Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Berenuk. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat yang terkandung dalam buah berenuk bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat buah berenuk berikut ini.

Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal buah berenuk atau bisa disebut dengan calabash. Walaupun belum begitu populer, tampilan buah ini seperti kelapa muda, namun memiliki ukuran menyerupai buah semangka.

Buah berenuk berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Faktanya bahwa buah berenuk merupakan pohon nasional Saint Lucia. Bagaimana pohon ini dapat sampai di Negara Filipina, faktanya tidak ada yang tahu sejarah itu.

Buah yang memiliki nama ilmiah Crescentia Cujete, biasa disebut oleh orang philipina sebagai buah ajaib. Alasannya mereka menyebutnya bahwa buah ini cukup dikenal dengan banyak manfaat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan yang ada pada buah berenuk terdiri dari Vitamin B1, Vitamin C, zat besi, kalsium, kalium dan natrium. Buah ini juga rendah kalori dan lemak serta dikemas dengan serat. Sama halnya buha pada umumnya yang sejenis, 96% atau sebagian besar pada buah ini berisi Air.

Manfaat Buah Berenuk bagi Kesehatan

Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah berenuk bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya yaitu:

  1. Mencegah Kanker

Sekelompok mahasiswa yang berasal dari Notre Domes of Dadiangas University, General Sntos City, Filipina, menemukan bahwa ekstrak dari buah berenuk mempunyai kemanpuan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah.

Sebab itulah buah ini dapat dipakai untuk membantu mencegah sel kanker yang ada dalam tubuh manusia.

Menurut Philippine Council for Health Reserch and Development (PCHRD), bagian dari agen Departement of Science and Technology (DOST), analisis para siswa menunjukkan bahwa kandungan ekstrak buah dan daun pohon berenuk mengandung flavonoid semisl antrakuinon dan quercetin.

Kedua senyawa inilah merupakan fitokimia penting untuk aktivitas antiangiogenik atau suatu proses yang dapat mengahambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru yang ada dalam tubuh.

Baca Juga:  Budidaya Cacing Darah : Proses, Bibit, Media, Perawatan Dan Pemanenan

Selain itu juga semua sayuran dan buah yang mengandung antioksidan sangat bagus untuk melawan kanker. Sedangkan berenuk merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki kandungan antioksidan kuat.

  1. Menyembuhkan Tumor

Tidak hanya dapat mencegah sel kanker, PCHRD mengatakan bahwa antiangiogenesis meontrol penyebaran sel tumor yang ada dalam tubuh dengan cara menonaktifkan pengangkutan nutrisi menuju sel kanker.

Sel tumo, biasanya dimulai dengan satu sel yng selanjutnya membelah menjadi lebih banyak sel. Menurutnya, perumbuhan sel ganal akan tergandung pada ketersedianya nutris spesifik yang diangkut oleh pembuluh darah.

  1. Membantu Penderita Diabetes

Di kota Davao, Davao Medical School Foundation sudah memastikan kalau buah berenuk mempunyai efek menurunkan kadar gula darah pada hewan yang diuji.

Menurut situs web PCHRD, dlaporkan bahwa para peneliti memberikan rebusan buah berenuj untuk kelinci keceil yang diinduksi hiperglikemia dan membandingkan efeknya dengan Metformin obat standart untuk pengobatan penderita diabetes.

Dalam analisis menjelaskan bahwa rebusan buah calabash mdan metformin yang diberikan kepada kelinci, keduanya menunjukkan penurunan yang sangat signifikan dalam jumlah gula darah dalam tubuh.

Sementara itu kelinci yang diberikan larutan air mineral mempunyai kadar gula tinggidan konstan. Dalam penelitian tersebut menunjukkan penurunan kadar gula darauh terkait dengan efek fitokimia yang bertanggung jawab dalam pelepasan insulin yang dapat menurunkan gula darah pada hewan yang diuji.

Tidak hanya dengan menggunakan cara tersebut, dengan kandungan kalori yang rendah pada buah berenuk yang sangat baik bagi penderita diabetes.

Setelah sesorang di diagnosis dengn jenis dibetes tertentu, mengatur pola makan sehari-hari merupakan hal yang tersulit yang dilakukan orang tersebut.

Sebab tidak ada cara untuk menyembuhkan penyakit diabetes secara  tuntas, namun diabetes dapat dikelolh mellui pola hidup sehan dan pola makan sehat.

  1. Mengatasi Asma & Batuk

Tidak hanya sampai disitu saja, daging buah berenukjuga sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah pernafasan seperti Asma dan batuk.

Jus dari dging buah berenuk dipakai bersama dengan kayu manis,ada manis dan pala untuk membuat sirup herbal yang bisa mengurangi gangguan dada dan sekaligus mengobati masalah penecernaan.

  1. Menyembuhkan Luka

Mungkin juga tidaklah banyak yang mengetahui bahwa rebusan kulit batang buah berenuk dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Bukan hanya kulit batangnya, daunnya pun dapat dihancurkan dan dioleskan pada lukan untuk menghentikan pendarahan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Daun dari pohon berenuk juga mempunyai kemapuan menurunkan tekanan dara dan sakit kepala. Tidak hanya itu saja, bila dicampur dengan minyak jarak ramuan itu dapat bertindak sebagai ramuan pencahar.

  1. Mencegah Kontipasi

Terdapat 2 (dua) alasan yang membuat buah berenuk bagus untuk sembelit:

  • Berenuk kaya akan serat larut dan tidak larut
  • Sebagian besar berenu terbuat dari air, yang membuat menjadi perpaduan antara manfaat kesehatan dari serat dan air yang sangat bermanfaat untuk melawan sembelit dan masalah perut lainnya.
  1. Membantu Diet

Selama masa diet atau masa penurunan berat badan, dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran sangat dianjurkan. Pada buah berenuk yang mana merupakan salah satu makanan rendah kalori yang dapat ditambahkan ke dalam menu diet.

Baca Juga:  Manfaat Batang Brokoli

Selain itu juga, berenuk memiliki kandungan Vitamin dan mineral yang dapat memenuhi asupan harian seseorang dan mengoptimalkan metabolism selama masa diet.

  1. Menjaga Kesehatan Liver

Terdapat beberapa penelitian yang sudah dilakukan untuk mendukung tentang klaim bahwa berenuk dapat bermanfat untuk kesehatan hati.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa berenuk merupakan salah satu solusi penyembuhan alami sebab memiliki sifat anti inflamasi.

  1. Penangkal Keracunan Makanan

Walaupun penelitian lebih lanjut mengenai klaim harus dilakukan, namun secar tradisional berenuk telah digunakan oleh kebanyakan orang sebagai penawar keracunan makanan.

Namun satu hal yang penting, Anda bisa memakai berenuk sebagai solusi pertolongan pertama, tapi sebaiknya menemui dokter sangat disarankan dalam hal keracunan makanan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah berenuk memiliki kandungan beberapa mineral, misalnya natrium dan potassium yang sudah terbukti dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat kesehatan utama kalium dan natrium akan sangat membantu dalam mengatur pada gejala tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.