Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah

3 min read

Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah – Sahabat Kebun, buah belewah tentu sering kita mendengar bahkan mencicipinya. Buah yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan campuran untuk minuman apalagi ditambah dengan es.

Buah blewah yang mempunyai nama latinnya Cucumis melo L. adalah jenis buah yang sering digunakan sebagai suguhan yang menyegarkan. Perlu diketahui sebenarnya tanaman buah ini sangat mudah lho untuk menanamnya. Kali ini Kebun.co.id akan memberikan beberapa cara menanam buah blewah yang benar agar dalam cepat berbuah.

Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah

Buah blewah termasuk buah yang masih keluarga dari semangak dan timun mempunyai peminat yang banyak di Indonesia. Tanaman buah yang satu ini dapat tumbuh sepanjang tahun. Akan tetapi para petanai menyesuaikan masa tumbuh tanaman dengan sesuai kondisi permintaan pada saat menjelang Bulan Ramadhan.

Hal ini sangat mempengaruhi kebutuhan dan nilai akan buah blewah. Sebab dengan menyesuaikan kondisi tersebut akan lebih mendapatkan keuntungan dibandingkan menanam buah blewah pada bulan lainnya. mungkin bila Anda berminat untuk membudidyakan buah blewah ini, dalat Anda ikuti beberapa langkah berikut ini.

Syarat Tumbuh Blewah

Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah

Tanaman buah blewah adalah jenis tanaman yang cara penamanannya tidak terlalu sulit dan rumit. Buah blewah mmiliki tingkat adaptasi yang cukup tinggi dan bisa ditanam dimana pun. Buah yang mampu hidup didataran tinggi, menengah ataupun didataran rendah. Buah blewah juga menyukai paparan sinar matahari secara langsung sepanjang hari dibandingkan pada lingkungan yang teduh.

Hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan dalam budidaya tanaman buah blewah yaitu tekstur tanah yang memiliki cukup unsur hara agar dapat mendukung dalam pertumbuhan buah secara optimal. Dengan kadar ke asaman tanah atau pH tanah sekitar 6 – 7.

Persiapan Lahan Buah Blewah

Dalam mempersiapkan lahan buah blewah tentu harus memiliki tekstur tanah yang gembur dan tidak lembab. Agar dalam membuat tanah menjadi gembur, Anda dapat melakukan penggemburan tanah dengan membajak atau mencangkul terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga

Bila lahan yang digunakan sebelumnya pernah ditanami tumbuhan lain, sebaiknya agar dibersihkan terlebih daruhi dari sisa-sisa tanaman tersebut. Hilangkan juga rumput liar dan gulma yang dapat menghambat pertumbuhan buah blewah.

Hal terebut bertujuan agar dapat menghidari penyebaran hama atau penyakit dari tanaman sebelumnya. Tanaman buah blewah adalah salah satu jenis tanaman yang hidupnya menjalar, seperti semangka, timun dan lainnya. oleh karena itu bentuk lahan menjadi bedengan yang bisa menerima paparan sinar matahari secara penuh.

Anda dapat membuat bedengan dengan ukuran lebar 60 -80 cm dan parit dengan lebar 40 cm. Pada setiap bedengan agar diberi jarak tanam sekitar 2-3 meter.

Pemberian Pupuk Dasar

Dalam memberi pupuk dasar, usahakan untuk memeriksa kadar keasaman tanah terlebih dahulu. Bila pH tanah kurang dari 6 maka Anda dapat menambahkan dolomit pada lahan tanam. Tunggu setelah satu minggu, kemudian lahan dapat diberikan 1 kg pupuk kandang atau kompos dengan ditamabh 250 g pupuk NPK pada setiap lubang tanam.

Anda juga dapat memberikan penutup pada bedengan dengan menggunakan mulsa plastik supaya tidak ada gulma yang tumbuh. Setelah 10 – 15 hari pemberian pupuk dasar, kemudian baru bibit tanaman siap ditanam.

Persiapan Bibit

Persiapan bibit dapat Anda membelinya di toko pertanian terdekat atau membuat bibit dari buat blewah. Bila penanaman menggunakan biji agar memilih biji yang berkualitas denh cara merendam biji pada air matang dengan suhu 20 C- 26 C selama 12 jam. Pilihlah biji yang tenggelam didalam air, biji yang telah diangkat agar dicuci bersih dengan air atang dan biarkan kering dengan sendirinya.

Penyemaian Buah Blewah

Dalam penyemaian buah Anda dapat menggunakan media tanam berupa polybag atau tempat khusus penyemaian. Anda dapat menggunakan media tanam yang sudah dipersiapkan dengan komposisi tanah, sekam dan kompos perbandingan 1:1:1.

Lubangi pada tengah polybag atau media tanam sedalan 1 cm seukuran biji blewah. Masukkan biji yang sudah kering tadi kedapam media penyemaian bibit blewah. Anda dapat menyemprotkan air sebanyak 1 -2 kali dalam sehari dan tutup dengan plastik bening berlubang. Pastikan keadaan media tanam tidak terlalu kering dan tidak basah. Benih akan mulai bertunas setelah 4-9 hari.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Gabus bagi Pemula

Cara Penanaman Buah Blewah

Setelah bibit siap dipindahkan pada lahan yang lebih luas, yang mana pananaman sebaiknya dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Buat lubang sesuai dengan ke dalaman polybag, perlu diperhatikan agar membasahi terlebih dahulu sebelum bibit dimasukkan kedalam lubang tanam.

Polybag semai dapat dilepas secara perlahan dan pastikan tunas tetap utuh supaya tanaman tidak stress dan mudah menyesuaikan diri pada lingkungan yang baru. Padatkan tanah supaya tanaman semakin kuat. Siram secukupnya menyesuaikan kondisi tanah, perhatikan agar kondisi tanah tidak terlalu kering atau lembab.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan tanaman buah blewah Anda dapat melakukan penyiraman sebanyak 1 kali sehari sampai 10 hari kedepan. Penyiraman setelahnya dapat menysuaikan dengan cuaca dan kondisi tanah. Bila terdapat tanaman yang mati atau terserang hama, agar segera untuk melakukan penyulaman. Masa penyulaman dapat berlangsung samapi 21 hari. Cabut gulma dan rumput liar disekitar tanaman yang dapat menghambat pertumbuhan buah blewah.

Pemupukan susulan

Pada proses pemupukan susulan dapat dilakukan pada tanaman berusia 15 hari. Dalam pemberian pupuk bertujuan agar dapat memnuhi kebutuhan unsur hara pada tanah dan menjadi nutrisi bagi tanaman. Adapun cara pengaplikasiannya dapat menggunakan pupuk biasa atau dengan cara di kocor atau ditabur.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Umumnya hama yang menyarang pada tanaman blewah diantaranya yaitu ulat buah, lalat buah, jangkrik, ulat grayak dan oteng-oteng. Hama tersebut dapat diatasi dengan memberikan insektisida. Penyakit biasa menyerang tanamana ini dapat berupa busuk daun, bercak daun, tanaman layu, dan lainnya. untung penanggulangannya Anda dapat memberikan fungisida pada tanaman.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.