Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula

Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Bunga Baby Breath. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah menanam bunga baby breath bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel menanam bungan baby breath berikut ini.

Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula

Tanaman Baby Breath merupakan salah satu diantara berbagai jenis bungan yang termasuk kedalam keluarga Caryophyllaceae Gypsophila. Jenis bunga ini adalah salah satu jenis bunga yang banyak dijumpai pada daerah daratan Eropa dan Asia Utara. Selain itu, bunga jenis ini masih tergolong dalam satu family dengan jenis bunga Anyelir, sweer William dan Chickweed.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk hiasan pada perkarangan atau pada halaman rumah, serta pada perindustrian dekorasi bunga baby breath yang umunya digunakan sebagai filler dalam rangkaian bunga. Karena bentuk dan rupa dari bunga ini yang menyerupai dengan semak dan kecil sehingga bunga ini sangat cocok jika dijadikan sebagai pengisi atau bunga pelengkap.

Dari berbagai varietasnya ada banyak bunga baby breath, sehingga hal ini bisa dengan mudah untuk membedakan dari jenis warna berupa pink atau putih. Warna dan bentuk pada bunga ini akan sangat indah jika dipadukan dengan kain sutra dan serangkaian bunga kering lainnya.

Persiapan Benih Bunga Baby Breath

  • Dalam persiapan untuk proses penanaman bunga baby breath alangkah baiknya Anda memilih benih yang bisa Anda diperoleh pada toko bunga atau toko online yang menyediakan berbagai jenis bunga import.
  • Anda bisa memilih berbagai jenis bunga ini dan tentunya Anda perlu memilih dengan jenis benih yang berkualitas. Setelah itu periksa kemasan benih ini dan Anda perlu pastikan bahwa benih terbungkus dengan rapih dan dalam keadaan kering atau tidak lembab.
  • Perhatikan benih dan tentu pastikan ukurannya sama.
  • Kualitas dari kelayakan tanam bisa dibuktikan dengan merendam benih terlebih dahulu kedalam sembuah wadah.
  • Jika benih tersebut mengapung pertanda bahwa benih tersebut tidak layak untuk ditanam.
  • Anda bisa memilih benih yang tenggelam dan kemudian bisa untuk Anda tanam.
Baca Juga:  Kandungan Bayam

Media Tanam Bunga Baby Breath

Untuk media tanam bunga baby breath Anda bisa menanamnya secara langsung atau dapat menggunakan media pot. kemudian Anda bisa memilih media tanam baik menggunakan pot maupaun tanah secara langsung. Tentu hal yang paling penting adalah penempatan dari lokasi tanam, Anda perlu memastikan untuk memilih tempat yang bebas dari limbah dan jauh dari dapur.

Jika Anda menanamnya secara langsung ditanah, Anda perlu pastikan bahwa tanah tersebut merupakan tanah yang baik dan memiliki tekstur yang gembur. Sebelum ditanam terlebih bersihkan terlebidahulu area lahan dari gambut atau tumbuhan liar karana hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan kesuburan pada bunga.

Cek pH pada tanah yaitu berkisar 5-7, apabila pH pada tanah terlalu asam Anda bisa menambahkan pupuk dolomit sambil melakukan pemupukan pada tanaman. Jika Anda menanam pada pot media tanam tanah dapat digemburkan terlebih dahulu seta Anda perlu mencampurnya dengan kompos dengan perbandingan 2:1 dan dapat juga ditambahkan dengan arang sekam.

Penyemaian Bunga Baby Breath

Dalam penyemaian bunga baby breath Anda bia menggunakan tray atau polybag dan telah sediakan ini yang digunakan untuk media tanam. Media tanam untuk penyemaian bisa berupa campuran tanah yang gembur, pupuk kandang atau kompos dan arang sekam.

Apabila persiapan sudah selesai benih sudah bisa ditaburkan pada media semai dan tutupi menggunakan tanah semaian. Selanjutnya Anda perlu menyiram benih dengan semprotan pada pagi dan sore hari, letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Diamkan benih tumbuh mencapai 5 cm dan siap untuk dipindahkan.

Pemindahan Bunga Baby Breath

Apabila bunga sudah dapat tumbuh dengan baik, tanaman bunga baby breath bisa dipindah tanamkan dan pastikan Anda sudah membuat lubang untuk tanam terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa memisahkan bibit baby breath dari media semainya dan Anda jangan langsung mencabutnya begitu saja Anda bisa menggunakan alat berupa sekop kecil.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar

Untuk memisahkan tanah dari bibit, Anda bisa dengan cara menggoyangkannya perlahan dan usahakan bahwa bibit mrupakan bibit yang berkualitas dengan ciri yang utuh dan tidak cacat serta Anda perhatikan pada bagian akarnya. Jangan sampai rusak lalu Anda masukkan bibit ke dalam lubang tanam selanjutnya tutuplah lubang tanam dengan tanah campuran.

Lalu taburkan pupuk di atas media tanam dan jangan lupa untuk memadatkan tanah supaya tanaman bisa berdiri dengan kokoh.

Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula

Perawatan Bunga Baby Breath

Anda perlu melakukan penyiraman dengan tepat dan rutin minimal 1 kali dalam sehari dengan menggunakan metode spray. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pemupukan lanjutan setiap 2 minggu sekali sembari melakukan penyiangan serta memberikan nutrisi tambahan setiap seminggu sekali.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.