Manfaat Pucuk Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

2 min read

Manfaat Pucuk Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

Manfaat Pucuk Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan – Pada pembahasan ini akan membahas mengenai manfaat pucuk merah. Yang mana dalam pembahasan ini menjelaskan beberapa manfaat pucuk merah bagi kesehatan tubuh dan lingkungan. Dengan secara singkat dan jelas, lebih jelasnya lihat artikel Kebun berikut ini.

Manfaat Pucuk Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

Bagi Anda yang sangat hobi menanam atau berkebun tanaman, mungkin Anda telah cukup familiar akan tanaman pucuk merah. Tanaman yang mempunyai paras yang cantik dan unik ini adalah tanaman perdu hias yang cukup populer bagi kalanagan penggemar tanaman.

Tidak sekedar bisa memberikan kesegara pada rumah Anda, tanaman pucuk merah yang idealnya ditempatkan pada bagian outdoor ini ternyata mempunyai banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. Apa saja sih manfaat tanaman pucuk merah ini?

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pagar

Manfaat pucuk merah umumnya sebagai pagar natural yang dapat Anda lakukan dengan motong bagian tumbuhan ini. Kemudian di tanam didalam tanah selama beberapa waktu. Dengan demikian sistem akar akan mulai terbentuk dengan optimal yang mana akan tumbuh menyerupai pagar.

Biarkan tanaman ini tumbuh rimbun supaya bisa menutupi area taman didepan rumah dengan lebih menyeluruh. Tanaman ini dapat tumbuh dengan diameter samapai 30 cm dan memiliki ketinggian sampai 7 meter. Pagar tanaman pucuk merahpun siap menjadi halaman dirumah Anda menjadi rimbun dan sangat asri.

Baca Juga:  Jarak Tanam Kelapa Sawit

Menambahkan Unsur Estetika di Halaman

Manfaat Pucuk Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan

Tanaman pucuk merah dengan memiliki gradasi warna yang indah dan unik, tidak sekedar hanya bisa dimanfaatkan sebagai pagar saja. Tanaman ini juga dapat memperindah halama rumah Anda sebab bisa sipangkas menjadi berbagai bentuk yang unik seusai dengan keinginan Anda yang dapat memanjakan mata yang melihatnya.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pewarna Makanan

Masakan hidangan dengan pewarna kimia pastinya bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh Anda. Namun tanaman pucuk merah bisa menjadi salah satu alternatif pewarna makanan alami selayaknya daun pandan atau daun suji, sehingga cukup aman untuk di konsumsi bagi semua orang.

Sebagai Antioksidan Alami dan Obat Diabetes

Tanaman pucuk merah juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, seperti kandungan yang dimiliki pucuk merah yakni senyawa polifenol yang terdapat pada bagian daun. Kandungan ini bisa dipakai melindungi sel beta pankreas yang disebabkan radikal bebas yang sangat berbahaya dan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres.

Selain itu juga tanaman ini terdapat pula kandungan flavonoid yang sangat efektif dalam mencegah penyakit diabetes dan komplikasinya.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pengharum Ruangan

Selain daun pucuk merah yang dapat tumbuh lebat, tanaman ini mempunyai kandungan minyak atsiri yang di ekstrak dari bagian daunnya. Binyak atsiri dari tanaman pucuk merah mempunyai aroma yang sangat khas dan unik. Hal ini Anda dapat memanfaatkan tanaman ini sebgai pengharum ruangan yang sangat menyegarkan tentunya.

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Penyerap Karbon

Bila dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, tanaman ini mempunyai kemampuan lebih banyak untuk menyerap karbondioksida. Oleh karena ini bila Anda ingin meningkatkan kadar oksigen dan mencipkan hunian yang sehat, tidak ada ruginya untuk menanam pucuk merah dan Anda dapat merasakan kesegara udara yang dikeluarkannya.

Baca Juga:  Cara Menanam Singkong : Petunjuk, Pengolahan, Perawatan Dan Panen

Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pencegah Longsor

Pada tanaman pucuk merah mempunyai struktur akr tunggang yang sangat kuat dan kokoh. Dengan kelebihan ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai upaya untuk pencegahan longsor. Apalagi bial Anda memiliki tempat tinggal yang ada pada kawasan perbukitan yang cukup rentan terjadinya bencana longsor. Bahkan pada akar tanaman ini bisa menyimpan cadangan air yang cukup banyak yan bisa diandalkan pada saat musim kemarau tiba.

Cara mengolah tanaman pucuk merah

Agar bisa merasakan banyak manfaat dari pucuk merah tersebut, Anda dapat mengola tanaman ini dengan berbagai macam seperti:

  • Diolah menjadi teh

Seperti halnya tanaman lainnya, bagian pucuk merah yang dapat di ambil untu kdiolah sebagai teh yaitu bagian pucuk yang masih berwarna merah.

Anda dapat jemur pucuk daun merah, lalu jemur sampai kering hingga kadar air dibawah sepuluh persen.

Bila telah kering Anda dapat merebus daun teh sampai menghasilkan warna coklat kekuningan layaknya seduhan daun teh.

  • Dijadikan minyak esensial

Tanaman Pucuk merah juga dapat diolah menjadi minyak esensial. Sebagaimana menurut penelitian, bahwa aroma yang dihasilkan oleh olahan minyak esensial dari pucuk merah sangat khas.

Aroma ini hadir berkat kandungan minyak atsiri yang terdapat pada daun muda berwarna merah Cara mengolah tanaman ini yaitu dengan meremas bagian daun pucuk merah, sehingga menghasilkan cairan berupa ekstrak etanol.

Demikian penjelasan mengenai Manfaat Pucuk Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Lingkungan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.