Jenis Tanaman yang Ideal Ditanam Pada Tanah Merah

Jenis Tanaman yang Ideal Ditanam Pada Tanah Merah

Posted on

Jenis Tanaman yang Ideal Ditanam Pada Tanah Merah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Jenis Tanaman Tanah Merah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa jenis tanaman yang ideal atau cocok ditanam pada lingkungan tanah merah dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkap dan mudah dipahaminya dapat Anda lihat artikel dibawah ini.

Jenis Tanaman yang Ideal Ditanam Pada Tanah Merah

Ada berbagai macam jenis tekstur tanah dimana berkaitan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan dalam budidaya tanaman. Pada pembahasan kali ini akan membahas pada jenis tanah merah yang mana disebut juga dengan tanah laterit. Biasanya tanah yang berjenis tanah merah memiliki banyak kandunga alumunium dan juga mineral besiyang banyak mengandung manfaat yang sangat baik bagi kehidupan manusia.

Dari 2 logam tersebut hanya beberapa kandungan kecil yang ada pada tanah merah, disamping itu ada berbagai kandungan yang terdapat pada tanah merah antara lain yaitu kwarsa, nikel, oksida, mangan, titanium dan, zirkpn logam timah.

Dari penampakan atau teksutur tentu sangan mudah mengenalinya, karena dilihat dari namanya warna dari tanah ini memerah seperti halnya warna pada karat besi. Karena penyebab dari timbulnya dari warna merah pada tanah ini disebabkan karena adanya kandungan oksidasi besi yang tinggi pada tanah itu.

Dibawah ini beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam pada tanah merah, diantaranya yaitu:

Tanaman Kelapa Sawit

Walaupun pada tanah merah mengandung unsur hara yang minim akan tetapi ada kandungan lain seperti amuninium dan besi yang mana menjadi lokasi yang baik pada pertumbuhan tanaman kelapa sawit.

Tanaman kelapa sawit merupakan tanaman yang sering di jumpai di Indonesia, kelapa sawit adalah salah satu komoditan perkebunan yang unggul dan juga banyak ditemui di berbagai daerah yang mana tanah dari lingkungan tersebut adalah jenis tanah merah. Dalam hal ini menjadi keunggulan pada tanaman kelapa sawit yang mana dapat hidup dan tumbuh subur pada lingkungan atau media tanam tanah merah.

Baca Juga:  Cara Perawatan Bunga Mawar

Disamping itu kelapa sawit sudah menjadi produk yang memiliki nilai jual yang ekonomis menjadi salah satu dari sumber pendapatan terbesar Negara. Jika daerah anda mempunyai tempat tanah merah yang cukup luas jadi cobalah anda tanam kelapa sawit pasti anda akan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Tanaman Jagung

Tanaman Jagung adalah satu diantara tanaman yang dapat dibudidyakan pada tanah merah. Karena pada umumnya tanaman jagung juga jenis tanaman yang dapat tumbuh dan berkebang baik walaupun ditanam pada lokasi yang tidak subur.

Maka dari itu tanaman jagung dapat menjadi salah satu pilihan Anda unutk berpbudidya pertanian dalam media tanam jenis tanah merah.

Bila melihat dari segi perawatan dan pemeliharaan tentu relatif mudah dan praktis. Disamping itu jangka waktu panen berkisar 90 hari setelah tanam atau 3 bulan dan dapat ditanamn menjadi 3-4 kali per tahunnya. Dengan akar berserabut dan struktur batang yang tidak melampaui tinggi menjadikan tanaman jagung sangat baik bila di tanam pada tanah merah.

Tanaman Kopi

Pada komoditas perkebunan kopi yang menjadi keunggulan bilamana di tanam pada daerah tanah merah. Sebab tanaman kopi merupakan tanaman tahunan dan juga sangat mudah untuk beradaptasi terhadap lingkkungan, sehingga tanaman kopi dapat menjadi tanaman dengan kualitas dan memiliki hasil yang memuaskan.

Ditambah lagi dengan pemeliharaan dan perawatan secara baik, sudah tentu akan menghasikan panen yang meningkat. Dengan pemilihan media tanam tanah merah yang sangat cocok pada kopi, karena tanaman kopi memilki akar tunjang yang kuat dan dapat tumbuh selama puluhan tahun. Serta kelebihan lainnya dari tanah merah dapat menjaga kondisi akar dan tanaman dengan baik.

Tanaman Palawija

Tanaman palawija adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam para petani di Indonesia, karena memiliki masa panen yang relatif pendek dan mempunyai nilai ekonomi relatif tinggi.

Baca Juga:  Hydrangea Liar

Banyak petani yang menggunakan sebagai komoditas pilihan, dimana tanaman palawija dapat ditanam pada berbagai jenis, kondisi dan struktur tanah. Tanaman palawija juga termasuk dalam golongan tanaman yang dapat di tanam pada tanah merah.

Tanaman Kakao

Tanaman kakao atau disebut juga dengan tanaman cokleat meruapkan salah satu komoditas tanaman perkebunan dan juga sangat banyak dibudidayakan di tanah merah. Tanaman kakao atau cokelat mempunyai struktur batang yang sangat kokoh dan menjadi yang bisa berkembang serta tumbuh di keadaan tanah yang tidak subur.

Tanaman ini adalah jenis tanaman yang dapat menghasilkan produk cokelat, yang menjadi salah satu produk unggulan yang diekspor ke luar negeri. Oleh karena itu tanaman kakao menjadi hasil perkebunan yang membanggakan bagi Indonesia di mata Dunia.

Tanaman Karet

Tanaman karet adalah jenis tanaman yang dapat menghasilkan getah karet yang banyak dimanfaatkan dan digunakan oleh manusia. Jenis tanaman ini dapat tumbuh pada lahan yang rusak dan tidak subur, hal ini yang membuat karet termasuk ke dalam jenis tanaman yang dapat di budidyakan pada tanah merah.

Akan tetapi hal ini akan berpengaruh pada jumlah getah yang dihasilkan tanaman karet, karena itu bila menanam karet pada kondisi tanah yang kurang subur agar di berikan kebutuhan unsur hara lainnya.

Jenis Tanaman yang Ideal Ditanam Pada Tanah Merah

Tanaman Cengkeh

Tanaman Cengkeh adalah jenis tanaman penghasil rempah yang bernilai fantasis. Pada buah cengkeh yang berkualitas baik memiliki harga yang tinggi dipasaran bahkan dapat mencapai 150 rb/kg. Tanaman cengkeh ini juga menjadi salah satu tanaman yang cocok ditanaman pada tanah merah.

Demikian penjelasan tentang Jenis Tanaman yang Ideal Ditanam Pada Tanah Merah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.