Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Kesehatan – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Buah Nanas. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai manfaat buah nanas yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai Manfaat Buah Nanas berikut ini.

Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Kesehatan

Buah nanas merupakan satu diantara jenis buah yang tidak mengenal musim. Buah ini memiliki cita rasa asam manis yang menyegarkn dan dapat dengaan mudah dijumpai sepanjang waktu. Tidak hanya dapat dimakan secara langsung, nanas juga sering dibuat untuk olahan berbagai macam jenis dan bentuk makanan lainnya. Seperti sirup, selai dan manisan.

Dibalik kelezatan yang dimilik buah ini, buha yang berasa dari tanaman semak ini memiliki beragam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bila ditinjau dari segi kandungan gizi yang dimiliki buah nanas, buah ini memiliki sumber zat pengatur seperti mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi nanas menurut Deprtemen Pertanian AS (USDA) dalam nanas mentah 165 gr memiliki kandungan berupa:

Kandungan gizi nanas

Kandungan nutrisi nnas kalengan relative berbeda dibandingkan dengan nanas mentah. Menurut USDA, bahwa nanas kalengan biasanya lebih tinggi kalori dan lebih tinggi kadar gula. Nanas kalengan juga mengandung lebih sedikit mineral dan vitamin. Bila Anda memilih nanas kalengan, cobalah agar mencari yang tanpa menggunakan gula tambahan.

Manfaat nanas untuk kesehatan

Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalan buah nanas, berikut ini berbagai manfaat buah nanas bagi kesehatan.

Penangkal penyakit

Dilansir dari health Line, nanas tidak hanya kaya akan nutris, namun juga banyak akan antioksidan. Antioksidan merupakan suatu molekul yang dapat membantu tubuh Anda melawan stress oksidatif.

Stris oksidatif merupakan suatu keadaan yang mana ada terlalu banyak rafikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini akan berinteraksi dengan ser tubuh dan dapat mengakibatkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, banyak penyakit berbahaya dan system kekebalan yang melemah.

Baca Juga:  Makanan Burung Love Bird Agar Cepat Bertelur

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal juga sebagai asam fenolik dan flavonoid. Terlebih lagi, terdapat banyak antioksidan dalam nanas terikat. Hal ini dapat memungkinkan antioksidan dapat bertahan dalam kondisi yang lebih keras didalam tubuh dan menghasilkan efek yang lebih tahan lama.

Membantu proses pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut juga bromelain. Enzim ini memiliki fungsi sebagai protease yang dapat memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptide kecil. Setelah molekul protein dipecah, maka zat ini akan lebih mudah diserap didalam usus kecil.

Manfaat nanas bisa sangat membantu untuk orang dengan kekurangan pancreas. Dimana suatu kondisi pancreas tidak bisa membuat enzim pencernaan yang cukup. Bromelain dalam nanas juga bisa dipakai sebagai pelunak daging sebab kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis dengan ditandai pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangan kanker umumnya berkaitan dengan peradangan kronis dan stress oksidatif.

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa buah nana dan senyawanya bisa mengurangi resiko kanker. Hal ini sebab buah nanas bisa meminimalkan stress oksidatif dan mengurangi peradangan.

Salah satu dari senyawa yang sangaat bermnfat dlam mencegah kanker yaitu kelompok enzim pencernaan yang disebut dengan bromelain. Bromelain dikatakan dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan menstimulasi kematian sel.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Nana sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad lamanya. Buah nanas memiliki kandungan berbagai macam mineral, vitamin dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat menekan peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Suaut studi selama 9 minggu terhadap 98 anak-anak yang dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu tidak diberi nanas, diberi nanas dengan jumlah sedang (140 g) dan banyak (280 g) mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan status kekebalan tubuh pada mereka.

Setelah diteliti, bahwa anak yang makan nanas memiliki resiko infeksi virus dan bakteri jauh lebih rendah. Sedangkan, anak yang paling banyak makan nanas hampir memiliki 4x lipat sel darah putih (granulosit) yang dapat melawan penyakit dibandingkan dua kelompok lainnya.

Studi lain menemukan bahwa anak dengan infeksi sinus pulih secara signifikan lebih cepat setelah mengkonsumsi suplemen brolemain, dibandingkan dengan pengobatan standar atau kombunasi keduanya.

Terlebih lagi, pada penelitian sudah menunjukkan bahwa bromelain bis mengurangi tanda-tanda peradangan. Diyakini bahwa sifat anti inflamasi yang sangat membantu meningkatkan system imun tubuh.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Bandeng

Meringankan radang sendi rematik

Karena buah nanas memiliki kandungan bromelain, yang mempunyai sifat anti inflamasi. Buah ini dianggap juga dapat meredakan ras sakit bagimereka yang menderita radang sendi atau arthritis.

Bahkan, dalam penelitian sejak 1960-an menunjukkan bahwa bromelain dipakai untuk meredakan gejala rematik atau rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian terbaru sudah melihat keefektifn bromelain untuk mengobati radang sendi.

Salah satu studi pada pasien dengan osteoarthritis menemukan bahwa mengmbil suplemen enzim pencernaan yang memiliki kandungan bromelain dapat membantu meringankan rasa sakit sama efektifnya dengan obat-obatan arthritis yang umum seperti diklofenak.

Menjaga Kesehatan Tulang

Walaupun buah nanas tidaak mengandung banyak kalsium, buah nanas memiliki kandungan jumlah mangan yang banyak. Mineral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuat tulang smbil mempromosikan pertumbuhan dan perbaikan tulang.

Mangan merupakan mineral buah nanas yang paling terkenal dan satu porsi nanas bisa menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan harian Anda untuk mineral penting ini.

Menjaga kesehatan mulut

Selain antioksidan yang dapat melindungi terhadap kanker mulut, buah nanas juga memiliki kndungan bahan astringen yang bisa memperkuat gigi dan gusi. Selain itu juga kandungan zat dalam nanas bisa mencegah rambut rontok, kulit kendor dan kelemahan otot.

Menjaga Sirkulasi Darah

Buah nanas juga memiliki kandungan mineral tembaga, yang mana sangat penting sebab bekerja pada sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa didalam tubuh. Anda harus juga mengetahui bahwa tembaga adalah elemen penting untuk pembentukan sel dara merah yang sehat. Tingginya jumlah sel darah merah bisa meningkatkan suplai oksigen ke berbagai system organ yang membuat berfungsi secara optimal.

Solusi Efektif untuk Jerawat

Manfaat lain dari nanas adalah dapat menghilangkan jerawat yang membandel karena vitamin C yang dikandungnya. Selain itu, bromelain, enzim anti-inflamasi pada buah ini dapat meningkatkan khasiat penyembuhan kulit yang cenderung berjerawat.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.