Media Tanam Bunga Mawar

1 min read

Media Tanam Bunga Mawar

Media Tanam Bunga Mawar – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Media Tanam Bunga Mawar.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Media Tanam Bunga Mawar bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Media Tanam Bunga Mawar berikut ini.


Media Tanam Bunga Mawar


Mawar merupakan salah satu tanaman hias yang paling sering ditemukan dan dikenal oleh masyarakat.

Selain itu, bunga mawar juga sering dijadikan bunga potong yang dijadikan hadiah untuk diberikan kepada orang lain karena memiliki sosok yang cantik.

Media tanam mawar yang baik haruslah berpori karena dapat memberikan udara pada saat kondisi media tanam kering. Sedangkan saat basah, udara di pori-pori akan tergantikan oleh air.

Proses pergantian udara dan air harus terus menerus karena sangat diperlukan untuk pertumbuhan akar yang sehat.

Dalam pertumbuhannya, mawar membutuhkan perhatian khusus terutama pada bagian akarnya. Akar mawar tidak bisa bersaing dengan akar tanaman lain.

Selain itu, mawar akan tumbuh optimal jika mendapat sinar matahari yang cukup, sekitar 5-6 jam per hari dengan sistem drainase dan aerasi yang baik.

Hal inilah yang menyebabkan mawar membutuhkan media tanam yang berpori. Pada umumnya mawar bisa langsung ditanam di tanah secara permanen.

Media Tanam Bunga Mawar


Media Tanam Untuk Bunga Mawar

Media yang tepat untuk menanam mawar adalah tanah liat berpasir yang memiliki kandungan liat sekitar 20-30 persen. Tanah liat berpasir dapat diperoleh dari pencampuran tanah liat dan tanah berpasir.

Namun, mawar yang ditanam dalam pot biasanya menggunakan media tanam dengan campuran tanah pucuk, pupuk kandang, dan sekam bakar.

Baca Juga:  Cabe Domba Adalah : Jenis Cabe Terpedas Di Dunia

Berikut beberapa formula komposisi media tanaman mawar yang bisa Anda pilih dan gunakan.

  • Formula 1: tanah pucuk, sekam bakar, dan pupuk kandang / kompos dengan perbandingan (1: 1: 1)
  • Formula 2: tanah pucuk, sekam mentah, dan pupuk kandang / kompos dengan perbandingan (1: 1: 1).
  • Formula 3: tanah pucuk dan pupuk kandang / kompos dengan perbandingan (4: 1)

Selain komposisi dan jenis media tanam, Anda juga harus memperhatikan kondisi keasaman dan kandungan hara pada media tanam. Tingkat keasaman yang ideal untuk mawar adalah 5,5-7,0.

Pada media tanam dengan pH asam sekitar 5.0, sebaiknya media tanam ditambahkan dolomit, kalsit, atau kapur zeagro dengan dosis 4-5 ton / hektar.

Kapur berfungsi untuk meningkatkan pH, menambah Ca dan Mg untuk meningkatkan kehidupan mikroorganisme di dalam tanah, memperbaiki bintil akar, mengurangi keracunan, dan meningkatkan ketersediaan unsur hara mikro.

Demikian penjelasan kami tentang Media Tanam Bunga Mawar dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read