Makanan Dari Beras
Makanan Dari Beras

8 Olahan Makanan Dari Beras Khas Indonesia

Posted on

8 Olahan Makanan Dari Beras Khas Indonesia Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Makanan Dari Beras. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Makanan Dari Beras bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Makanan Dari Beras berikut ini.

8 Olahan Makanan Dari Beras Khas Indonesia

Beras merupakan termasuk dalam salah satu jenis makanan pokok Indonesia.Tak akan lengkap apabila saat kita mana tapi tidak ada nasi, atau jika belum makan nasi, belum makan namanya. Begitulah gambaran pengaruh memakan beras untuk masyarakat Indonesia. Aakan tetapi butiran padi ini ternyata tak hanya bisa dijadikan nasi untuk sebagai manakan konsumsi dengan lauk pauk, namun olahan beras juga dibuat sebagai kreasi makanan lain yang pasti menarik dan memiliki rasa yang nikmat.

Tak hanya nasi, di Indonesia hampir dari setiap daerahnya mempunyai kearifan tersendiri untuk mengolah beras menjadi olahan makanan yang lain. Masing-masing daerah memiliki cara khas yang untuk menciptakan kuliner enak dan pastinya menjadi warisan nusantara. Berbagai jenis makanan dengan menggunakan bahan dasar berupa beras di bawah ini pasti dapat menjadi pengganti nasi untuk mendukung kebutuhan kalori kita sehari-hari.

Olahan Makanan Dari Beras

Mari kita simak beberapa olahan makanan yang berasal dari beras dianatarnya sebagai berikut :

  • Ketupat

Sampir tidak mungkin setiap lebaran tanpa adanya ketupat. Ditambah dengan semur daging, opor ayam, atau daging rendang, yang merupakan menu wajib saat lebaran tiba pada masyarakat indonesia , terlebih lagi pada masyarakat Pulau Jawa. Ketupat sendiri memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerahnya seperti Kupat (Sunda) dan Tipat (Bali), Topat (Sasak), Katupat (Banjar).

Ketupat sendiri dibuat dengan cara beras yang dimasukkan ke ruang anyaman yang berasal dari janur atau daun kelapa muda yang selanjutnya dibentuk sesuai dengan keahlian dari pembuat anyaman. Ketupat sendiri betnuk yang berbeda-beda bersudut tujuh (kepal), ada juga yang bersudut enam (jajar genjang). Tak hanya pada momen lebaran saja anda bisa menemukan ketupat. Ketupat sendiri dihidangkan dengan dengan berbagai macam makanan lain seperti lotek, gado – gado, sate padang dan lain sebagainya.

  • Lontong

Dibuat dengan cara yang cukup sederhana dan mirip dengan ketupat namun bedanya beras dibungkus dengan daun pisang dengan rapi sebelum dikukus sampai. Aroma khas yang berasal dari daun pisang ini sangat menggugah selera makan, memiliki warna hijau pada bagian luar karna pigmen dari daun pisang dan juga warna putih di bagian tengahnya. Lontong sendiri disajikan dengan berbagai macam lauk pendamping dengan nama yahg tersendiri, seperti lontong sayur, lontong balap, atau lontong juga bisa dihidangkan sebgai teman makan soto.

  • Burasa

Memang dari namanya sendir masih cukup asing terdengar di telinga, makanan ini berasal dari Makassar yang merupakan olahan nasi dengan rasa yang gurih dan aroma khas. Beras diaron dengan santan serta bumbu dan biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dibentuk pipih persegi. Sekilas burasa ini memang hampir mirip dengan lontong, dan makanan ini sangat cocok dimakan dengan soto Makassar atau bakso, nikmat!

Makanan Dari Beras

  • Lepet

Lepet sendiri terbuat dari bahan ketan yang mana lepet merupakan makanan kudapan kebanggaan tiga etnis, yaitu Betawi, Jawa, dan Sunda. Orang Sunda menyebut makanan ini dengan Lepeut, sedangkan di beberapa daerah yang ada Sumatera dikenal dengan sebutan Lepat. Sekilas hampir mirip dengan lontong, akan tetpai lepet ini berisi ketan memiliki tekstur yang liat dan lengket, serta memiliki rasa yang manis.

