Kelinci Anggora : Ciri-ciri, Jenis dan Harga Jualnya

3 min read

Kelinci Anggora, Ciri-ciri, Jenis dan Harga Jualnya – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas mengenai Kelinci Anggora. Kalau kita sering dengar tentang kucing anggora akan tetapi ini adalah kelinci anggora. Penasaran… Yuk simak ulasan berikut ini.

Kelinci Anggora, Ciri-ciri, Jenis dan Harga Jualnya

Kelinci anggora merupakan varietas kelinci jenis kelinci yang memiliki ciri-ciri berbulu tebal dan lebat.Dengan bulu yang lebat sehingga kelinci biasanya dimanfaatkan bukan hanya diambil daging saja tapi bulunya pun digunakan sebagai wool. Dengan teskstur yang lembut dan halus sangat cocok dijadikan pakaian.

Kelinci jenis ini diketahui berasal dari negara Turki tepatnya di daerah Ankara, di daerah ini terkenal sebagai tempat pemeliharaan kambing anggora, kelinci anggora serta kucing anggora. Karena bisnis dari kelinci anggora sangat berkembang didaerah yang beriklim dingin seperti Amerika dan Eropa.

Bulu kelinci anggora dapat dipanen setiap 4 buln sekali dengan menggunakan alat cukur khusus. Metode cukurnya pun tidak sembarangan yang bisa membuat sakit.  Sedangkan di Indonesia kelinci jenis ini malah lebih sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dibandingkan digunakan sebagai pedaging.

Macam Jenis kelinci anggora

Terdapat beberapa kelinci jenis anggora yang trend di tanah air kita, seperti contoh Anggora perancis, anggora inggris, anggora satin dan anggora giant. Terdapat juga anggora hasil dari persilangan seperti anggora swis, anggora jerman dan anggora korsel. Selain itu masih banyak lagi jenis yang lainnya dari berbagai macam hasil perkawinan dari berbagai spesies.

Anggora Inggris

Kelinci Anggora Inggris termasuk kedalam jenis kelinci yang paling kecil ukurannya dibandingkan dengan kelinci anggora yang lainnya. Dengan ciri-ciri :

  • Bobot tubuh kelinci dewasa kisaran 2,3 – 3,2 kg
  • Anggora Inggris jenis yang paling favorit sebagai hewan pertunjukan
  • Bulunya tebal tumbuh hingga ke telinga dan muka

Anggora Inggris sangat memerlukan perawatan harian yang intensif. Disarankan bagi pemula untuk tidak melihara kelinci anggora jenis inggris ini, karena perawatannya sangatlah banyak sebab bulu yang panjang dan halus sangat mudah kusut serta harus sering dibersihkan.

Anggora Perancis

Kelinci Anggora perancis merupakan jenis yang sedang dibandingkan dengan anggora lainnya. Adapun ciri-cirinya yaitu:

  • Memiliki bobot tubuh sekitar 3,4 – 4,8 kg
  • Bulunya tumbuh panjang dan pertumbuhan bulunya cepat
  • Anggora Perancis memiliki warna bulu yang beragam
Baca Juga:  Cara Beternak Lele Di Terpal : Bibit, Media Kolam, Penebaran, Perawatan Dan Panen

Perawatan kelinci anggora perancis tidak sintensif anggora inggris, kelinci jenis ini sangat cocok bagi Anda untuk dipelihara.

Anggora Giant

Pada kelinci anggora giant merupakan hasil dari persilangan kelinci jenis anggora dan kelinci jenis flemish giant. Sesuai dengan sebutannya anggora giant mempunyai bentuk tubuh yang paling bongsor. Dimana kelinci anggora giant yang dewasa dapat mencapai bobot 5 kg dengan warna bulu yang putih.

Kelinci jenis ini termasuk menjadi pilihan yang paling favorit untuk diambil bulu atau woolnya. Sebab postur badann yang cukup besar, menjadi hasil panen bulu atau woolnya dapat lebih tinggi dibanding dengan jenis lainnya. Dengan bulu yang tidak mudah rontok membuat cara pengambilannya perlu dicukur layaknya kambing domba.

Anggora Satin

Kelinci jenis anggora satin dapat berbobot mencapai 4,5 kg, dan kelinci ini juga bisa di ambil manfaat bulu atau woolnya. Jenis ini memilki berbagai jenis warna, sehingga bagi kalangan industri sangat menyukainya sebab bulunya mudah untuk dipintal.

