vit C dalam jumlah yang lumayan besar.

Tidak cuma itu, sayur-mayur hijau ini pula mempunyai isi mineral yang baik buat melindungi kesehatan badan.


Pengertian Kangkung Bagi Para Ahli

Berdialog mengenai pengertian kangkung, apakah Kamu tahu makna dari kangkung? Secara universal, kangkung ialah tumbuhan sejenis sayur-mayur yang berkembang di darat serta air serta bisa dimakan.

Sayur ini memiliki wujud yang khas dengan batang hijau berongga dan wujud daun yang memanjang. Kemudian, apa kata para ahli mengenai sayur-mayur yang satu ini?

Bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang diartikan dengan kangkung merupakan tanaman sayur- mayur yang menjalar, batangnya berair, daunnya berupa tameng.

Serta meruncing pada bagian ujungnya, bertangkai panjang dengan permukaan daun sebelah atas bercorak hijau yang lebih tua daripada permukaan sebelah dasar.

Tidak hanya definisi kangkung, para ahli pula melaporkan kalau sayur-mayur yang satu ini memiliki isi gizi yang lumayan besar sehingga berguna buat kesehatan badan manusia.

Kangkung, tidak hanya rasanya lezat, pula memiliki vit A, B, serta C, asam amino, fosfor, zat besi, sitosterol, serta karoten (Perdana, 2009).

Ada pendapat lain menimpa isi gizi yang dipunyai oleh sayur hijau ini. Bagi Syamsu hidayat serta Hutapea (1991), kangkung pula memiliki flavonoid, saponin, dan poliferol.

Dari sebagian statment di atas, bisa disimpulkan kalau kangkung ialah sayur-mayur dengan identitas spesial yang mempunyai bermacam isi nutrisi sehingga berguna buat kesehatan badan.

Klasifikasi Kangkung

Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Ipomea aquatic Forsk ini tentu telah sering di dengar di kuping kamu. Tetapi mengerti kah kamu apa klasifikasi tumbuhan kangkung?

Berikut klasifikasinya:

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Luar biasa Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Solanales
  • Family : Convolvulaceae
  • Genus : Ipomea L
  • Spesies : Ipomea aquatic Forsk

Nama Ilmiah Kangkung

Nama latin ataupun nama ilmiah dari tumbuhan ini ialah Ipomea aquatic Forsk.


Tumbuhan Kangkung

Tumbuhan ini termasuk ke dalam tipe sayur-mayur. Umumnya para bunda rumah tangga suka mengolah sayur-mayur yang satu ini.

Baca Juga:  Budidaya Cabe Merah Praktis, Mudah dan Efisien

Tidak hanya biayanya yang murah sayur-mayur ini pula hendak jadi sangat nikmat sehabis dimasak.

Sayur-mayur ini bisa kamu temukan dengan gampang di pasar-pasar wilayah kamu. Tidak hanya itu sayur-mayur ini pula bisa di budidayakan dengan gampang.

Kamu bisa membudidayakan di daratan maupun di perairan. Kamu pula bisa menanam tumbuhan ini dengan metode hidroponik.

Pada biasanya tumbuhan ini mempunyai 2 tipe ialah kangkung darat serta kangkung air. 2 tipe tersebut rasanya bersama lezat sehabis dimasak. Namun tumbuhan ini mempunyai perbandingan bila dilihat dari fisiknya.

Daun Kangkung

Umumnya terdapat 2 tipe kangkung yang di pasarkan di bermacam warung maupun pasar-pasar tradisional ialah tipe darat serta air.

Tipe darat mempunyai daun yang panjang dengan bagian ujung daun berupa runcing. Dengan corak daun hijau keputih–putihan. Bunga pada daun tipe darat ini bercorak putih.

Tidak hanya tipe darat, daun tipe air pula mempunyai wujud daun yang panjang semacam daun tipe yang darat.

Namun ujung daun agak tumpul dengan corak hijau kelam dengan corak bunga kekuning-kuningan ataupun ungu.

Bunga Kangkung

Tiap tumbuhan mempunyai bunga, begitu pula dengan tumbuhan ini. Dalam fase pertumbuhannya dia hendak hadapi fase berbunga, berbiji serta berbuah.

Pada biasanya bunganya berupa semacam terompet serta daun mahkota bunga bercorak putih polos ataupun juga merah polos lembayung.

Bunga tumbuhan ini terdiri dari 5 sepala yang berlekatan, 5 petala yang berlekatan, 5 stamen dalam 1 bundaran serta 1 gynoecium yang terdiri dari 2 hingga 3 bagian.

Sepala berlekatan hendak membentuk tabung pendek. Sebaliknya petala berlekatan membentuk bangun lonceng yang dibedakan jadi tabung mahkota/tubulus serta limbus.

Batang Kangkung

Batang sayur tipe ini herbaseus (banyak memiliki air). Wujud dari batangnya membulat dan berlubang.

Pada biasanya batang mempunyai percabangan yang banyak serta sehabis bercabang dan berkembang agak lama batang hendak menjalar.

Perkembangan batang condong serta mempunyai permukaan yang licin pula berbuku-buku, dari buku-buku ini acapkali timbul pangkal.

