Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui

Posted on

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Murbei. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa manfaat buah murbei untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat buah murbei berikut ini.

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui

Buah murbei dalam bahasa latinnya Morus Sp. adalah salah satu buah yang berasl dari pohon bernma Morus Alba. Secara bahasa inggris, buah murmei dikenal dengan sebutan mulberry. Ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Shahtoot.

Buah murbei juga masih berkaitan dengan buah sukun dan buah ara. Mungkin banyak yang berfikir bahwa buah murbei memiliki warna merah saja, padahal terdapat buah murbei yang memiliki warna hitam, biru dn putih.

Pohon murbei dapat umbuh sampai ketinggian 3 meter pertahun dan dapat mencapai kematangan penuh pada ketinggian 9 meter. Daun pohon murbei adalah makanan favorit bagi ulat sutera dan akan gugur pada musim dingin dan tumbuh kembali pada musim berikutnya.

Buah murbei umumnya matang selama beberapa bulan dan akan matang secara keseluruhan di bulan Mei. Buah murbei juga sering dijadikan sebagai the, wine, selai, jus buah atau makanan kaleng. Namun buah ini juga dapat dikeringkan dan dimakan sebagai camilan.

Buah murbei biasanya matang selama beberapa bulan dan ia akan matang sepenuhnya pada bulan Mei. Buah murbei umumnya dijadikan wine, jus buah, teh, selai, atau makanan kaleng, tetapi buah ini juga bisa dikeringkan dan dimakan sebagai camilan.

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui

Buah murbei mempunyai cita rasa yang manis serta memiliki struktur buah yang mirip dengan blackberry dan memiliki rasa yang mirip dengan jeruk Bali. Tidak hanya itu saja, kandungan gizi buah ini sangat bermanfaat untuk kesehata.

Mungkin di Indonesia buah ini kurang populer, namun buah murbei atau mulberry merupakan buah yang sangat populer disluruh belahan dunia. Berikut ini beberapa manfaat buah murbei untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui, antara lain:

Baca Juga:  Budidaya Rampai : Syarat, Proses, Pembibitan, Perawatan Serta Pemanenan

Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah murbei dapat melancarkan pencernaan dimana dapat meringankan sembelit dan buah yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Sebab buah murbei memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan tubuh yang memerlukan serat makanan agar dapat membuat pencernaan menjadi lancar.

Dikutip dari Mayo Clinik, serat kan mengembungkan feses di perut dan memfasilitasi pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Dalam proses ini dapat membantu meredakan sembelit, kram perut dan kembung. Dengan pencernaan yang sehat, maka manfaat buah murbei ini akan sangat membantu menjaga berat badan secara optimal dan efisien.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh F. De Ritis Institute and the Catholic University or Sacred Heart di Italia, terbukti bahwa buah murbei efektif untuk membantu penurunan berat badan.

Ditemukan bahwa orang yang mengkonsumsi buah murbei sebagai bagian dari rencana diet seimbang 1300 kalori akan mengalami penurunan berat badan sebanyak 10% dari total berat badan selama 3 bulan.

Para peneliti juga memperhatikan bahwa kelompok yang mengkonsumsi buah murbei putih mengalami penyusutan lemak pada area paha dan pinggang.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat lainnya dari buah murbei khusunya pada murbei putih yaitu dapat membantu menjaga kadar gula darah. Bahan kimia tertentu yang terdapat dalam buah murbei mirip dengan obat yang dipakai untuk mengobati diabetes tipe 2.

Bahwasanya senyawa yang terdapat pada buah murbei putih dapat membantu menjaga kadar guala tubuh pada kisaran optimal dengan secara perlahan memecah gula yang ada pada usus dan membiarkannya diserap secara perlahan ke dalam darah.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat selanjutnya yaitu dapat melindungi tubuh dari kanker. Hal ini sebab kandungan buah murbei memiliki fitonutrien dan antioksidan yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel tumot yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

Buah murbei putih juga kaya akan antosianin yang dapat membantu mencegah sel kanker berkembang. Manfat buah murbei juga mengandung resveratrol dimana memiliki sifat anti kanker. Sifat penghambat kanker resveratrol ini akan dapat membantu memerangi kanker kulit, kanker usus besar, tiroid dan kanker prostat.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Buh murbei juga dapat meningkatkan aliran darah menuju seluruh tubuh, yang dapat mengontrol tekanan darah dan membersihkan darah.

Antioksidan yang terdapat buah murbei dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan menjaganya tetap melebar dan lentur. Sehingga mengarah pada control tekanan darah, sebab ada aliran bebas darah dari jantung menuju pada bagian tubuh lainnya.

Baca Juga:  Pupuk Cair Terbaik Untuk Cabe

Tidak hanya itu saja, manfaat dari buah ini dapat mendorong produksi sel darah merah sebab kaya akan zat besi. Buah murbei juga mengandung polifenol yang dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat. Dengan kandungan potassium pada buah murbei dapat menurunkan tekanan darah.

Sejak dahulu, bauh murbei sudah dipakai sebagai obat herbal dalam mengatasi gangguan kesehatan. Seperti pada pengobatan Tiongkok yang memasukan buah ini kedalam tonik darah meraka yang dipakai dalam membersihkan darah dan meningkatkan produksinya.

Kesehatan Jantung Lebih Baik

Dengan kandungan antioksidan, serat dan kandungan flavonoid yang akan memelihara kesehatan jantung. Dimana senyawa tersebut dapat membantu menjaga aliran darah dengan konsisten yang dapat mencegah serangan jantung dan stroke.

Baik untuk Kesehatan Mata

Sama halnya dengan wortel, manfaat lain dari buah murbei yaitu bagus untuk mata. Buah ini akan dapat meningkatkan penglihatan dan melindungi mata dari radikal bebas yang dapat menyebabkan degenerasi retinal atau kebutaan.

Buah murbei juga mengandung zeaxanthin yang mana dapat membantu mengurangi stress oksidatif dalam sel-sel yang membentuk mata. Mengutip jurnal yang diterbitkan di U.S. National Library of Medicine, karotenoid di dalamnya pun membantu mencegah katarak dan degenerasi makula.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh U.S National Library of Medicine menunjukan bahwa manfaat buah murbei sangat baik dalam melindungi otak, menjaga tetap muda dan waspada.

Buah ini juga menyediakan kebutuhan kalsium bagi otah, sehingga dapat membantu tetap sehat. Buah murbei juga menjadi pengobatan yang sangat baik untuk mencegah Alzheimer.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lainnya dari buah murbei yaitu membantu meningkatkan system kekebalan dengan mengaktifkan makrofag melalui alkaloid yang terkadnung didalamnya.

Makrofag ini dapat menjaga system kekebalan tetap waspada setiap saat. Tidak hanya itu saja, buah murbei merupakan sumber vitamin C yang mana menjadi elemen penguat kekebalan tubuh lainnya.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan Perlu Anda Ketahui, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.