Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana

√ Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana

Diposting pada

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Kandang Ayam Petelur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara membuat kandang ayam petelur dengan secara sederhana singkat dan jelas. Untuk lebih jelas dan mudah dipahami simak artikel dibawah ini.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana

Kandang adalah peran penting dalam budidaya hewan ternak, yang mana berfungsi sebgai tempat tinggal, pelindung dari hewan pemangsa, tempat teduh dari panas dan hujan serta sebagai tempat beristirhat dan tidur bagi hewan.

Disamping itu juga kandang dibuat agar mempermudah dalam menghasilkan panen, mempermudah dalam mengontrol kondisi hewan, memudahkan pemberian pakan dan juga memudahkan dalam mengobati dan mencegah dari berbagai penyakit dan hama.

Terdapat jenis kandang bagi ayam petelur yang dapat digunakan salah satunya jenis kandang baterai. Jenis kandang ini memiliki bentuk seperti sangkar empat persegi panjang yang disusun berderet secara memanjang dan bertingkat dua bahkan lebih. Dalam setiang pada kandang sangkar dapat menampung 2 ekor ayam dewasa tentunya.

Model jenis kandang ini sangatlah bermanfaat dan tepat yang bisa digunakan pada lahan yang sempit dan memilki daerah iklim tropis seperti halnya di Indonesia. Berikut ini adalah cara membuat kandang jenis baterai bagi ayam petelur, antara lain yaitu:

  • Bahan Membuat Kandang

Kandang bambu Ayam petelur

Dalam pembuatan jenis kandang ayam petelur ini membutuhkan bahan-bahan yang  sederhana dan mudah diperoleh bagi para peternak. Anda dapat menggunakan bahan berupa bambu atau kawat sebagai kandangnya. Bila ingin lebih simple dan mudah penggunaannya Anda dapat memilih bahan dari kawat, tetapi alangkah baiknya menggunakan bahan yang terbuat dari bambu agar aman bagi hewan.

Baca Juga:  √ Kegunaan Pupuk Mutiara Bagi Pertumbuhan Tanaman Padi

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana

  • Ukuran Kandang Ayam Petelur

Dalam hal ini menentukan ukuran adalah hal yang penting agar menjadi nyaman dari hewan ternak sendiri. Penentuan ukuran dapan menyesuaikan pada kondisi lahan atau lingkungan Anda. Hal ini juga adalah keunggulan dari pembuatan janis kandang model baterai. Dengan membuat menyesuaikan daripada kondisi ukuran yang mana dapat mempengaruhi produktifitas dan kesehatan ayam petelur sendiri. Bila membuat ukuran kandang yang tidak menyesuaikan dan berlebihan yang mana dapat mempengaruhi beban biaya yang akan dikeluarkan.

Pada dasarnya bentuk dari kandang ini dibangun secara memanjang yang diberi sekat-sekat kevil. Untuk panjangnya dapat menyesuaikan dengan kondisi lahan dan efisien dari kandang sendiri. Pada sekat kecil ini dapat Anda buat dengan ukuran Lebar 40 cm, tinggi depan 37 cm tinggi belakang 30 cm dan panjang 40 cm.

Dalam pembuatannya jenis kandang ini memiliki ventilasi yang sangat terbuka baik dibagaian depan, belakang dan atasnya. Pada bagian bawah atau alanya sebaiknya dibuat dengan kemiringan tertentu supaya telur dapat menggelinding kearah depan. Pada lantainya agar dibuat agak merenggang sekira telur tidak jatuh kebawah dan kotoran langsung jatuh kebawah.

  • Tempat Minum dan Pakan Ayam Petelur

Kandang kawat Ayam petelur

Pada pembuatan tempat minum dan pakan bagi ayam petelur agar dibuat dengan model bertingkat. Dimana tempat minum pada bagian atas dan tempat pakan pada bagian bawah. Pembuatan tempat pakan agar dibuat menggunakan pipa atau kayu sebagai wadahnya dan untuk minumnya dapat dibuat dari paralon atau pipa. Sebelum itu agar di lihat kondisi pipa yang digunakan sebagai tempat minum unutk menghidari dari kebocoran.

  • Posisi dan Penempatan Kandang Ayam Petelur

Pada kandang ayam petelur model baterai ini dapat dibuat secara panggung, dimana kotoran ayam akan langsung jatuh ke bawah. Dengan model kandang ini akan mempermudah dalam proses pembersihan kandang dan menjaga sirkulasi udara pada kandang.

Baca Juga:  √ Tips 22 Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh (Lengkap)

Bila membuat sistem tingkat agar membuatnya dengan menggeser kesamping, supaya kotoran tidak menimpah pada ayam yang lainnya. Hal ini juga mempengaruhi pada sirkulasi udara yang masuk, usahakan agar pembuatan tingkatnya maksimal sampai 3 saja. Bila terlalu tinggi akan berdampak pada kesulitan dalam mengontrol kondisi kandang ayam petelur sendiri.

Perlu diperhatikan juga dalam pembuatan kandang jenis baterai ini di usahakan ketinggian minimal 1 meter sampai 1,5 meter. Hal ini bertujuan agar mengurangi unsur amoniak yang di hasilkan dari ayam sendiri. Jarak ideal kandang dapat digunakan 1 x lebar kandang dan posisi kandang agar mengarah ke barat – timur agar pencahayaan lebih baik.

  • Kelebihan dan Kekurangan Jenis kandang Baterai

Tentu dalam penggunaan jenis model ini terdapat kekurangan dan kelebihan tersendiri, tergantung dari efisien pemakainnya.

Kelebihan

  • Sirkulasi udara dalam kandang menjadi maksimal dengan ventilasi yang terbuka, sehingga membuat nyaman ayam sendiri.
  • Pemerataan pemberian pakan dan minum.
  • Memudahkan pengontrolan ayam baik pakan minum dan saat kondisi sakit.
  • Memudahkan pengontrolan produksi telur.
  • Terciptanya kondisi kandang bersih dan bebas dari penyakit serta hama.

Kekurangan

  • Ayam akan mudah terkena kelumpuhan bila dimasukkan belum pada waktunya, yang mana disebabkan otot ayam yang masih lemah.
  • Bila telat dalam membersihkan kandang maka akan ada lalat dan menjadi bau yang menyengat sehingga akan mengakibatkan mudahnya terkena penyakit.

Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.