Manfaat Buah Pisang

√ 28 Manfaat Buah Pisang dan Kandungannya (Lengkap)

Diposting pada

28 Manfaat Buah Pisang dan Kandungannya (Lengkap) – Disini Kebun.co.id akan membahas lengkap tentang buah pisang. Buah pisang merupakan buah yang umum dijumpai di Indonesia. Buah pisang menjadi salah satu buah yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah ini termasuk buah yang tumbuh di wilayah dengan iklim tropis. Selain harganya yang murah, ternyata buah pisang memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk tubuh.

28 Manfaat Buah Pisang dan Kandungannya (Lengkap)

Berikut ini adalah isi kandungan yang ada pada buah pisang.

Kandungan Buah Pisang

Buah pisang tidak jarang disertakan dalam menu untuk program diet sebab buah ini memiliki kandungan serat yang baik. Dalam 100 gr buah pisang terdapat kandungan gizi seperti berikut.

  • Vitamin B6 (33% dari kebutuhan AKG)
  • Potassium (9% dari kebutuhan AKG)
  • Magnesium (8% dari kebutuhan AKG)
  • Tembaga (10% dari kebutuhan AKG)
  • Vitamin C (11% dari kebutuhan AKG)
  • Mangan (14% dari kebutuhan AKG)
  • Tembaga (10% dari kebutuhan AKG)
  • Serat (3,1 gr)
  • Karbohidrat (24 gr)
  • Lemak (0,4 gr)
  • Protein (3,1 gr)
  • Kalori (105 kcal)
  • Kalsium (5 mg)
  • Kolin (9,8 mg)
  • Fosfor 22 mg

Manfaat Buah Pisang

Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang, tentu banyak pula manfaat yang akan didapat jika mengonsumsi buah yang satu ini. manfaat dari buah pisang di antaranya :

1. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan potassium dalam pisang berguna untuk melancarkan peredaran darah. selain itu, kalium dapat mengatur tekanan darah yang bisa menekan risiko serangan stroke sebagai gejala dari penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mata

kandungan vitamin A dalam pisang yang larut dalam lemak sangat penting dalam melindungi mata. senyawa tersebut memperbaiki membran di sekitar mata dan merupakan komponen protein pembawa cahaya ke kornea mata. Kecukupan asupan vitamin A memperkecil risiko kebutaan.

3. Menormalkan Fungsi Jantung

Konsumsi pisang ketika sarapan bisa menambah nutrisi tubuh yang berguna meningkatkan fungsi jantung. Kandungan elektrolit kalium pada pisang akan langsung menuju ke aliran darah melalui dinding usus. Kalium berada di sekitar sel-sel tubuh serta larut dalam cairan sel. Proses tersebut terus mengalir ke semua sistem tubuh sehingga jantung tetap berfungsi. Kondisi kekurangan kalium yang serius bisa membuat detakan jantung kacau dan berujung pada kematian.

4. Baik Untuk Ibu Hamil

Asam folat dibutuhkan selama kehamilan unyuk mencegah cacat bawaan pada janin. selain itu, kalori dalam pisang berguna dalam pembentukan sel-sel baru pada janin. Pisang pun bisa digunakan untuk mengurangi morning sickness serta mempertahankan kadar gula agar selalu stabil selama kehamilan.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Masyarakat negara maju mengonsumsi pisang saat sarapan dengan mencampurkan sereal dengan potongan pisang sebagai sumber kalori untuk menjalan aktifitas. Suatu penelitian yang melibatkan 200 pelajar menghasilkan data bahwa konsentrasi pelajar meningkat sejak mengonsumsi pisang sebagai menu sarapan. Kalium pada pisang juga dapat menstimulus otak. Kemudian, pisang sebagai awal makanan pada untuk bagi bagus dalam perkembangan otak bayi.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Naga Hasil Maksimal

6. Menurunkan Berat Badan

Untuk orang yang memiliki masalah berat badan, maka dapat mengonsumsi pisang secara rutin sebagai usaha menurunkan berat badan. Hal tersebut karena pisang memiliki kandungan serat yang tinggi guna menjaga rasa kenyang lebih lama serta kandungan kalorinya yang cenderung kecil.

7. Mengobati Jerawat

Pisang dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Langkah pertama, lumatkan daging buah pisang yang telah matang. Kemudian, oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan air.  Cara tersebut bisa diulangi beberapa hari hingga jerawat mengering dan hilang.

8. Mengatasi Diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan manis. Rasa manis pisang yang alami bisa dijadikan alternatif. Pisang Goroho merupakan pisang khas dari Gorontalo yang dikukus dan dicampurkan dengan parutan kelapa muda dapat dijadikan makanan untuk tambahan bagi penderita diabetes.

9. Menyeimbangkan jumlah Cairan

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Kekurangan jumlah cairan tubuh bisa menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh. Oleh sebab itu, jumlah cairan dalam tubuh harus tetap seimbang dan itu bisa dicapai dengan kalium dalam pisang yang berguna untuk menyeimbangkan jumlah cairan pada tubuh.

10. Menyehatkan Tulang

Buah pisang yang dikonsumsi secara rutin bisa berdampak positif pada kesehatan tulang manusia sebab kandungan mangan yang tinggi dalam buah pisang baik bagi kesehatan tulang.

11. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Serat dalam buah pisang yang bernama pektin mengadung pati resisten yang berperan sebagai serat larut dan baik bagi pencernaan. pati resisten dan pektin tersebut bisa menjaga kestabilan gula darah serta mengurangi nafsu makan melalui perlambatan pengosongan perut. Indeks glikemik yang ada dalam pisang tergolong rendah hingga sedang. Indeks glikemik ialah tolak ukur kecepatan makanan dalam meningkatkan gula darah. pisang mentah memiliki indeks glikemik kurang lebih 30 dan pisang matang mengandung indeks dlikemik 60. rata-rata kandungan indeks glikemik pisang yakni 51 yang menunjukkan bahwa tidak membuat lonjakan kadar gula darah yang tinggi pada orang normal.

12. Baik Untuk Pencernaan

Serat dalam makanan diidentikkan dengan banyak manfaat kesehatan terutama sistem pencernaan tubuh. Pisang yang berukurang sedang memiliki kandungan serat kurang lebih 3 gram dan serat ini adalah sumber serat yang baik. Lalu, pati resisten pisang akan menuju sistem pencernaan dan berujung ke usus besar dan menjadi sumber makanan untuk bakteri baik di pencernaan. hasil penelitian mengungkapkan bahwa pektin bisa melindungi tubuh dari kanker usus besar (kolon).

13. Kaya Antioksidan

Buah dan sayur ialah sumber makanan terbaik yang memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, misalnya penyakit jantung, menurunkan risiko kanker juga penyakit degeneratif lain.

14. Pisang Setengah Matang Membantu Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Penyebab utama penyakit diabetes tipe 2 ialah resistensi insulin. hasil penelitian menyebutkan bahwa konsumsi 15 sampai 30 gram pati resisten tiap hari bisa meningkatkan sensitivitas insulin 33% sampai 50%. Sumber pati resisten yang baik salah satunya pisang mentah.

15. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Pisang mengandung potassium yang tidak saja bagus untuk mengontrol tekanan darah, tetapi juga baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Hasil riset menunjukkan bahwa orang yang makan pisang 2 sampai 3 kali tiap minggu mempunyai risiko terkena penyakit ginjal hingga 33% lebih rendah.

Baca Juga:  Budidaya Melon, Panduan Cara Menanam Hasil Maksimal

16. Bermanfaat Ketika Olahraga

Pisang disebut sebagai makanan terbaik untuk atlet sebab kandungan karbohidrat dan mineralnya mudah dicerna. Konsumsi pisang dapat membantu mengurangi nyeri dan kram otot yang muncul ketika olahraga. Dehidrasi dan elektrolit tubuh yang tidak seimbang menyebabkan kram otot dan pisang dapat mengatasi kondisi tersebut. Pisang terbukti memberikan nutrisi yang amat baik sebelum, selama hingga sesudah latihan ketahanan.

17. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid dan antioksidan pisang mampu meningkatkan kesehatan mata. Konsumsi pisang yang cukup bisa mencegah dari terkena penyakit rabun senja, katarak dan glukoma.

18. Menjaga Kesehatan Kulit

Pisang mengadung piridoksin (pyridoxine) atau vitamin B6 dengan kadar yang tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan kulit serta mengatasi beragam masalah kulit misalnya kulit kerung, ketombe dan jerawat.

19. Mengatasi Anemia

Penderita anemia bisa mengonsumsi dua buah pisang setiap harinya dan itu cukup untuk mengatasi sakit anemia yang diderita karena kandungan zat besi pisang yang tinggi.

20. Sumber Energi

Buah pisang tidak sulit untuk dicerna oleh tubuh. Gula yang ada dalam pisang kemudian diubah menjadi sumber energi dengan cepat sehingga bagus untuk kerja otot, pembentukan tubuh serta bisa menghilangkan rasa lelah.

21. Mengatasi Penyakit Usus dan Perut

Campuran susu cair dan pisang dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit usus. Campuran susu dan pisang tersebut juga dapat direkomendasikan untuk pasien penderita kolik atau sakit perut untuk menetralkan asam lambung. Pisang dapat bertindak sebagai anti-inflamasi sebab vitamin C bisa diproses dengan cepat dan mengubah bacillus berbahaya menjadi bacillus baik.

22. Manfaat Untuk Pengidap Liver

Para penderita penyakit liver sebaiknya mengonsumsi dua buah pisang yang ditambahkan dengan 1 sendok madu sebagai penambah nafsu makan dan bisa memperkuat tubuh.

23. Mengatasi Depresi

Kadar triptofan yang ada di dalam pisang yang tinggi dapat diubah menjadi serotonin neurotransmitter di otak sehingga membuat efek bahagia.

Manfaat Buah Pisang

25. Mengatasi Mood

Pisang juga bisa digunakan dalam mengatasi mood yang kurang baik terutama ketika masa PMS. Konsumsi pisang secara teratur bisa mengatur gula darah dan menimbulkan efek rileks yang menhilangkan stres.

26. Menurunkan Hipertensi

Kandungan garam yang rendah yang kalium yang tinggi pada pisang telah mendapat pengakuan resmi dari FDA dalam hal menurunkan tekanan darah dan melindungi tubuh terhadap stroke dan serangan jantung.

27. Prebiotik

Pisang dapat bertindak sebagai prebiotik yang menstimulus pertumbuhan bakteri baik di usus. Bakteri tersebut memproduksi enzim pencernaan guna memaksimalkan penyerapan nutrisi.

28. Membantu Proses Berhenti Merokok

Bagi para perokok yang sedang berusaha berhenti dari kebiasaan merokok yang buruk bisa memanfaatkan kebaikan pisang. Kandungan vitamin B yang tinggi, magnesium dan kalium berguna mempercepat pemulihan efek merokok.

Demikian penjelasan materi 28 Manfaat Buah Pisang dan Kandungannya (Lengkap). Buah pisang memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Konsumsi buah pisang secara teratur dan cukup bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Semoga penjelasan materi di atas memberikan manfaat. Terima kasih.