Jenis Tanaman Obat Bagi Kesehatan Keluarga Tanam di Rumah

2 min read

Jenis Tanaman Obat Bagi Kesehatan Keluarga Tanam di Rumah

Jenis Tanaman Obat Bagi Kesehatan Keluarga Tanam di Rumah – Terdapat beberapa jenis tanaman obat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Apalagi bila Anda menanamnya pada halaman atau pekarangan di rumah Anda.

Tentu hal ini akan dapat memberikan manfaat, selain itu bila Anda menanamnya pada halaman rumah tentu sewaktu-waktu memerlukannya tinggal mengambilnya. Pasti terjamin akan kualitas dari tanaman yang diperoleh. Berikut ini Kebun akan memberikan beberapa jenis tanaman obat bagi kesehatan keluarga yang dapat di tanam di lingkungan rumah Anda.

Jenis Tanaman Obat Bagi Kesehatan Keluarga Tanam di Rumah

Bagi Anda yang hobi berkebun, tentu harus pintar untuk memilih tanaman yang lebih bijak. Bukan hanya untuk sekedar memperindah ruangan atau menyaring udara segar saja. Menanam tanaman obat keluarga pada hunian tentu akan memudahkan Anda menjaga kesehatan keluarga.

Tentunya Anda tidak perlu takut merawatnya, berikut ini beberapa jenis tanaman obat keluarga yang dapat Anda tanam di rumah sendiri.

Tanaman Thyme

Tanaman Thyme

Tanaman rempah daun mungil ini sering digunakan untuk meracik bumbu dapur pada hidangan Barat. Tanaman thyme adalah salah satu tanaman rempah berasal dari Mesir yang terkenal akan aroma yang khas untuk masakan. Tanaman thyme juga bermanfaat sebagai tanaman obat keluarga yang telah dikenal sejal lebih dari 4000 tahun yang lalu.

Bagi orang Yunani tumbuhan ini sering dipakai sebagai obat antiseptik dan anti bakteri. Cara memakainya dengan direndam kedalam air panas untuk dipakai mandi. Tanaman obat ini juga dapat Anda taburkan pada teh panas sebagai obat pereda batuk atau sebagai penambah daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Cara Tanam Kentang

Tanaman Rosemary atau Rosmarin

Tanaman Rosemary

Sama halnya dengan thyme, rosmarin atau rosemary merupakan salah satu tanaman rempah dari keluarga mint yang dapat digunakan menjadi tanaman obat keluarga. Tanaman ini juga bisa dipakai tanaman obat keluarga karena memiliki antioksidan dan antiradang yang baik untuk konsentrasi, pencernaan dan ingatan.

Mengkonsumsi rosemary sebagai tanaman obat keluarga cukup dengan cara di masak seperti biasa, diracik menjadi minyak atsiri atau essential oil atau diseduh dalam teh panas. Tanaman ini memiliki aroma yang mampu menenangkan mood dan dapat membantu penyembuhan iritasi luka atau kulit.

Tanaman Daun Ketumbar

Tanaman Daun Ketumbar

Cilantro atau daun ketumbar sering digunakan sebagai bumbu masak sekaligus bermanfaat sebagai obat herbal alias tanaman obat keluarga. Sering juga digunakan sebagai penghias minuman atau garnish sup atau bekuah. Daun ketumbar juga memiliki aroma yang unik pedas namun wangi.

Umumnya bagi masyarakat Tiongkok, daun ketumbar telah menjadi tanaman obat keluarga yang kaya akan manfaat. Tanaman ini memiliki daya pembersih alami yang sangat baik bagi tubuh. Ditambah lagi tanaman ini mempunyai kandungan antioksidan. Jangan buang daun ketumbar sebab tanaman obat ini dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan memperbaiki kualitas tidur malam.

Tanaman Basil

Tanaman Basil

Masih dari dunia herbal yang dapat Anda tanam sendiri, tanaman basil merupakan salah satu daun rempah yang mirip dengan tanaman kemangi. Mungkin banyak yang salah mengira bahwa tanaman ini terlihat sama. Namun tanaman ini memiliki khasiat tersebdiri yang tidak boleh dianggap enteng.

Tanaman ini memiliki kandungan rangkaian vitamin dan mineral serta minyak esensial dan flavonoid yang sehat. Banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman ini seperti menjaga DNA, membantu daya tahan tubuh, kesehatan hati dan melidungi jantung.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Hanjeli Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Anda tentunya tidak asing lagi dengan tanaman obat keluarga yang satu ini. Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang selalu favorit di tanam dalam ruangan sebab sngat mudah perawatan dan tumbuh subur.

Telah banyak yang mengetahu akan tanaman lidah buaya atau aloe vera yang dapat digunakan sebagai tanaman obat keluarga. Mulai dari mengobati radang kulit, sunburn alias kulit yang terbakar sinar matahari, gatal-gatal dan luka. Bila dimasak dapat digunakan sebagai minuman dingin yangdapat membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Tanaman Peppermint

Jenis Tanaman Obat Bagi Kesehatan Keluarga Tanam di Rumah

Tanaman ini biasanya menjadi teman minum teh yang wangi. Peppermint juga dapat menjadi tanaman obat keluarga sebab kaya akan manfaat kesehatan dan lainnya. Daun cantik ini sangat ampuh dalam mngatasi pencernaan seperti mual, sakit perut serta kram perut sebab kandungan antispasmodic yang dapat meredakan kejang otot.

Bila Anda memiliki keluhan sakit kepada atau migran, jangan terburu-buru mengkonsumsi obat dari apotik. Cobalah terlebih dahulu tanaman obat keluarga yang berupa aroma peppermint yang khas. Tanaman obat ini sangat mudah tumbuh walaupun tumbuh dalam rumah.

Tidak hanya dapat mengatasi masalah kesehan saja, tanaman ini juga dipakai sebagai pengusir tikus di rumah. Anda hanya cukup menyobek daun dan menyebar sobekan daun tersebut, maka tikur akan lari keluar dari rumah.

Demikian penjelasan menganai Jenis Tanaman Obat Bagi Kesehatan Keluarga Tanam di Rumah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.