Cara Menanam Binahong : Metode, Persiapan, Pembibitan, Perawatan Dan Memanen

3 min read

Cara Menanam Binahong : Metode, Persiapan, Pembibitan, Perawatan Dan Memanen

Cara Menanam Binahong : Metode, Persiapan, Pembibitan, Perawatan Dan Memanen – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Binahong.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Binahong bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Binahong berikut ini.


Cara Menanam Binahong : Metode, Persiapan, Pembibitan, Perawatan Dan Memanen


Sebagian tumbuhan obat telah banyak kita jumpai dalam kehidupan hari – hari. Terdapat yang banyak ditemui didapur maupun yang telah diracik jadi obat.

Binahong, Tumbuhan rambat yang memiliki banyak manfaat serta khasiat. Tumbuhan pendatang baru ini tidak sering kita temui didapur.

Mayoritas ditemui dipekarangan rumah, kebun kecil ataupun juga didalam pot. Sebab disamping penggunaanya sebagai tumbuhan obat pula sangat ampuh apabila digunakan sebagai tumbuhan hias didepan rumah.

Pada perumahan yang lahan tanahnya sangat sedikit dapat digunakan didalam pot yang berukuran cukup.

Ditanam di sebagian pot misal 3 pot saja, telah dapat memperindah bagian depan rumah pula melindungi kesehatan kamu. Triknya cukup gampang, cuma dengan membeli 3 pot plastik serta 1 roll tali kalas.


Metode Budidaya Daun Binahong

Penentuan Posisi Tanam

Yang pertama – tama dicoba dalam budidaya tumbuhan binahong ialah dengan memastikan posisi tanamnya. Tumbuhan binahong ini terkategori tumbuhan yang dapat hidup baik di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Cuma saja baiknya dijauhkan dari tepian laut sebab aerosol air asin bisa mengganggu daun binahong. Nah beberapa kriteria posisi lahan tanam binahong merupakan:

  • Dekat sumber air buat penyiraman
  • Terserang lumayan cahaya matahari (minimun 5 jam perhari)
  • Tanah yang gembur
  • Tanah kaya hendak unsur hara
  • Mempunyai tingkatan pH tanah yang balance (5, 5 – 7)
  • Bila kamu mempunyai pagar rumah, maka kamu dapat menjadikannya rambatan ataupun bila tidak terdapat maka kamu dapat membuat media rambatan dengan menggunakan kayu serta tali.
Baca Juga:  √ Mengenal Jenis-Jenis Kelinci Budidaya

Menggali Lubang Tanam

  • Bila kamu mau daun yang dihasilkan lebih banyak hingga baiknya kamu menggali lubang yang banyak pula.
  • Triknya yakni dengan menggali tanah yang hendak ditanami binahong dengan dimensi 30×3 centimeter dengan kedalaman 20 – 30 centimeter.
  • Jarak tanam dapat cuma dekat 40 centimeter saja. Berikutnya lubang tanam ini wajib diisi pupuk dasar terlebih dulu.

Kamu dapat menggunakan taman ataupun pekarangan rumah kamu buat ditanami tumbuhan binahong. Sebab watak tumbuhan ini merambat, hingga kamu membutuhkan media rambatan semacam ajiran ataupun pagar.


Persiapan Bibit Binahong

Pemilihan Bibit dari Biji Daun Binahong

Pemilihan biji bermutu pastinya bisa kamu beli di toko pertanian terdekat rumah kamu. Ataupun kamu dapat mengambil biji dari tumbuhan yang telah kamu miliki sebelumnya.

Buah binahong yang sangat baik buat dijadikan bibit ialah dengan biji yang bercorak gelap (telah tua).

Sehabis kamu mendapatkannya rendam biji dengan memakai air hangat selama satu malam. Tambahkan pula tumbukan bawang merah halus kedalam media rendam sebagai zat pengatur berkembang natural.

Sehabis perendaman berakhir kamu lakukan, tiriskan maka biji benar benar kering. Langkah berikutnya ialah penyemaian.

Berikut tahapan penyemaian bibit ialah bagaikan berikut:
  • Buat media semai dapat kamu memakai kertas tisu yang telah dibasahi.
  • Taruh sebagian biji binahong di atasnya setelah itu tutup kembali memakai tisu.
  • Penrcikan air pada media semai setelah itu masukan pada box plastik setelah itu tutup rapat.
  • Pindahkan bibit ke suatu media semai polybag dengan isi tanah serta pupuk dengan perbandingan dekat 2: 1.

Pemilihan Bibit dengan Stek Batang

Pada tata cara ini perihal yang sangat penting ialah stek berasal dari indukan sehat dan tidak terkena penyakit.

Sehabis kamu memproduksi suatu bibit unggul, potong sebagian batang tumbuhan serta daun binahong setelah itu tancamkan pada media semai polybag semacam diatas.

Cara Menanam Binahong : Metode, Persiapan, Pembibitan, Perawatan Dan Memanen


Metode Menanam Daun Binahong

Sehabis semua siap, lekas lakukan penanaman. Gali kembali lubang tanam yang tadinya telah terbuat dengan dimensi membiasakan media tanam bibit, setelah itu siram lubang tanam tersebut dengan insektisida serta fungisida.

Baca Juga:  11 Manfaat Cangkang Telur Bagi Kehidupan Sehari-hari

Setelah itu, buka polybag bibit serta tanam bibit binahong ke dalam lubang tanam kemudian timbun kembali dengan tanam, sedikit padatkan serta jalani penyiraman lekas.

Sebab ialah tumbuhan merambat, tumbuhan binahong diberi ajir buat merambatkan sulurnya. Ajir tersebut bisa berbentuk lapisan kayu maupun tali.

Bila penananaman dekat tembok ataupun pagar hingga bisa dimanfaatkan bagaikan media rambat.

Metode Menjaga Tumbuhan Binahong

Lakukan penyiraman secara teratur ialah tiap 5 – 7 hari sekali seperlunya saja jangan sangat menggenang.

Tidak hanya itu lakukan pula pemupukan susulan dengan memakai pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 1 gelas NPK buat 40 liter air.

Pemupukan tersebut dicoba tiap 10 – 14 hari sekali dengan metode dikocorkan pada lubang yang terbuat dengan jarak dekat 10 centimeter dari pangkal tumbuhan binahong.


Hasil Panen serta Isi Tumbuhan Binahong

Tumbuhan binahong dapat mulai dipanen kala batangnya sudah berganti corak jadi kecoklatan serta nampak kuat.

Tidak hanya itu daunnya bercorak lebih hijau serta akarnya telah bisa melilit pada zona dekat media tanam semacam batu ataupun batang tumbuhan serta yang lain.

Bagian yang dapat diambil panennya merupakan daunnya baik yang masih muda ataupun yang telah tua. Pangkal serta batangnya pula bisa diambil, sebab tiap organ dari tumbuhan binahong bisa digunakan seluruh.

Perihal ini diakibatkan binahong mempunyai beberapa jenis isi senyawa semacam saponin, polifenol, alkoloid serta minyak astiri.

Saponin ialah senyawa yang memiliki keahlian menghemolisis sel darah. Sebaliknya polifenol berbentuk senyawa yang bertabiat hemolitik kepada sel darah.

Kemudian buat alkoloid yang sifatnya basa sanggup mencegah radikal leluasa serta toksim ataupun toksin dalam badan. Setelah itu minyak astiri kerap dipakai buat obat antiseptik serta media pengobatan tukak lambung.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Binahong dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.