Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar

3 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar

Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar – Sobat Kebun, di Indonesia termasuk negara yang kaya akan flora dan faunanya serta memiliki berbagai macam jenis tanaman hias yang tumbuh dan berkembang.

Diantara sekian banyaknya jenis tanaman hias yang tumbuh, terdapat beberapa tanaman hias yang indah diantaranya yaitu tanaman cempaka. Tanaman cempaka menghasilkan bunga cempaka yang indah dan cantik untuk di pandang.

Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar

Tanaman cempaka di Indonesia menjadi salah satu tempat habitat alaminya. Sebab tanaman cempaka hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada lingkungan yang mempunyai iklim tropis atau subtropis dan didaerah yang mempunyai suhu hangat.

Tidak heran bahwa Indonesia menjadi tempat berkembang dan tumbuhnya tanaman cempaka. Selain itu tanaman cempaka bisa Anda temukan di India dan negara Asia tenggara seperti Thailand, Filipina dan Malaysia.

Ciri dan Jenis Cempaka

Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar

Jenis tanaman cempaka mempunyai bentuk fisik yang menjulang tinggi ke atas samapai mencapai sekitar 33 meter. Serta memiliki daun yang rindang dan mempunyai bunga yang indah serta wangi.

Terdapat beberapa jenis tanaman cempaka yang mempunyai beragam manfaat untuk kita, diantaranya yaitu:

Bunga Cempaka Merah

  • Mempunyai ciri khas tersendiri yang memiliki bunga berwarna merah muda yang banyak tumbuh di ujung ranting pohon;
  • Memiliki bunga yang berukuran sekitar 5 hingga 7 cm dengan kelopak bunga yang bersusun secara rapih;
  • Saat mekar, bunga cempaka merah menghasilkan aroma wangi yang kuat serta khas dan bunga jenis ini hanya dapat bertahan selama 2 jam saja.

Bunga Cempaka Putih atau Bunga Kantil

  • Pada jenis bunga cempaka putih biasanya dikaitkan dengan hal mistis, yang mana umumnya dipergunakan sebagai bunga tabur dan penghias keranda;
  • Sedangkan cirinya pada bagian ranting pohon terdapat bulu halus yang berwarna abu-abu, daun tunggal berbentuk telur serta berwana hijau cerah.

Bunga Cempaka Kuning

  • Jenis tanaman cempaka kuning mempunyai cri khas yakni aroma wangi yang khas. Sebab itulah tanaman ini dijuluki bunga cempaka kuning yang digunakan sebagai bunga cempaka wangi;
  • Ciri tanaman ini memiliki daun yang berbentuk telur bulat yang berwarna hijau cerah dan pada bagian ujung daunnya runcing.
Baca Juga:  Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan

Bunga Cempaka Ungu

  • Meskipun tanaman cempaka jenis ini memiliki daun yang sedikit, hal itu dibayarkan dengan banyaknya jumlah bunga pada setiap rantingnya.
  • Jadi boleh dibilang bunga cempaka ungu merupakan jenis bunga cempaka yang banyak bunganya ketika berbunga, biasanya bunga cempaka ungu akan berbunga pada awal musim hujan tiba.
  • Bunga cempaka ungu juga memiliki aroma yang wangi dan bunga berwarna ungu yang terang sehingga akan terpesona ketika melihatnya.

Manfaat Cempaka

Dari berbagai jenis tanaman bunga cempaka tersebut, memiliki beberapa manfaat yang baik bagi manusia terutama dalam kesehatan, antara lain:

  • Mengatasi Vertigo
  • Dapat Mengatasi Bau Badan
  • Mengatasi Radang Saluran Pernapasan (ISPA)
  • Mengatasi Keputihan (Wanita)
  • Mengatasi Sinusitis
  • Mengobati Perut Kembung

Dari berbagai manfaat tersebut dapat dilakukan dengan cara merebus bunga cempaka kemudian air dari hasil rebusan dapat dikonsumsi dan bisa dijadikan air untuk mandi.

