Manfaat Kompos

2 min read

Manfaat Kompos

Manfaat Kompos – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Manfaat Kompos.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Manfaat Kompos bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Manfaat Kompos berikut ini.


Manfaat Kompos


Pupuk kompos ialah salah satu pupuk organik yang dibuat dengan metode menguraikan sisa-sisa tumbuhan serta hewan dengan bantuan organisme hidup.

Untuk membuat pupuk kompos dibutuhkan bahan baku berbentuk material organik serta organisme pengurai.

Teknologi pengomposan dikembangkan dari proses penguraian material organik yang terjadi di alam bebas.

Terjadinya humus di hutan ialah salah satu contoh pengomposan secara alami. Proses pembuatan pupuk kompos berjalan sangat lelet, dapat sampai berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

Setelah itu umat manusia memodifikasi proses penguraian material organik tersebut. Sehingga pengomposan yang dikelola manusia dapat dilakukan dalam tempo yang lebih pendek untuk jadi pupuk kompos.

Kompos menurut wikipedia merupakan hasil penguraian parsial/tidak lengkap dari kombinasi bahan-bahan organik yang bisa dipercepat secara artifisial.

Oleh populasi bermacam-macam mikroba dalam keadaan lingkungan yang hangat, lembap, serta aerobik ataupun anaerobik (Modifikasi dari J.H.Crawford,2003).

Sebaliknya pengomposan merupakan proses dimana bahan organik menghadapi penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang menggunakan bahan organik sebagai sumber tenaga.

Membuat kompos merupakan mengontrol serta mengendalikan proses alami tersebut supaya kompos bisa terbentuk lebih cepat.

Proses ini meliputi membuat kombinasi bahan yang seimbang, pemberian air yang cukup, pengaturan aerasi, serta akumulasi aktivator pengomposan.

Manfaat Kompos


Manfaat Pupuk Kompos

Walaupun berasal dari bahan-bahan organik yang “busuk”, tetapi pupuk kompos nyatanya mempunyai banyak manfaat loh untuk tanaman. Beberapa manfaatnya dapat ditinjau dari berbagai segi:

  • Segi Ekonomi

Manfaat sangat utama untuk petani ataupun owner tanaman ialah dapat dilihat dari segi ekonomi. Bagaimana tidak?

Baca Juga:  √ Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Sebab pupuk kompos dibuat dari bahan-bahan alami, pasti perihal ini bisa mengirit anggaran semasa perawatan tanaman. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak buat membeli pupuk.

Alokasi biaya buat pupuk dapat Kamu mengalihkan buat membeli kebutuhan yang lain, misalnya bibit yang lebih unggul, ataupun bermacam keperluan yang lain.

  • Segi Lingkungan

Pupuk kompos dipastikan tidak akan mencemari lingkungan, sebab dibuat dari material organik (alami).

Dalam perihal ini, tanah serta air jadi 2 faktor sangat diuntungkan. Keduanya selalu “aman” sebab pupuk kompos sama sekali tidak memiliki bahan kimia yang beresiko.

Tidak hanya itu, sampah organik yang dibiarkan begitu saja malah hendak memunculkan bermacam penyakit untuk lingkungan, termasuk manusia.

Maka dikala sampah diolah jadi pupuk kompos maka pasti saja bisa kurangi potensi munculnya penyakit untuk makhluk hidup di sekitarnya.

  • Manfaat Untuk Tumbuhan

Manfaat pupuk kompos yang sangat utama ialah buat tanaman itu sendiri. Pupuk kompos sanggup meningkatkan komposisi faktor hara, mineral ataupun nutrisi lain dari dalam tanah.

Unsur-unsur inilah yang sangat diperlukan oleh tanaman. Kala tanaman sudah terpenuhi kebutuhan mineral serta faktor haranya, maka jelas tanaman bisa berkembang produktif, sehat, dan menciptakan panen yang berkualitas.

  • Manfaat Untuk Tanah

Tidak hanya memicu ketersediaan faktor hara serta bermacam nutrisi dalam tanah, pupuk kompos pula memberikan manfaat lain untuk tanah, antara lain:

    • Sistem Drainase

Pupuk kompos sanggup membenarkan sistem drainase secara alami di dalam tanah. Dengan sistem drainase yang baik, maka tanaman hendak memperoleh konsumsi air yang cukup, serta tanaman hendak nampak lebih fresh.

    • Perputaran Udara

Sebanding dengan sistem drainase yang baik, maka perputaran udara pula jadi terus menjadi baik.

Baca Juga:  Ternak Ayam Petelur Mudah Hasil Memuaskan

Tidak hanya air ataupun mineral, tanah pula membutuhkan konsumsi oksigen. maka, perputaran udara pula sangat penting untuk tanah.

    • Daya Serap

Tidak cuma itu, daya serap tanah juga jadi bertambah kala telah diberikan pupuk kompos. Saat Kamu menyirami tanah ataupun tanaman, air akan dengan cepat terserap ke dalam permukaan tanah tanpa menimbulkan genangan.

    • Tanah Jadi Gembur

Bila tekstur tanah di lahan Kamu membeku, maka pupuk kompos merupakan pemecahan yang pas.

Alasannya, pupuk ini bisa membuat tanah yang keras jadi lebih gembur. Dengan begitu, tanah jadi lebih siap buat ditanami bermacam jenis tanaman.

    • Menetralkan pH Tanah

Keadaan tanah yang asam tidak akan sesuai dijadikan media tanam. Supaya pH tanah normal ataupun netral, maka Kamu dapat meningkatkan pupuk kompos di atas permukaannya.

Proses penguraian alaminya bisa menolong menetralkan kandungan keasaman tanah.

Manfaat pupuk kompos bisa dialami secara nyata oleh para petani. Tidak cuma buat petani yang mempunyai lahan luas, Kamu juga dapat memberikan pupuk kompos buat tanaman hias di rumah.

Tetapi, banyak sedikitnya pupuk pula wajib disesuaikan ya dengan jumlah tanaman.

Demikian penjelasan kami tentang Manfaat Kompos dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.