Sama halnya dengan ketupat, lepet juga dibungkus dengan menggunakan daun kelapa muda akan tetapi ,cara pembuatan yang berbeda. Beras ketan dikukus selanjutnya dicampur dengan santan, garam dan daun pandan. Campuran diaron selanjut ditambah dengan kelapa parut dan kacang tanah lalu dibungkus dengan bentuk silinder memanjang serta diikat dengan menggunakan tali. Pada daerah Sumatera, Lepat diisi  dengan menggunkan gula aren dan kelapa parut dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

  • Lemang

Lemang sendiri adalah olahan makanan khas Suku Dayak, akan tetapi sering juga ditemukan di berbagai daerah lain yanga ada di Indonesia seperti Orang Batak menyebut dengan Lomang, Minangkabau menyebutnya Lamang. Lemang sendiri selalu ada pada acara tahun baru padi suku Dayak, yang merupakan perayaan setelah memanen padi.

Lemang sendiri memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Pembuatan lemanng juga berasal dari beras ketan yang dicampur dengan santan selanjutnya dibalut dengan menggunakan daun pisang lalu dimasukkan dalam bambu. Selanjutnya bambu tersebut dibakar selama beberapa jam hingga bahan yang didalamnya ini matang. Perpaduan aroma yangkhas dari rasa daun pisang dan juga bambu yang dibakar sehingga menyebabkan aroma dan rasa yang khas. Mirip ketupat, lemang juga banyak ditemukan pada saat Ramadan dan Idul Fitri.

  • Lapet

Merupakan merupakan kudapan khas Batak yang berasal dari daerah Tapanuli. Lapet sendiri terbuat dari bahan beras yang dibungkus oleh daun pisang dengan bentuk limas. Cara membuatnya lapet sendir yaitu dengan mencampur parutan kelapa muda serta tepung beras maupun ketan. Lapet sendiri terasa manis sebab berasal dari parutan kelapa mudanya.

  • Bakcang

Bakcang adalah makanan khas yang berasal dari  Tiongkok, namun bakcang snedir sudah mulai akrab masyarakat Indonesia, terlebih lagi pada kalangan keturunan Tionghoa. Makanan beras yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu menu yang wajib dalam beberapa perayaan etnis tionghoa. Bakcang bisa diisi berbagai macam lauk pauk misalnya seperti ikan, daging ayam, udang, jamur dan lain sebagainya. Pembuatan bakcang sendir pada umumnya dibungkus dengan menggunakan bambu panjang yang sudah dinetralisir atau di detoksifiksi selanjutnya diikat berbentuk limas segitiga.

  • Pali – Pali

Pali pali merupakan salah satu sajian kudapan yang berasal dari daru Ternate, Maluku Utara. Konon sejarahnya makanan ini hanya diperuntukkan untuk para Sultan, serta menjadi salah satu sajian favorit pada Kesultanan Tenamun. Bungkus makanannya sendiri juga terlihat lebih elit sebab dibuat mengguankan anyaman daun lontar yang baik dan rapi.

Sama halnya dengan ketupat, untuk cara pembuatannya yaitu beras dimasukkan ke dalam anyaman daun lontar, selanjutnya dikukus kurang lebih selama 1,5 jam. Aroma pembungkus yang berasal dari daun lontar pastinya menjadi satu faktor unik yang tersendiri bagi Pali – Pali. Rasanya juga sangat nikmat jika ditemani dengan lauk pauk lainnya layaknya seperti hidangan ketupat tentunya.

Itulah delapan jenis makanan dari beras yang merupakan sebagai hidangan pengganti nasi yang berhasil disusun dari berbagai macam sumber. tak hanya itu saja masih adanya banyak lagi olahan makanan dari beras, misalnya bisa disajikan dalam bentuk bubur ayam atau akan lebih varian lagi apabila disini berasnya telah di olah menjadi tepung, berbagai kue pastinya dapat Anda buat dengan mudah.

Demikian penjelasan kami tentang Makanan Dari Beras dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.