Panduan Cara Menanam Bibit Jeruk Dekopon Di Lahan Lepas

2 min read

Panduan Cara Menanam Bibit Jeruk Dekopon Di Lahan Lepas

Panduan Cara Menanam Bibit Jeruk Dekopon Di Lahan Lepas – Dalam menanam bibit jeruk dokopon tentu sangat mudah pada kondisi area lahan lepas. Namun berbeda bila hal tersebut dilakukan oleh pemula, berikut Kebun akan memberikan beberapa tips cara menanam bibit jeruk dekopon pada area lahan lepas yang dapat dilakukan oleh pemula.

Panduan Cara Menanam Bibit Jeruk Dekopon Di Lahan Lepas

Supaya dalam pembahasan ini tidak melebar terlalu jauh, maka akan kami contohkan bibit jeruk dekopon yan akan ditanam pada lahan lepas, berikut langkahnya:

Membuang semua gulma

Hal awal yang perlu Anda lakukan yaitu membuang atau membersihkan gulma yang ada pada lahan. Anda dapat menggunakan dengan cara mencangkul atau mencabut gulma tersebut. Bersihkan juga tanaman liar yang ada pada sekitaran tempat tumbuhnya bibit jeruk dekopon.

Penyesuaian ukuran lubang tanam

Dalam proses ini Anda dapat menyesuaikan ukuran lubang tanam bibit jeruk dekopon. Dalam artian lubang yang dipergunakan untuk menanam tentu harus sesuai dengan ukuran diameter dari akar bibit jeruk dekopon. Akan tetapi lebih baiknya buat lubang dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini berguna agar akan yang akan dimasukan lebih leluasa dan tidak terjadi pergesekan antara akar dan tanah. Misalnya jika diameter bibit jeruk dekopon 30 cm2 maka buat lubang dengan ukuran diameter 35 cm2.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga

Persiapan pupuk organik

Dalam pemberian pupuk organik Anda bebas memilihnya, pupu ini akan digunakan pada awal penanaman bibit jeruk dekopon. Namun kami lebih menyarankan untuk menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing.

Sebab lebih tahan terhadap pembusukan dan mempunyai unsur yang lebih baik bila dibandingkan pupuk organik lain. Setidaknya pemakaian agar menggunakan yang telah kering atau mulai dari awal pembelian agar dibiarkan selama satu bulan agar tidak terlalu panas pada bagian perakaran.

Memasukan pupuk organik kedalam lubang

Langkah selanjutnya yaotu memasukan pupuk organik pada lubang tanam yang telah dipersiapkan. Namun perlu diperhatikan agar menyesuaikan dengan kebutuhan serta ukuran ketinggian dari bibit jeruk dekopon yang akan ditanam. Misalnya jika bibit jeruk yang dipakai berukuran ketinggian 50 cm maka dapat menggunakan pupuk organik sebanyak 1/2 kg (basah)

Mengairi lubang

Sebelum menanam bibit jeruk dekopon, usahakan agar pupuk organik yang telah dimasukan pada luabang diberikan air terlebih dahulu. hal ini berfungsi supaya pupuk lebih mudah hancur dan bibit jeruk yang akan ditanam bisa mencari sumber air pada pupuk organik itu.

Menggemburkan pupuk organik

Supaya pupuk organik dapat dengan mudah diserap oleh akar, maka Anda dapat melakukan menggemburkan pupuk organik terlebih dahulu. perlu diperhatikan sebelum bibit jeruk dimasukan pada lubang tanam agar digemburkan terlebih dahulu. tujuannya supaya akar dapat dengan mudah menyerap unsur hara yang terkandung dalam pupuk organik.

Memasukan bibit jeruk ke dalam lubang

Panduan Cara Menanam Bibit Jeruk Dekopon Di Lahan Lepas

Setelah persiapan lahan sudah selesai, selanjutnya dapat memasukan bibit jeruk dekopon ke dalam tanah. Namun sebeleum Anda memasukan bibit jeruk terlebih dahulu lepaskan wadah tersebut. Umumnya wadah yang digunakan berupa kantong plastik atau polybag yang berwarna putih atau hitam.

Baca Juga:  Manfaat Buah Pir, Jenis dan Cara Menanamnya Dalam Pot

Bibit jeruk harus tegak

Posisikan bibit jeruk dekopon agar berdiri tegak, bila tidak bisa usahakan dengan memberi ajir pada bagian lain. Hal ini berguna sebagai penompang bibit jeruk dekopon dapat berdiri tegak serta menghidari rentan robohnya bibit.

Penyiraman bibit jeruk

Bila sudah sekira bediri tegak, maka selanjutnya Anda dapat menyiram bibit jeruk dekopon itu. Hal ini berguna supaya akar menjadi basah serta sebagai cadangan makanan awal pertumbuhan.

Tutup bibit jeruk dengan media tanam

Bila bibit jeruk telah di siram, kemudian Anda dapat menimbun bagian perakaran dengan media tanam. Gunakan penimbunan perakaran memakai tanah yang subur. Hal ini berfungsi agar dapat mempercepat proses pertumbuhan dari bibit jeruk dekopon.

Menekan permukaan media tanam

Tujuan dari menekan permukaan pada media tanam yaitu supada dapat membentu berdirinya bibit jeruk dekopon aga dapat tumbuh lebih kokoh. Bila tidak menekan pada permukaan media tanam dapat dengan mudah roboh bibit jeruk dekopon.

Tutup kembali bibit jeruk dengan media tanam

Tahap terakhir yaitu menutup kembali permukaan dengan menggunakan media tanam. Hal ini perlu dilakukan sebab dapat saja media tanam yang telah diberikan .berkurang sebab proses pemadatan.

Harga bibit jeruk dekopon

Berikut ini beberapa daftar harga bibit jeruk dekopon dilihat dari segi kualitas dan ukurannya:

  • Bibit jeruk dekopon SEDANG BERBUAH (PREMIUM) kisaran harga Rp350.000,-.
  • Bibit jeruk dekopon Tinggi 1 meter up kondisi pernah berbuah kisaran harga Rp100.000,-.
  • Bibit jeruk dekopon Tinggi 70 cm kisaran harga Rp. 30.000,-.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bibit Jeruk Dekopon Di Lahan Lepas, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.