Perawatan kelinci anggora

Untuk masalah perawatan kelinci anggora dapat Anda perhatikan terkait masalah bulu dan perkembangannya. Karena kelinci anggora tergolong kelinci yang cukup jinak dan tidak terlalu suka bergerak dibandingkan dengan kelinci lainnya. Bulu yang panjang serta lebat memiliki daya ttarik tersendiri bagi pecinta kelinci. Adapun perawatan yang diperlukan antara lain yaitu:

Makanan Kelinci

Seperti pada umumnya kelinci termasuk hewan herbifora yang mana memakan tumbuhan, pada pemeliharaan kelinci Anda dapat memberinya sayuran dapat berupa wortel, buncis, kangkung dan lain sebagainya. Bisa juga diberikan pakan pelet yang khusus untuk hewan, yang mana banyak mengandung nutris yang dibutuhkan kelinci.

Berikan dedaunan yang agak layu, agar dapat mengurangi kadar air dalam dedaunan sehingga kelinci tidak akan menjadi kembung dan mencret.

Sebaiknya pemberian sayuran dilakukan 1 minggu 3 kali, dan lebih banyak memberikan buah dan jenis sayuran yang berserat tinggi. Karena kelinci termasuk hewan yang menyukai wortel dimana kandungan air didalamnya hanya sedikit.

Kebersihan Kelinci

Jagalah kebersihan kandang kelinci, agar kelinci terhidar dari berbagai penyakit. Anda juga harus memperhatikan kondisi kandang baik dari segi kelembapan yang mana kondisi harus kering, tempat kotoran atau urin. Bagi Anda yang memelihara jenis kelinci anggora agar lebih memperhatikan kondisi bulunya. Mandikan pada saat pagi hari dengan menggunakan shampo khusus kelinci, dalam memandikan harus hati-hati agar bulu tidak menjadi rusak. Keringkan dengan menggunakan handuk atau haie dryer, kemudian jemur dibawah terik matahari .

Baca Juga:  Cara Mengobati Ayam

Kesehatan Kelinci

Demi menjaga kondisi optimal kelinci, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan kelinci agar tidak mudah terkena penyakit. Biasanya gejala penyakit kelinci dapat berupa perut kembung, mencret dan lain sebagainya. Bila terkena penyakit yang para agar dibawa kedokter hewan.

Reproduksi Kelinci

Pada reproduksi kelinci itu biasanya masa kehamilannya sekitar 30 hari, dengan melahirkan anak 6 sampai 12 ekor kelinci. Bila kelinci dipelihara sebagai ternak Anda dapat mencampur jantan dan betina dalam satu kandang, tetapi bila tidak segera pisahkan. Kelinca dapat hidup hingga mencapai 10 tahun, bahkan bila Anda merawatnya dengan baik maka akan lebih.

Mencari Tahu Harga Kelinci Anggora Saat Ini

Kelinci jenis anggora di nilai dari segi bentuk ukuran tubuhnya yang mana antara satu dengan lainnya memilki harga yang cukup berbeda. Biasanya unutk yang dewasa dihargai sekitar 250 Ribu, sedangkan untuk yang kecil dihargai sekitar 80 ribu.

Bagi para penjual kelinci anggora, biasanya menjual sesuai permintaan dari konsumen dengan harga yang bervarietas. Bila menjuat dengan jenis dan ukuran yang bagus maka harganya pun akan menjadi sangat mahal.

Toko atau tempat memperoleh kelincinya pun menjadi bahan pertimbangan harga juga. Bila Anda membeli disekitar pasar hewan maka akan mendapatkan harga yang lebih murah, akan tetapi bila Anda membeli langsung ke peternak khusus maka harganya pun tergantung dari jenis kelinci dan ukuran tubuhnya.

Harga kelinci anggora kecil yang ditawarkan di pasar sendiri sekitar Rp 25.000 – 50.000, apabila mencari di peternak dapat menyentuh Rp 50.000 – 100.000.

  • Kelinci Anggora Produktif Sepasang       Rp 500.000 –  600.000
  • Kelinci Anggora 3 Bulan                          Rp 70.000    –  100.000
  • Kelinci Anggora 2 Bulan                          Rp 50.000    –  70.000
  • Kelinci Anggora Anakan                          Rp 25.000    –  50.000
  • Kelinci Anggora 5 Bulan                          Rp 120.000  –  130.000

Demikian penjelasan kita kali ini tentang Kelici Anggora, Ciri-ciri, Jenis dan Harga Jualnya, Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Selamat mencoba.