Persiapkan Bibit Tanaman Cempaka

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu persiapan pembibitan tanaman cempaka. Dengan mempersiapkan bibit yang baik maka akan menghasilkan tanaman yang baik pula. Oleh karena itu pastikan bibit dalam kondisi kualitas yang bagus dan layak tanam.

Bila Anda mempersiapkan bibit dengan cara sistem cangkok. Maka pilihlah tanaman cempaka yang telah berumur lebih dari tiga tahun. Selain dengan sistem cangkok Anda juga dapat membeli bibir melalui toko bibit tanaman didaerah Anda atau membelinya secara online.

Semai Bibit Tanaman Cempaka

Berikut ini beberapa langkah dalam melakukan penyemaian bibit tanaman cempaka, diantaranya:

  • Persiapkan benih tanaman cempaka
  • Persiapkan wadah berupa pot atau polybag sebagai media semai. Wadah tersebut Anda isi dengan campuran tanah, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan yang sama.
  • Pastikan pada bagian bawah tempat telah dilubangi sebagai saluran drainase
  • Buat lubang untuk memasukan bibit dengan secara hati-hati dan pastikan tutup kembali dengan tanah.
  • Kemudian lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.
  • Bila bibit telah tumbuh mencapai ukuran 30-50 cm, maka dapat melakukan pemindahan pada media tanam yang lebih besar.
Baca Juga:  Cara Menanam Bayam Hasil Berlimpah

Menanam Tanaman Cempaka

Setelah mempersiapkan pembibitan sampai melakukan penyemaian bibit cempaka. Selanjutnya yaitu merawat tanaman cempaka, dengan cara:

  • Saat melakukan penanaman tanaman cempaka perhatikan kondisi lokasi media tanam, usahakan kondisi media bersih dari libah serta dari tanaman penggangu.
  • Lakukan proses penggemburan dan pemupukan pada lahan tanam. Hal ini dilakukan agar kebutuhan akan nutrisi pada tanaman terpenuhi dan dapat menunjang pertumbuhan serta perkembangan tanaman.
  • Kemudian buatlah bedengan agar berguna dalam mencegah penyusutan tanah saat musim penghujan dan pada proses penyiraman.
  • Buat lubang pada media tanam dengan ukuran panjang 50 cm, lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm. Setelah membuat lubang tersebut Anda dapat memasukan bibit pada lubang itu.
  • Padatkan dengan menggunakan tanama yang sama dan perlu diperhatikan tidak ada tanaman penggangu lainnya.

Perawatan Tanaman Cempaka

Langkah senajutnya yaitu perawatan tanaman cempaka, yang mana merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menanam tanaman cempaka.

Penyiraman

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam perawatan tanaman cempaka yaitu penyiraman. Anda dapat melakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Serta bila tanaman cempaka telah berusia lebih dari 1 tahun Anda dapat menyirami secukupnya saja.

Pemupukan

Anda dapat melakukan pemberian pupuk pada awal musim penghujan dan menjelang tibanya musim kemarau.

Penyiangan dan Pemangkasan

Penyiangan pada tanaman cempaka dapat Anda lakukan pada saat pemberian pupuk. Kemudian Anda juga dapat melakukan pemangkasan pada tiap tahunnya dengan cara menyemprotkan cairan pestisida. Anda juga bisa memberi obat tanaman agar terhindar dari penyakit dan hama.

Panen Bunga Cempaka

Untuk tanaman cempaka bisa dipanen saat tanaman telah berumur 1 tahun. Anda dapat melakukan pemanenan dengan memekai tangan atau bisa dengan menggunakan galah. Bila memakai galah agar Anda berhati-hati supaya bunga tidak rusak sebab terkena galah.

Bila Anda memetik bunga cempaka maka Anda harus melakukannya secara hati-hati agar tidak merusak tanaman. Dengan nilai jual yang cukup menjanjikan dipasaran, serta sedikitnya orang yang membudidayakan dan menanamnya.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Cempaka Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.