Manfaat Biji Coklat yang Baik Bagi kesehatan Tubuh

Manfaat Biji Coklat yang Baik Bagi kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Biji Coklat yang Baik Bagi kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Biji Coklat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat biji coklat yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai Manfaat Biji Coklat berikut ini.

Manfaat Biji Coklat yang Baik Bagi kesehatan Tubuh

Manfaat biji coklat bagi kesehatan ternyata memiliki beragam manfaat yang sangat baik. Tentunya, manfat ini dapat diperoleh bila biji coklat tidak diolah dengan menambahkan banyak gula dan bahan lainnya yang tidak sehat. Umumnya, olahan biji coklat alami seperti cocoa nibs dan biji coklat bubuk adalah pilihan yang lebih sehat.

Selama ini, coklat memiliki reputasi yang baik sebagai makanan tidak sehat yang sebaiknya dihindari. Namun sebenarnya, hal tersebut berlaku untuk coklat yang mengandung banyak gula dan bahan tambahan lain yang tinggi kalori. Dalam bentuk alami coklat, biji coklat sebenarnya adalah asupan sehat yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi tubuh.

Manfaat Biji Coklat

Manfaat Biji Coklat yang Baik Bagi kesehatan Tubuh

Manfaat biji coklat sangatlah bermacam-macam, mulai dari dapat membantu mengontrol kadar gula darah sampai mencegah penyakit jantung. Selain itu juga makanan ini memiliki kandungan berbagai nutrisi mulai dari serat saampai mineral yang sanagat diperlukan oleh tubuh.

Biji coklat dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Pengolahannya juga yang selanjutnya menentukan coklat tersebut menjadi makanan yang sehat atau justru membuat lemak dan gula di dalam tubuh semakin menumpuk.

Salah satu hasil pengolahan paling alami dari biji coklat yakni cacao nibs yang dikemas dalam bentuk beberapa potongan kecil. Tanpa tambahan gula atau bahan lainnya. Selain itu, biji coklat dapat diolah menjadi bubuk coklat. Bubuk coklat dapat dinilai sehat sebab dalam proses pengolahannya, lemak yang ada didlam makanan ini disingkirkan.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat beberapa penjelasan berikut ini:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat pada biji coklat juga dinilai bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan pada suatu penelitian yang dilakukan memakai hewan uji, biji coklat terbukti bisa melindungi tubuh dari efek membahayakan yang timbul akibat alergi makanan.

Kaya antioksidan

Antioksidan dapat berfungsi untuk melindungu tubuh dri paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas dapat memicu terjadinya bebagai penyakit di dalam tubuh, sebab menyebabkan kerusakan sampai kedalam sel. Antioksidan juga bisa meredakan peradangan kronis dan berlebih di tubuh.

Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan polifenol, salah satu dari jenis antioksidan yang terdapat dalam biji coklat, dimana dianggap baik bagi kesehatan jantung. Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan langsung pada manusia, bahwa biji coklat terbukti dapat mengurangi sejumlah faktor resiko penyakit jantung. Seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Mengontrol kadar gula darah

Biji coklat dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah sebab makanan ini dianggap bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin ini merupakan salah satu hormon yang dapat membantu sel menyerap gula yang ada dalam darah. Hal ini membuat semakin sensitive insulin, maka proses penyerapan juga semakin baik sehingg tidak terjadinya penumpukan gula dalam darah.

Mencegah kanker

Dengan kandungan antioksidan yang terdpat pada biji coklat dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Dalam hal ini yang berperan yakni antioksidan jenis katekin dan epikatekin yang dinilai dapat mencegah penyebaran sel kanker dan memici kematian sel kanker.

Menurunkan tekanan darah

Pada penelitian menyebutkan bahwa biji coklat kaya akan kadungan flavanol yang dapat menurunkan tekanan darah. Komponen ini menurunkan tekanan darah dengan cara memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Baik untuk kesehatan otak

Flavanol juga memiliki peran dalam produksi sel saraf atau neuron di otak dan bisaa meningkatkan fungsi otak. Selain itu jugam komponen ini juga bissa melancarkan peredaran darah di otak dan baik untuk jaringan yang ada di otak.

Menghilangkan lelah

Dengan kandungan magnesium yang cukup tinggi pada biji coklat membuatnya dapat mengurangi rasa lelah di tubuh. Sebab, rasa lelah berlebihan termasuk lelah yang disebabkan setelah bangun tidur, dapat juga disebabkan oleh kurangnya kadar magnesium di dalam tubuh.

Menurunkan berat badan

Biji coklat juga tida mengandung banyak gula dan bahan tambahan lainnya justru bis membantu menurunkan berat badan. Makanan ini dinilai bisa membantu mengetur penggunaan energy di tubuh, membuat Andamerasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

Meredakan gejala depresi

Efek baik biji coklat pada otak juga dapat berpengaruh pada kinerjanya dalam meningkatkan Susana hati dan meredakan gejala depresi. Makanan ini dinilai dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi kadar stress dalam tubuh. Walaupun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar memastikannya.

Mencegah penuaan dini

Antioksidan yang terdapat pada biji coklt juga dapat mencegah penuan dini. Seperti yang sudah disebutkan diatas, antioksidan dapat mencegah rusaknya sel di dalam tubuh termasuk sel kulit yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan terliaht lebih muda.

Menyehatkan gigi

Kandungan theobromine dlam biji coklat dinilai efektif untuk mencegah gigi berlubang sebab komponen yang memiliki sifat antibakteri. Sebab itulah komponen ini dapat mencegah adanya penumpukan plak yang merupakan cikal bakal gigi berlubang.

Selain itu, therobrimine juga akan membuat lapisan terluar gigi yang disebut enamel menjadi lebih kokoh dan kuat, serta dapat mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang.

Risiko mengonsumsi biji coklat

Selma masih dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, biji coklat dinilai tidak membahayakan bagi kesehatan. Namun bila mengkonsumsinya berlebihan, makanan ini dapat menimbulkn efek yang mirif dengan kelebihan kafein yakni menjadi sulit tidur, munculnya perasan tidak tenang dan gangguan kecemasan. Efek samping ini lebih rentan terjadi pada ibu hamil dan anak-anak.

Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat biji coklat lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan. Manfat tersebut diperoleh dari kandungan magnesium dan serat yang terdapat didalamnya. Dengan mengkonsumsi biji coklat secara teratur, dapat dipercya bisa mencegah dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Biji coklat juga dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah janin apabila dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester akhir kehamilan. Sehingga, pastikan Anda sudah berdiskusi dengan dokter kandungan sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Biji Coklat yang Baik Bagi kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.