Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Pada kesempatan ini akan membahas Manfaat Belimbing Wuluh. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai macam manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat belimbing wuluh berikut ini.

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Buah belimbing wulu atau lebih sering disebut dengn belimbing sayur adalah salah satu dari berbgai macam jenis buah tropis yang berasl dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jenis buah ini tergolong kedalam genus Averrhoa masih masuk keluarga Oxalidaceae.

Bentuk buah yang lonjong dengan memiliki warn hijau kekuningan mempunyi nama ilmiah Averrhoa bilimbi. Belimbing wuluh memiliki kandungan air yang banyak serta memiliki rasa asam yang kuat.

Air yang ada pada belimbing wuluh ini memiliki konsentrasi asam oksalat yang cukup tinggi dn sangat bermanfaat untuk membersihkaan dan memutihkan kulit dan gigi. Kebanyakan masyarakat di Indonesia memakai belimbing wuluh ini sebagai campuran kari, sambal, sup dan lainnya.

Tanaman belimbing wuluh juga dapat tumbuh di sekitar rumah Anda. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak sadar akan banyak manfaat yang terkandung pada buah kecil dan asam ini. Di balik rasa asamnya yang kuat, belimbing wuluh juga menyimpan berbagai macam nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Berdasarkan WHO atau Badan Kesehatan Dunia, bahwa sekitar 80% masyarakat Afrika dan Asia telah menggunakan buah belimbing wuluh yang digunakan sebgai obat tradisional. Sejumlah penelitian pun membuktikan buah belimbing wuluh bisa membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan dan kecantikan.

Menurut Science Direct, buah belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, C dn B komplek serta protein. Buah yang satu ini juga memiliki kandungan mineral berupa kalsium, fosfor dan zat besi. Terlebih lagi belimbing sayur juga mengandung antioksidan dan zat bersifat astrigen.

Baca Juga:  Bonsai Belimbing

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki buah belimbing wuluh ini. Sehingga tidak heran kalau belimbing wuluh juga mengandung kaya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan seperti berikut ini.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Sebagian besar orang rentan akan resiko terkena tekanan darah tinggi, terlebih bagi orang dewasa. Gangguan ini dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis semisal stroke, bahkan sampai dapat mengancam nyawa.

Namun jangan khawatir, Anda dapat mengatasi tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh. Dengan cara, seperti dibawah ini:

  • Persiapkan 2 sampai 3 buah belimbing wuluh dan dipotong menjadi 2 bagian.
  • Potong menjaadi 2 bagian utuh.\
  • Kemudian Anda rebus dengan 3 gelas air.
  • Tunggu sampai air menysut hingga menyisakan 1 gelas.
  • Lalu minum rebusan air tersebut dalam kondisi selagi hangat.

Anda dapat melakukan cara tersebut pada tiap pagi hingga tekanan darah Anda normal kembali.

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi akan kian melemah dengan seiringnya tambah usia. Anda dapat mengkonsumsi belimbing wuluh yang dapat dijadikan alternative asupan kalsium bagi kekuatan tulang dan gigi.

Kandungan kalsium dalam belimbing wuluh terbilang cukup tinggi. Selain itu juga, buah yang satu ini mempunyai kandungan fosfor yang dapat meningkatkan efektivitas mineral yang akan menambahkan kepadatan dan kekuatan pada gigi dan tulang.

Membantu Mengobati Batuk, Pilek, dan Demam

Sering sekali kebanyakan orang pernah mengalami rasa sakit semisal pilek, demam dan batuk. Dengan mengkonsumsi rebusn buah belimbing wuluh Anda bisa mengatasi berbagai macam gangguan kesehan itu. Karena kandungan Vitamin C yang ada pada belimbing wuluh bisa membantu memperkuat system imun atau kekebalan tubuh.

Mengobati Diabetes

Menurut NCBI, bahwa belimbing wuluh telah terbukti ampuh dapat mengobati penyakit diabetes atau kadar gula dalam darah yang terlapaui tinggi. Cara penggunaannya, Anda dapat membut jus belimbing wuluh setelah makan. Bila tidak tahan akan sifat rasa asam yang dimilikinya Anda dapat meminum rebusan air belimbing wuluh 2x sehari.

Baca Juga:  Cara Menanam Rambutan : Metode, Pemilihan, Pemeliharan dan Pemanenan

Ampuh Membasmi Jerawat

Jerawat adalah salah satu dari berbagai macam jenis masalah kulit yang dapat menurunkan tingakt percaya diri seseorang dalam penampilannya. Saat jerawat muncul, biasanya orang akan langsung melakukan berbagai macam cara agar dapat menghilangkannya.

Anda dapat memakai belimbing wuluh untuk dijadikan sebagai bahan obat secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping.  Buh ini memiliki kandungan asam oksalat yang sangat bermanfaat untuk mengurangi jerawat.

Untuk cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Persiapkan belimbing wuluh dan cuci hingga bersih.
  • Bila sudah bersih, Anda blender atau haluskan yang nantinya dijadikan masker.
  • Gunakan hasil halusan sebagai masker dan diamkan selama beberapa menit sampai mongering.
  • Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Mencerahkan Wajah

Selain dapat menghilangkan jerawat, belimbing wuluh juga dapat mengurangi kulit kusang yang bis menurunkan tingkat kepercayaan diri. Anda juga dapat mengatasinya dengan cara digunakan sebagai masker.

Dengan kandungan Vitamin C yang terdapat pada belimbing wuluh dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan bersinar. Selain itu juga dapat mengurangi flek hitam dan menjaga kondisi kulit tetap kencang.

Bikin Awet Muda

Kandungan Vitamin A dan C yang ada pada buah belimbing wuluh memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas penyebab penuaan dini. Dengan kandungan nutrisi dan mineral lainnya yang terdapat pada buah ini sangat bermanfat untuk mengurangi garis hlus atau kerutan pda wajah. Sehingga akan membuat kulit menjadi terlihat lebih awet muda.

Mengecilkan Pori-pori

Bagi Anda yang merasa memiliki masalah terkait pori-pori yang besar, Anda dapat mencoba untuk memakai perawatan wajah dengan belimbing wuluh.

Anda juga dapat memekai belimbing wuluh sebagai masker wajah untuk membersihkan bakteri jahat yang dapat menyumbat pori-pori. Sehingga membuat Anda dapat terhindar dari wajah berminyak.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.