Beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

2 min read

Beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan – Sobat Kebun, buah manggis merupakan salah satu buah tropis yang banyak ditemui di negara Asia Tenggara, termasuk di wilayah Indonesia. Di negara kita, buah manggis mempunyai berbagai nama lokal, seperti manggus (Lampung), Manggu ( Jawa Barat), Manggista (Sumatera Barat) dan Manggusto (Sulawesi Utara). Buah manggis sangat disukai dan digemari oleh banyak orang sebab rasanya yang cukup menyegarkan serta manis yang bercampur asam.

Dibalik itu semua buah manggis mempunyai banyak kandungan zat gizi yang sangat berguna bagi kesehatan. Dengan kandungan gizi yang dimiliki manggis, sangat cocok yang menyimpan berbagai nutrisi penti untuk tubuh. Buah manggis tergolong makanan sehat rendah kalori.

Berikut ini beberapa kandungan gizi buah manggis dalam 1 mangkuk atau sekitar 196 gram, yaitu:

Buah manggis adalah buah tropis yang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, manggis memiliki sejumlah nama lokal, seperti manggu (Jawa Barat), manggus (Lampung), manggusto (Sulawesi Utara), atau manggista (Sumatra Barat). Buah ini banyak digemari orang-orang karena rasanya memang menyegarkan, yakni manis bercampur asam.

  • Kalori : 143 kalori;
  • Karbohidrat : 35 gram;
  • Serat : 3,5 gram;
  • Lemak : 1 gram;
  • Protein : 1 gram;
  • Vitamin C : 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian;
  • Vitamin B9 (asam folat) : 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian;
  • Vitamin B1 (tiamin) : 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian;
  • Vitamin B2 (riboflavin) : 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian;
  • Mangan : 10 persen dari jumlah kebutuhan mangan harian;
  • Tembaga : 7 persen dari jumlah kebutuhan tembaga harian;
  • Magnesium : 6 persen dari jumlah kebutuhan magnesium harian.

Mineral dan vitamin dalam buah manggis diantaranya sangat penting dalam mempertahankan banyak fungsi tubuh. Termasuk dalam produksi DNA, penyembuhan luka, kontraksi otot, pensinyalan saraf dan imunitas.

Baca Juga:  Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan

Disamping itu dalam 1 cangkir buah ini menyediakan hampir 12 % dari jumlah kebutuhan serat sehari-hari yang baik bagi tubuh.

Beberapa Manfaat Manggis Bagi Kesehatan

Karena memiliki kandungan gizi, manggis dianggap mempunyai kaya manfaat kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan:

Sumber antioksidan kuat

Beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buah Manggis temasuk salah satu buah yang memiliki sumber antiosidan. Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang bisa menetralisir efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radika bebas. Hal ini berkaitan dengan berbagai penyakit kronis.

Manggis memiliki kandungan beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti folat dan vitamin C. Disamping itu, manggis juga dapat menyediakan xanthones yang merupakan jenis senyawa tanaman unik yang dikenal mempunyai sifat antioksidan kuat.

Pada beberapa penelitian

Manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Selain itu, manggis juga sanggup menyediakan xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthone telah menghasilkan efek anti-inflamasi, antikanker, anti-penuaan, dan antidiabetes.

Dengan demikian, xanthones dalam manggis mungkin bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan potensial. Namun, masih diperlukan banyak penelitian mengenai manfaat manggis itu.

Memiliki sifat antiinflamasi

Pada manggis terdapat xanthone yang berperan dalam mengurangi peradangan. Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa xanthones mempunyai efek antiinflamasi serta bisa mengurangi resiko penyakit radang. Semisal penyakit jantung, kanker serta diabetes.

Memiliki efek antikanker

pada pelajaran populasi menunjukkan bahwa diet yang kaya akan buah dan sayuran semisal manggis berkaitan dengan pengurangan insiden kanker. Senyawa tanaman spesifik pada manggis, termasuk xanthones mempunyai efek antiinflamasi dan antioksidan yang bisa membantu melawan perkembangan dan penyebaran kanker.

Baca Juga:  Pembuatan Kolam Ikan Tanah

Membantu penurunan berat badan

Pada industri kebugaran dan kesehatan, salah satu klaim ketenaran manggis terbesar yaitu potensi dari buah manggis dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi menemukan bahwa tikus yang melakukan diet tinggi lemak yang menerima dosis suplemen manggis mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit dibandingkan kelompok tikus yang tidak diberikan suplemen.

Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Dalam penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa xanthone pada manggis bisa membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Sementara, dalam sebuah studi selama 26 minggi belum lama ini pada wanita gemuk.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka yang menerima 400 mg ekstrak manggis setiap hari, ternyata mempunyai pengurangan signifikan dalam resistensi insulin yaitu faktor resiko diabetes. Buah manggis juga adalah sumber serrat yang baik, yang mana nutrisinya dapat membantumenstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dan serat yang bisa ditemukan pada buah manggis sangat penting untuk membantu sistem kekebalan tubuh yang sehat. Serat diantaranya bisa mendukung pada kerja bakteri sehat didalam usus yang berperan penting pada imunitas. Disamping itu Vitamin C dibutuhkan agar dapat berfungsi sebagai sel imun dan mempunyai sifat antioksidan.

Selain itu beberapa penelitian menunjukan bahwa senyawa pada tanaman tertentu khususnya pada manggis mempunyai sifat antibakteri yang bisa menguntungkan untuk kesehatan. Termasuk dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan memerangi bakteri yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

Demikian penjelasan mengenai Beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.