Jenis Tanaman Aquascape yang Bisa Digunakan Dalam Akuarium

Jenis Tanaman Aquascape yang bisa digunakan dalam Akuarium

Posted on

Jenis Tanaman Aquascape yang bisa digunakan dalam Akuarium – Pada kesempatan ini kan membahas mengenai Jenis Tanaman Aquascape. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai macam jenis tanaman aquascape yang bisa Anda gunakan dalam akuarium. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun berikut mengenai Jenis Tanaman Aquascape.

Jenis Tanaman Aquascape yang bisa digunakan dalam Akuarium

Bagi Anda penggemar tanaman aquascape tentunya sudah mengetahui mengenai manfaat tanaman aquascape untuk akuarium. Selain batu, karang dan batang pohon sebagai penghias untuk akuarium. Tanaman aquascape juga dapat mempercantik sebuah akuarium yang ada dirumah Anda. Selain itu juga tanaman ini bisa berperan penting sebagai landscape yang ada pada akuarium.

Namun tanaman ini tidak diperoleh secara gratis, bahkan sebagian besar pada jenis tnman aquascape di jual dengan harga yang mahal. Untuk itu dalam pembahasan ini kami akan mengenalkan berbagai macam jenis tanaman aquascape yang mudah Anda dapatkan dan rawat.

Jenis Tanaman Aquascape

Berikut ini tanaman aquascape yang ada disekitar kita:

  • Tanaman Piptospatha Sp

Jenis Tanaman Aquascape yang Bisa Digunakan Dalam Akuarium

Jenis tanaman ini dpat dengan mudah dijumpai pada area sekitar pinggiran air terjun dan juga berada pada pinggiran air sungai. Tanaman ini biasanya dapat tumbuh disekitarn bebatuan.

Dengan bentuk daun yang unik mirip dengan tanaman anubias 9tanaman hias dari Afrika). Tanaman jenis ini sangatlah cocok menempati foreground (tanaman yang berad di depan).

  • Tanaman Cryptocoryne Pontederifollia

Cryptocoryne Pontederifollia

Jenis tanaman ini berasal dari wilayah tropis Indonesia, seperti daerah Sumatera Barat dan Kalimantan. Tanaman yang satu ini bisa ditempatkan di fareground maupun midground.

Untuk jenis tanaman saatu ini sangatlah mudah dalam perawtannya, sebab hanya memerlukan CO2 yang sedikit dan pencahayaan sedikit. Namun untuk pertumbuhan yang optimal gunakan pencahayaan dan CO2 yang cukup.

  • Tanaman Bacopa Monnieri

Bacopa Monnieri

Jenis tanaman yang satu ini memiliki nama lain yakni Water Hyssop atau Dwarf Bacopa. Pertumbuhn tanaman ini sngatlah mudah dan dapat tumbuh pada seluruh bagian Negara. Tanaman ini juga dapat tumbuh pada sekitaran sungai, pinggir kolam dan danau.

Untuk tanaman Bacopa Monnierri tergolong tanaman yang mudah dalam perawatannya. Jenis tanaman ini hanya membutuhkan CO2 dan pencahayaan yang sedang. Pada tanaman ini tumbuh di alam liar juga sering terendm seluruhnya di dalam air yang membuat cocok menjadi tanaman aquascape.

Baca Juga:  Cara Menanam Singkong : Petunjuk, Pengolahan, Perawatan Dan Panen

Tanaman bacopa monnieri ini juga termasuk tanaman yang mudah dalam perawatannya, membutuhkan CO2 yang sedang, dan Pencahayaan yang sedang Juga, tanaman ini di alam liar juga sering terendam seluruhnya didalam air sehingga cocok menjadi tanaman aquascape.

  • Tanaman Bucephalandra Sp

Bucephalandra Sp

Jenis tanman ini masih kedalam keluarga Araceae dan Cryptocoryne, dimana tanaman ini sangat mudah dijumpai pada sekitar kita dan mudah dalam perawatannya.

Di Indonesia sendiri tanaman jenis ini sering dijumpai pada daerah Kalimantan, tanaman yang bisa hidup dengan tingkat pencahayaan yang rendah sehingga sangat cocok untuk aquascape.

  • Tanaman Egeria Densa

Tanaman egeria densa adalah salah satu tanaman yang cukup cepat dalam pertumbuhannya. Jenis tanaman ini sangatlah mudh dijumpai pada pekarangan rumah Anda ataupun pinggiran sungai. Tanaman egeria densa berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Egeria Densa

Untuk tanaman ini sngat bermanfaat sebagai penyerp nutrisi yang berlebihan di dalam akuarium yang membuat air tetap normal dan stabil. Juga tanaman ini bisa mengoksidasi air di akuarium.

