Manfaat Buah Dewandaru yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Dewandaru yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Dewandaru yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Dewandaru. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat buah dewandaru yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai Manfaat Buah dewandaru berikut ini.

Manfaat Buah Dewandaru yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Buah dewandaru mempunyai berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh, dengan buah memiliki warna merah ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Misalnya mencegah stroke dan jantung. Tidak hanya itu saja, masih terdapat berbagai khasiat lainnya yang terkandung dalam buah dewandaru.

Buah dewandaru juga mempunyai berbagai khasiat lain temasuk memperbaiki pola tidur Anda. Kandungan dapat buah ini dipercaya mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Pitanga atau buah dewandaru banyak ditemukan pada wilayah Amerika Latin seperti Brasil, Asrgentina dan Paraguay. Buah yang memiliki warna merah dan mengandung vitamin dan nutris seperti lemak, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin C, protein, karbohidrat, fosfor dan kalsium.

Tidaklah heran, karena berbagai kandungan dari buah dewandaru yang memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat buah dewandaru bagi kesehatan

Manfaat Buah Dewandaru yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan berbagai kandungan yang terdapat dalam buah ini, manfaat dari buah dewandaru masih belum banyak dikenal. Buah ini bisa meningkatkan system imunitas, menjaga kesehatan kuli sampai mencega resiko jantung dan strok.

Berikut ini beberapa manfaat buah dewandaru bagi kesehatan tubuh manusia:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat pertama dari buah dewandaru yaitu dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Dengan kandungan Vitamin A dan C yang mana adalah antioksidan dan sangat bermanfaat dalam melawan infeksi dan meningkatkan system kekebalan tubuh.

Disaat system imin tubuh meningkt, Anda akan terhidar dari berbagai macam resiko penyakit sebab bakteri dan virus.

Menjaga kesehatan kulit

Ntioksidan dalam buah dewandaru jiga memiliki fungsi memperlambat berbgai tanda penuaan dini. Selain itu juga kandungan Vitamin A dalam buah dewandaru juga bisa memperlancar aliran darah yang menuju permukaan kulit dan mengirangi keriput.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Sirsak Agar Cepat Berbuah Lebat

Dengan kandungan Vitamin A juga bisa mengurangi produksi sebum berlebih dan mengurangi jerawat.

Menjaga kesehatan mata

Buah dewandaru yang kaya akan vitamin C juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Asupan vitamin C yang tinggi bisa meningkatkan pasokan darah pada area mata. Oleh seba itulah, dengan mengkonsumsi buah denwandaru bisa mencegah resiko ganguan mata seperti katarak.

Memperbaiki pola tidur

Dengan konsumsi buah dewandaru saat Anda mengalami susah tidur dapat menguranginya. Buah ini merupakan salah satu makan alami yang memiliki kandungan melatinin.

Melatonin merupakan salah satu hormone yang diproduksi kelenjar pineal yang ada pada bagian otak. Hormone ini memiliki fungsi mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Hal ini membuat dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Membantu menurunkan berat badan

Buh dewandaru juga tergolong rendah kalori yang sangat baik bila dikonsumsi sebagai makanan diet. Sebab dengan mengkonsumsi buah dewandaru dalam jumlah besat tidak akan berdampak langsung pada kenaikan berat badan. Maka buah ini baik bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan.

Mencegah risiko stroke dan jantung

Manfaat buah dewandaru lainnya yaitu dapat mencegah resiko stroke dn jntung. Buh dewandaru memiliki kandungan antioksidan seperti likopen, gamma carotene, beta cryptoxanthin dan rubixanthin. Dimana memiliki fungsi melawan radikal bebas serta dpat mencegah resiko berbagai penyakit berbahaya termasuk stroke dan jantung.

Mengatasi Diare

Seperti yang telh dijelaskan diatas, bahwa biji buh dewndaru kecil dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangan bakteri. Penyebab diare itu sebdiri yaitu bakteri yang menyerang usus sehingga dapat menginfeksi usus.

Dengan biji buah dewandaru yang memiliki sifat antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab diare pada usus membuat fungsi usus normal kembali.

Cara pengolahannya pun cukup mudah yakni dengan memakan biji. Namun jangan lupa untuk mencucinya terbelih dahulu hingga bersih tidak ada bakteri yang dapat masuk ke tubuh kita dari luar.

Mengobati Nyeri

Selain buah-buahan, ada manfaat daun dewandaru dalam mangobati rasa sakit, karena daun Dewandaru mengandung minyak esensial yang dapat memainkan peran dalam menghilangkan rasa sakit pada tulang dan otot, seperti penyakit rematik.

Baca Juga:  Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam hal ini, minyak atsiri dalam daun dewandaru dikatakan bertindak sebagai penghilang rasa sakit atau analgesik. Cara mengolah daun Dewandaru untuk mengatasi rematik cukup sederhana. siapkan sekitar 10 hingga 15 lembar Dewandaru, cuci dulu.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, rebus daunnya dengan tiga gelas air, tunggu hingga mendidih, dan sisakan hanya sekitar segelas air. Konsumsi rebusan dau ndewandaru lebih awal di pagi hari dan di malam hari secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Sumber Astringent

Astringent sendiri adalah zat yang berguna dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi pada tubuh seseorang. Astringents bekerja dengan mengurangi pembengkakan selaput lendir.

Zat yang terkandung dalam buah dewandaru tidak mengandung alkohol dan karenanya tidak berbahaya untuk produk kosmetik. Selain itu, astringent juga efektif menghilangkan iritasi kulit yang disebabkan oleh serangga dan jamur.

Selain buah dewandaru, daunnya juga berkhasiat untuk kesehatan

Selain manfaat buah dewandaru, daun dari tanaman ini juga mepunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun dewandaru sering sekali dijadikan campuran the, sebab bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tidak herah, kalau daun dewandaru yang mengandung zat antihipertensi sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung.

Sementara itu, daun dewandaru yang mengandung anstrigen juga memiliki fungsi menyeimbangkan produksi sebum atau minyak pad kuli kepala. Daun yang memiliki khasiat ini sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan seperti rematik, demam smpai asam urat.

Minyak daun ini juga sering diolah dan dimanfaatkan sebagai campuran berbagai produk kosmetik dan kecantikan. Sebab kandungan antiseptic dan antijamur yang dimilikinya. Selain itu juga daun dewandaru juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat kodisioner, losion dan sampo.

Bila buah dewandaru dikonsumsi secara mentah, rasanya akan asam dan manis yang membuat buaih tropis ini sering diolah menjadi jeli dan selai. Pada beberapa daerah di Amerika Selatan, buh dewndaru juga disantap sebagai saus dan acar.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Dewandaru yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.