Manfaat Buah Kundur yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kundur yang Baik untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Buah Kundur yang Baik untuk Kesehatan – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Kundur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat buah kundur yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai Manfaat Buah Kundur berikut ini.

Manfaat Buah Kundur yang Baik untuk Kesehatan

Bligo atau kundur adalah salah satu dari jenis buah yang terbilang populer di Indonesia. Buah ini masih masuk kedalam kerabat jenis labu-labuan, yng sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan. Selain itu juga memiliki cita rasa yang segar, buah kundur juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Buah kundur juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting seperti Vitamin B1, B2 dan C, zat besi dan kalsium. Dengan berbagai macam kandungan itu dipercaya sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbgai macam penyakit.

Di Indonesia sendirim buah kundur sanagt mudah dijumpai pada pasar tradisional. Dengan mengkonsumsi buah kundur secara rutin akan sangat efektif dalam mengatasi penyakit flu dan mencegah efek buruk yang disebabkan radikal bebas. Selain itu juga, masih banyak manfaat lainnya yang ada pada buah kundur ini.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat Buah Kundur yang Baik untuk Kesehatan

Buah kundur dapat mencegah radikal bebas. Dimana radikal bebas yang ada dalam tubuh bila tidak diimbangi dengan antioksidan maka akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis dalam tubuh. Seperti penyakit hipertensi dan penyakit jantung.

Salah satu metode alterntif yang bisa Anda lakukan dalam menangkal radikal bebas yaitu dengan mengkonsumsi buah kundur.

Buah yang memiliki benruk lonjong ini memiliki berbagai kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

Baca Juga:  Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur

Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau lebih dikenal dengan obesitas menjadi salah satu penyakit yang dialami banyak orang. Salah satu cara alternative untuk mencegah obesitas yaitu dengan mengkonsumsi buah kundur. Dipercaya buah kundur memiliki kaandungan senyawa berupa isothiocyanate yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain itu juga, kandungan bioaktif dalam buah ini juga memiliki peran penting dalam mencegah gangguan metabolism. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat sangat efektif mencegah obesitas dan menghindari dari penyakit berbahaya lainnya.

Mencegah Flu

Manfaat buah kundur selanjutnya yakni dapat membantu mencegah penyakit flu. Dengan kandungan vitamin C dan zinc yang ada pada buah ini memiliki peran penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah virus flu.

Selain itu juga buah ini, dapat mengurangi adanya kemungkinan terkena radang paru-paru dan stroke.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lainnya dari buah kundur yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki system kekebalan tubuh rendah maka akan sangat rentan terkena penyakit.

Sebalikny, orang yang memiliki system imun yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara dalam meningkatkan system kekebalan tubuh yaitu dengan mengkonsumsi buah kundur.

Dengan kandungan nutrisi asam amino dalam buah ini memiliki peran dalam menjaga system pencernaan tubuh. Selain itu juga, kandungan nutris yang ada pada buah ini sangat efektif memperbaiki dalam prose pertumbuhan dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung sudah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Hal yang cukup efektif yaitu dengan mengkonsumsi buah kundur.

Dengan kandungan buah kundur seperti kalsium, zat besi dan efek antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat buah kundur ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi jenis buah ini secara rutin.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah kundur juga dikenal memiliki kandungan fosfor dan kalsium. Sehingga hal tersebut bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan gigi dan tulang.

Baca Juga:  Cara Perkembangbiakan Ikan

Selain itu, bila Anda secara rutin mengkonsumsi buha ini dapat membuat tubuh Anda menjadi semakin kuata dan menjalankan berbagai aktivitas harian dengan penuh energy.

Mencegah Peradangan

Radng adalah salah satu jenis penyakit dengan ditandai ceder, seperti terinfeksi bakteri, luka bakar dan virus pada bagian tubuh. Peradangan bila tidak segera diatasi maka akan menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung sampai kanker.

Dengan manfaat dari buah kundur sangat baik dalam mencegah peradangan. Dipercaya buah kundur memiliki efek anti inflamasi yang memiliki fungsi dalam meredakan peradangan. Selain itu juga, dengan mengkonsumsi buah kundur secara teratur bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

Mengatasi Asma

Manfaat buah kundur lainnya yaitu dapat mengatasi penyakit asma. Buah ini mengandung magnesium yang dapat membantu mengatasi penyakit asma.

Mengonsumsi buah kundur secara teratur dinilai efektif untuk mencegah sesak napas.

Sumber asam folat

Asam folat tidak hanya dibutuhkan untuk ibu hamil. Ketika akan merencanakan program hamil, kebutuhan asam folat di tubuh perempuan harus seimbang dan cukup. Hal ini karena asam folat juga berperan untuk kesuburan kandungan.

Menambah nutrisi tubuh

Nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk semua orang. Termasuk untuk Mama yang akan program hamil. Kebutuhan nutrisi ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah kundur. Buah kundur memiliki mineral dan vitamin seperti zat besi, magnesium, niacin, kalium, piridoksin, mangan, dan asam pantotenat. Nutrisi ini berkontribusi untuk menyiapkan kandungan mama sebelum hamil.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Kundur yang Baik untuk Kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.