  • Tanaman Hydrocotyle Sp

Jenis tanaman ini sereing kita jumpai di Indonesia terutama di tempat semisal danau, rawa dan pinggiran sungai. Tanaman ini umumnya ditempatkan pada midground, yang mana tanaman ini juga mudah dalam perawatannya. tanaman ini juga dapat tumbuh kuat walaupun dengan keadaan pencahayaan dan CO2 yang rendah.

Hydrocotyle Sp

Pada tanaman ini memiliki ciri daun yang membulat dan mempunyai belahan pada pinggir daunnya. Namun belahan pinggir daunnya berbeda pada tiap jenis tanaman hydrocotyle.

  • Tanaman Marsilea Crenata

Jenis tanaman ini banyak dijumpai pada sekitaran sungai, sawah, danau dan rawa. Untuk akuarium sendiri biasanya tanaman ini ditempatkan pada foreground.

Tanaman ini biasa disebut di Indonesia sebagai sebutan semanggi. Jenis tanaman yang stu ini memiliki bentuk daun yang mirip dengan tanaman hydrocotyle.

  • Tanaman Java Fern

Tanaman java fern banyak ditaruh didalam akuarium oleh para pecinta aquascape sebab mudah diperoleh dan mudah dalam perawatannya. Tanaman ini tidak memerlukan banyak CO2 dan pencahayaan yang sedang. Akan tetapi untuk jenis tanaman ini tergolong tanaman dengan pertumbuhan yang lambat.

Tanaman yang berasal dari asia tenggara tumbuh ditempat seperti pinggiran sungai dan rawa. Tanaman ini juga dapat hidup pada tingkat pencahayaan yang minim.

  • Tanaman Water Wisteria

Tanaman yang ini memiliki nama ilmiah hygropopilla difformisi yang sangat mudah dijumpai dilingkungan sekitar kita. Jenis tanman ini umumnyaa tumbuh di sekitaran kebun dan dekat sungai.

Baca Juga:  Panduan Cara Budidaya Timun Suri Agar Berbuah Lebat

Pada tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya dan cara hidup tanaman ini yang menyebar sebagai karpet alami sangat cocok bagi para pemula.

  • Tanaman Ceratopteris Cornuta

Ceratopteris Cornuta adalah salah satu jenis tanaman aquascape yang dapat Anda temukan di sungai dn rawa. Jenis tanaman ini berasl dari asia termasuk di Indonesia, tanaman ini sebagian besar orang dimanfaatkan sebagai tanaman sayuran.

Jenis tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya memerlukan tingakt pencahayaan dan CO2 yang sedang untuk pertumbuhannya.

  • Tanaman Lindernia Rotundifolia

Lindernia Rotundifolia, jenis tanaman yang berasal dari asia juga tergolong tanaman dengan tingkat pertumbuhan yang lambat, jenis tanaman ini banyak dijumpai pada pinggiran sungai, sawah dan rawa.

Jenis tanaman ini memiliki ciri dengn bentuk bulat dan warnanya yang hijau gelap. Tanaman ini juga memerlukan tingkat pencahayaan sedang sampai tinggi.

  • Tanaman Homalomena

Jenis tanaman ini sering sekali dijadikan sebagai tanaman aquascape yang juga adalah tanaman yang banyak dijadikan tanaman herbal. Pada tanaman ini umumnya ditemukan di sekitar hutan, pinggiran sungai gunung, dan tepi danau.

Tanaman ini juga sangat banyak diminati para aquascape luar negeri, yang mana tanaman ini sngat cocok menempati midground akuarium.

  • Tanaman Java Moss

Tanaman java moss berasal dari asia tenggar temasuk di Indonesia, yang mana tanaman ini banyak dijumpai di bebatuan, rawa dan pingir sungai.

Tanaman ini tergolong tanaman yang mudah dalam perawatannya, sebab bisa tumbuh pada tingkat pencahayaan dan CO2 yang rendah.

  • Tanaman Christmas Moss

Tanaman Christmas Moss sangat mudah untuk ditemukan, yang mana tanaman ini berasal dari India, Jepang, Thailand dan Indonesia. Umumnya tanaman ini dapat dijumpai di pinggir hutan dan sungai. Dengan bentuk yang mirip dengan pohon natal.

Tanaman ini juga sangat sering diminati di Indonesia sebagai tanaman karpet. Sebab tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya hanya memerlukan tingkt pencahayaan dan CO2 yang rendah.

  • Tanaman Epipremnum Aureum

Jenis tanaman ini sangat terkenal di Indonesia yang disebut dengan sirih gading. Sifat dari pada tanaman ini yang merambat yang sangat cocok dijadikan tanaman aquascape dengan merambatkan pada sebatang kayu yang ada diakuarium.

Tanaman ini memiliki ciri-ciri warna daun yang belang dengan warna kuning cerah sampai kuning pucat.

Demikian penjelasan mengenai Jenis Tanaman Aquascape yang bisa digunakan dalam Akuarium, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.