Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Manfaat Pisang Ambon. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan berbagai manfaat pisang ambon bagi kesehatan tubuh dan dapat pertahankan memori hingga redakan nyeri. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai manfaat pisang ambon berikut ini.

Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Buah pisang adalah salah satu dari jenis buah yang banyak dikenal di Indonesia. Walaupun terdapat lebih dari 100 lebih jenis pisang, pisang ambon merupakan buah pisang yang umum dan memiliki varietas yang paling populer.

Sesuai dengan namannya, pisang ambon adalah salah satu tanaman asli di Indoensia, terkhusus di daerah Ambon. Untuk sekarang ini pisang ambon telah banyak dibudidayakan, baik dipemukiman penduduk ataupun kebun. Banyak sekali orang yang gemar dengan jenis pisang ini, sebab mempunyai rasa manis yang pas sesuai dengan selera orang.

Pisang ambon juga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, pisang yang telah matang bisa langsung dikupas atau diiris, diawetkan dan dikeringkan. Sedangkan buahnya yang masih hijau umumnya dicuci bersih dengan menggunakan air mendidih, dikupas, diiris dan kemudian dijadikan kripik pisang.

Bisa juga ditumbuk atau dikeringkan menjadi bentuk seperti tepung yang biasanya dipakai untuk membuat bubur dan roti. Tepung pisang sangat baik untuk penyembuhan berbagai penyakit pada system pencernaan. Contohnya disentri, diare, lambung, radang usus dan gangun pencernaan lainnya.

Pisang ambon telah banyak dikenal oleh masyarakat dan menjadi salah satu buah alternative yang digunakan sebagai makanan penutup.

Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan

Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut beberapa manfaat pisang ambon bagi kesehatan, dilansir dari Dr. Health Benefits antara lain yaitu:

Sebagai Sumber Energi

Manfaat pisang ambon yakni sebagai salah satu sumber energy.  Kandungan gizi dari pisang ambon yaitu kalori 99 kkal/100gr. Hal ini bisa membantu memenuhi kalori ekstra yang diperlukan tubuh dalam proses metabolisme.

Baca Juga:  Manfaat Kantong Semar

Walau tidak begitu besar, kandungan kalori yang ada pada pisang ambon dapat dijadikan makanan alternative untuk membuat perut kita terasa kenyang saat kita kelaparan.

Mengurangi gangguan usus

Bagi penderita gangguan oran lambung dan usus, kandungan dari pisang ambon dapat dipercaya membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

Caranya cukup simple dan mudah, hanya dengan mengkonsumsi jus pisang ambon yang sudah dicampur dengan susu khasiat kesehatan rutin tiap harinya. Pisang ambon dan beberapa jenis pisang lainnya diketahui dapat menetralkan asam di lambung sehingga sangat baik dalam menenangkan perut.

Kaya Asam Folat

Pisang ambon memiliki kandungan asam folat, dimana para ahli gizi sangat menganjurkan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang. Sebab terdapat kandungan nutrisi dari pisang ambon yakni asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui kandungan. Hal demikian sangat berguna dalam membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Wanita hami yang kekurangan asam folat bisa menimbulkan adanya gnguan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Hal inilah yang menyebabkan kelumpuhan, meningkatkan resiko keguguran atau kerusakan jaringan otak. Untuk itulah, bagi seorang wanita hamil ada baiknya untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuhnya.

Mengobati anemia

Anemia adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menimbulkan penderita merasa lemas dan lesu. Hal ini disebabkan jumlah sel dara merah yang ada dalam tubuh dibawah normal.

Manfaat Fe atau zat besi dalam pisang ambon yang tinggi akan sangat membantu dalam mengatasi ganguan anemia. Agar dapat mengingkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Menurunkan Resiko Diabetes

Selain dari beberapa manfaat pisang ambon bagi kesehatan yang telh disebutkan, ternyata buah pisang ini memiliki rasa manis yang memiliki khasiat dalam mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes type 2.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kandungan gula yang sederhana pada pisang ambon dapat dengan mudah diserap tubuh. Sehingga bisa membantu dalam mengontrol kadar gula pada penderita diabetes.

Mengobati gangguan liver

Bagi Anda yang menderita ganguan liver atau fungsi liver sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi dua buah pisang ambon yang sudah dicampur dengan satu sendok madu.

Baca Juga:  √ 28 Manfaat Buah Pisang dan Kandungannya (Lengkap)

Hal ini dipercaya bisa membantu meningkatkan nafsu makan sekaligus dapat meningkatkan stamina bagi seseorang yang menderita gangguan liver

Membantu pengobatan hipertensi

Bagi Anda yang menderiata tekanan darah tinggi atau hipertensi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ambon. Dimana kandungan senyawa kalium dalam pisang ambon dapat membantu mengatur fungsi jantung, sarat, aktivitas otot dan tekanan darah.

Kalium juga bisa mengatur keseimbangan elektrolit dan cairan, menjaga tekanan darah dalam kodisi normal. Dengan kandungan serta yang ada pada pisang ambon dapat berfungsi mengikat lemak yang ada pada pembuluh darah.

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani proses diet, makan pisang ambon akan dapat membantu program ini. Hal ini disebabkan kandungan karbohidrat yang terkandung pada pisang ambon tidak berpengaruh pada peningkatan kadar glukosa darah secara drastis.

Pisang ambon juga sangat rendah lemak, yang mambuat aman dalam mendukung program diet. Serat yang dimiliki pisang ambon juga dapat mempengaruhi penurunan berat badana dan mempercepat proses metabolisme tubuh.

Lancarkan sistem pencernaan

Manfaat pisang ambon berikutnya yaitu bisa membantu melancarkan pencernaan. Gangguan pada system pencernaan pada tubuh manusia bisa disebabkan dari adanya kesalahan pola makan yang dikonsumsi. Pisang ambon sangat kaya akan serat yang bisa membantu dalam proses pencernaan.

Selain itu juga terdapat manfaat vitamin B atau B6 yang dapat menangkal diare. Pisang ambon juga mempunyai khasiat antasida yang mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi pisang secara rutin akan memiliki dinding perut yang kuat dibandingkan orang yang menghindari konsumsi pisang.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.