Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Naga. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai manfaat buah naga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat buah naga berikut ini.

Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Buah naga memiliki berbagai zat gizi, yang mana dapat menjaga kesehatan pencernan sampai dapat meredakan masalah kulit semisal jerawat.

Siapa yang tidak mengenenal buah naga? Dengan memiliki bentuk yang unik serta memiliki rasa yang  enak sehingga menjadikan buah ini menarik untuk dikonsumsi. Buah naga ini juga memiliki beberap varian, sebagian ada yang berwarna putih dan sebagian lagi dan yang berwarna ungu kemerahan (nila).

Selain miliki rasa yang enak, manfaat yang terkandung dalam buah naga cukup beragam. Manfaat sehat itu mungkin sebelumnya belum Anda ketahui. Berikut ini beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Kaya Kandungan Cairan

Walaupun lingkungan hidup buah naga pada daerah kering, buah ini memiliki kandungan kadar cairan yang cukup tinggi. Hal demikian membuat salah satu manfaat buah naga bisa mencegah dehidraasi. Juga dapat memberikan sensasi kesegaran saat dikonsumsi.

Sensasi segar ini yang membuat masyarakat suka mengkonsumsi buah naga. Baik secara langsung dimaka, di campur dengan buah lain dan dijadiakan jus.

Sumber Zat Besi

Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Mnfat buah naga sangat luar biasa, diantaranya sebagai sumber zat besi bagi tubuh. Pada tiap 100 gr buah naga memiliki kandungan 1.9 ml zat besi atau setara dengan 11% dari total kebutuhan harian orang dewasa.

Zat besi sangat penting untuk pembentukn hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin sendiri memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dri paru-paru keseluruhan sel yang ada pada tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang tercukipi, anemia tidak akan terjadi.

Baca Juga:  Pupuk Organik : Jenis, Karakteristik Beserta Manfaat

Tidak hanya itu, kandungan zat besi yang ada pada buah naga juga dapat menunjang tumbuh kembang dan meningaktkan kecerdasan anak. Jadi jangalah ragu jika Anda ingin memberikan buah naga pada anak Anda.

Kaya Vitamin C

Buah naga juga terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Sebab itu, manfaat buah naga bisa menjadi sumber vitamin C yang baik. Faktanya jumlah vitamin C yang ada pada buah naga ternyta 3x lipat lebih banyak dibandingkan dengan wortel.

Pada buah naga yang memiliki ukuran 100 gr memiliki kandungan 21 mg vitamin C atau sebanding dengan kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Vitamin C yang ada pada buah naga, selain berfungsi menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebugaran dn kesehatan kulit. Juga memiliki peran dalam mebantu penyerapan zat besi pada saluran pencernaan.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Buh ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Selain itu juga, buah ini merupakan sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik.

Tinggi Serat

Sangat penting untuk menambahkan makanan yang banyak akan serat dalam konsumsi harian Anda. Direkomendasikan bahwa kebutuhan jumlah serat pehari pada wanita yakni sebanyak 25 gr, sedangakn pada pria sebanyak 38 gr.

Buah naga memiliki kandungan serat sebanyak 7 gram untuk sekali sajian. Kandungan serat yang dimiliki buah naga sangat tinggi yang bisa memenuhi kebutuhn serat harian Anda.

Melawan Diabetes

Manfaat lainnya buah naga yaitu dapat membantu menjaga kadar gula Anda tetap stabil. Pada suatu penelitian menyebutkan, bahwa buah naga bisa membantu meregenerasi sel pancreas yang rusak pada penderita diabetes. Nmun, penelitian yang lebih mendalam tentang hal ini masih diperlukan.

Mengurangi Jerawat

Ternyata buah naga juga dapat  diolah menjadi masker, dengn kandungan vitamin C yang dapat mengurangi proses radang pada wajah akibat jerawat.

Cara membuat masker dari buah naga, yakni:

  • Hancurkan buah naga menjadi bentuk pasta
  • Oleskan pada daerah kemerahan di wajah.
  • Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air.
  • Gunakan dua kali sehari sampai radang berkurang .

Membantu Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Selain dapat mengurangi jerawat, manfaat lain buah ini yaitu bisa mengatasi luka kulit akibat berjemur. Dengan kadnugna Vitamin B3 yang tinggi bisa melembabkan kulit yang terbakar. Anda bisa memakai pasta buah naga yang sudah dicampur dengan madu dan timun.

Baca Juga:  Budidaya Nilam : Metode, Bibit, Penanaman, Perawatan Dan Panen

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah naga memiliki kandungan prebiotik yang mana adalah sumber makanan untuk bakteri baik dalam usus. Khususnya untuk bakteri bifidobacteria dan lactobacilli. Kedua bakteri tersebut sangat bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab timbulnya penyakit.

Dengan begitu mengkonsumsi probiotik melalui buah naga akan dapat menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat pada usus Anda.

Sumber Magnesium yang Baik

Buah nga juga memiliki kandungan magnesium yang banyak dibandingkan buah lainnya. Magnesium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dimana memiliki fungsi dalam proses pemecehan energy, pembentukan DNA dan kontraksi otot.

Menekan Peradangan Sendi

Manfaat buah naga ini sangat membantu dalam menekan peradangan artritis dan sendi. Dengan memiliki kandungan antioksidan yang bersifat sebagai anti inflamasi.

Mengatasi Kerusakan Rambut

Rambut yang sudah diwarnai dengan zak kimia dalam reiode lama akan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu manfaat lain dari buah naga sangat baik dalam perawatan rambut yang telah diwarnai.

Caranya Anda bisa memanfatkan buah naga yang telah dibuat jus, lalu oleskan jus tersebut pada kulit kepada Anda sebelum keramas.

Hal demikian akan sangat membantu melindungi kesehatan folikel rambut. Mineral dan vitamin yng ada pada buah ini bisa memberikan nutrisi pada kulit kepala agar petumbuhan rambut tetap sehat.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Selain vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan vitamin A. dengan kandungan vitamin A akan sangat bermanfaat meningkatkan system imun tubuh dan mencegah infeksi.

Mengatasi Penuaan

Dengan mengkonsumsi buah naga akan dapat menjag kulit menjadi kencang dan awet muda. Anda juga bisa memperoleh manfaat dari buah ini dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Rendah Kolesterol

Buah naga juga mempunyai kadar kolesterol yang rendah. Dimana buah ini sangat cocok dalam menjaga berat badan Anda.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Buah Naga yang Sangat Baik Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.