Jenis Kangkung


Ciri Ciri Kangkung

Tumbuhan sayur ini ialah tumbuhan hortikultura yang hidup di wilayah tropis maupun subtropics.

Tumbuhan ini ialah tumbuhan hijau yang mempunyai pangkal tunggang. Pangkal tunggang ini berkembang dari batang yang berongga dan berbuku-buku.

Wujud dari daunnya tunggal dengan ujung daun runcing ataupun juga tumpul. Corak daunnya hijau kelam ataupun hijau keputih-putihan dengan semburat ungu pada bagian tengahnya.

Bunga sayur ini berupa semacam terompet dengan corak putih serta putih keungu-unguan.

Tumbuhan ini mempunyai buah dengan wujud semacam telur dalam wujud kecil serta bercorak coklat kehitaman.

Dalam tiap buah ada 3 buah biji di dalamnya. Tidak hanya itu tumbuhan ini mempunyai 2 tipe ialah tipe darat (kangkung cabut) serta tipe air.

Jenis Kangkung

Tumbuhan sayur ini bisa berkembang dimana saja, asalkan konsumsi airnya cukup. Dia ialah tumbuhan yang telah diketahui oleh banyak orang. Ada pula jenis-jenis sayur ini ialah bagaikan berikut:

Baca Juga:  Cara Menanam Jambu Air Bagi Pemula

Kangkung darat

Tipe darat ataupun yang biasa diucap dengan kangkung cabut ini cuma bisa berkembang di tempat yang kering.

Karakteristik dari tipe darat ini ialah mempunyai batang yang lebih kecil, bercorak putih kehijauan, daunnya tidak tebal dan lebih lunak.

Mempunyai bunga bercorak putih bersih. Apabila tipe darat ini dimasak hendak lebih cepat layu ataupun masak.

Kangkung air

Semacam namanya, tipe air ini bisa berkembang di wilayah yang basah semacam parit, kolam ataupun genangan sawah.

Batang dari tipe air ini besar, bercorak hijau dan lebih hitam. Daunnya lebih besar serta agak keras, kala dimasak hendak lebih lama layu. Bunganya bercorak putih kemerahan.


Kangkung Darat

Umumnya tipe darat lebih banyak tersebar di pasaran dibanding dengan tipe air. Tipe darat ini hidup pada wilayah yang kering tidak tergenang dengan air.

Siklus panen dari kangkung darat ini kilat serta relative tahan lama. Oleh karena itu harga sayur ini di pasaran relative murah dibanding dengan tipe sayur-mayur lain.

Tipe dari ini pula bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik. Sayur tipe ini mempunyai daun yang Panjang serta runcing bercorak hijau keputihan dengan bunga bercorak putih.

Tipe dari tipe darat contohnya semacam kangkung Bangkok, sutera dll.

Klasifikasi Kangkung Darat

Kamu tentu telah tidak asing lagi dengan tipe darat ini. Tumbuhan hijau yang banyak digemari ini mempunyai nama latin Ipomea reptans Poir.

Tetapi mengerti kah kamu apa klasifikasi dari kangkung darat ini? bila belum berikut ialah klasifikasi dari tumbuhan ini.

  • Kingdom : Plantae (Tanaman)
  • Sub Kingdom : Techeobionta (Berpembuluh)
  • Luar biasa Divisio : Spermatophyta (Menciptakan biji)
  • Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
  • Kelas : Magnoliapsida (berkeping 2 ataupun dikotil)
  • Ordo : Solanales
  • Family : Convolvulaceae
  • Genus : Ipomea
  • Spesies : Ipomea reptans Poir

Kangkung Air

Kangkung air mempunyai nama latin Ipomea aquatic Forsk. Tumbuhan ini bisa hidup di air sebab morfologi tipe air ini ada jaringan yang berongga.

Sehingga bisa memicu dia bisa terapung di air dengan terdapatnya jaringan parenkim aerenkim. Tumbuhan tipe air ini mempunyai energi menyesuaikan diri yang tinggi pada habitatnya.

Dengan berkembang biak secara efektif dan mempunyai energi serap faktor hara yang efisien menimbulkan tipe air bisa berkompetisi dengan tumbuhan lain pada satu habitatnya.

Tumbuhan sayur air ini sanggup mensterilkan sebagian tipe polutan sebab berfungsi bagaikan fitoremediasi. Dengan itu membuat kangkung air bagaikan penjernih air.

Kangkung Merah

Salah satu dari sebagian tipe yang ada ialah tipe merah. Tipe Rubra ataupun seyur yang daunnya bercorak ungu kemerahan.

Tumbuhan sayur tipe ini mempunyai karakteristik daun dan bunga yang mempunyai corak semu merah serta ungu. Daun dari tumbuhan ini berupa lebar namun adaptif terhadap lahan kering.

Sayur tipe ini jarang ditemui pada wilayah di Indonesia. Umumnya yang banyak tersebar di Indonesia ialah yang berdaun hijau. Baik itu tipe air ataupun juga tipe darat.

Demikian penjelasan kami tentang Jenis Kangkung dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Kantong Semar

Farming
3 min read

Jenis Tanaman Jarak

Farming
4 min read