Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar

3 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar

Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar – Sobat Kebun, pernahkah Anda mendengar tentang bunga dahlia? Tanaman cantik yang berasal dari negara meksiko yang mana telah ditetapkan menjadi bunga nasional di negara itu.

Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar

Tanaman bunga dahlia mempunyai sifat tahunan yang hanya berbunga pada musim panas sampai musim gugur. Hal inilah mengapa bunga dahlia menjadi favorit bagi pecinta bunga hias. Bunga ini mudah di tanam pada lingkungan manapun karena bunga dahlia sangat mudah untuk menyesuaikan pada lingkungan manapun.

Untuk para budidaya bunga dahlia diluar negara asalnya telah di mulai pada tahun 1789 di Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol. Kemudian pada tahun 1872 Belanda mulai menanam bunga dahlia yang dikirim langsung dari Meksiko. Dari 1 kotak umbi yang telah dikirim, hanya 1 umbi yang dapat berbunga. Namun bunga itu mempunyai warna merah dengan daun bunga yang runcing.

Dalam perkembangbiakan bunga dahlia dapat dijelaskan cukup lambat, akan tetapi pada tahun 1841 bunga dahlia telah mempunyai 1200 jenis. Pada abad ke-19 bunga dahlia telah masuk ke Jawa Barat termasuk dalam komoditas penting di dunia.

Jenis Bunga Dahlia Yang Sering Ditanam

Terdapat lebih dari 1200 jenis bunga dahlia, tentunya dari sekian banyak jenisnya ada empat jenis bunga dahlia yang sangat di sukai sebab keindahannya, diantanya yaitu:

Hanakerusai Dahliaa

Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar

Bunga dahlia jenis ini yang mampu memiliki karakteristik bunganya yang berwarna merah dengan semburat kuning pada bagian tengah bunga. Kedua warna ini menghasilkan perpaduan warna yang sempurna dan sangat cantik, mahkota bunga memiliki bentuk runcing dan mengumpul.

Dahlia Kuning

Bunga dah lia kuning ini mempunyai ciri bunga yang berwarna kuning dengan beberapa warna putih pada bagian ujungnya. Yang membuat bunga dahlia kunign menghasilkan warna yang cerah. Mahkota bunga dahlia kuning mempunyai bentuk kecil serta mengumpul.

Hibotan Dahlia

Bunga hibotan dahlia mempunyai karakteristik warna merah muda yang sangat indah. Jenis bunga dah lia ini mempunyai kuncup kecil pada bagian teha bunganya. Dengan karakteristik itu menjadikan bunga hibutan dahlia menjadi sangat cantik dan indah untuk menghias rumah Anda.

Baca Juga:  Akasia : Pengertian, Mengenal, Manfaat, Budidaya Dan Hama Tanaman Akasia

Yukitemari Dahlia

Bunga dahlia jenis ini mempunyai karakteristik berwarna putih bersih dengan warna kuning pada bagian tengah sehingga membuat kesan suci dan cantik. Walaupun dari segi namanya berkesan Jepang, bunga jenis dahlia ini bukan berasal dari Jepang.

Bila Anda tertarik untuk menanam bunga dahlia, berikut cara menanamnya:

Tentukan Lokasi Tanam

Penentuan lokasi tanam untuk bunga dahlia hal pertama yang harus Anda lakukan. Dengan memperhatikan sistem pengairan dan paparan sinar matahari. Karakteristik dari bunga dahlia sendiri secikit berbeda pada bunga umumnya. Bila pada bunga lainnya cenderung mudah pudar saat terkena paparan sinar matahari, berbeda dengan bunga dahlia yang mana harus terkena paparan sinar matahari secara langsung agar dapat berkembang dengan baik.

Di samping mengenai paparan sinar matahari, hal yang penting lainnya yaitu sistem pengairan yang lancara. Hal ini juga sangat penting agar memastikan bahwa bunga dahlia mendapatkan asupan air yang cukup saat terkena paparan sinar matahari.

Pilih Bibit Dahlia

bibit bunga dahlia sangat mudah didapatkan, Anda daapt membeli di toko penual bibit atau dari bunga dahlia yang telah tumbuh sebelumnya. Dengan membeli bibit bunga dahlia, tentu Anda telah memilih sendiri jenis bibit bunga dahlia yang akan ditanam.

Persiapkan Media Tanam

Selanjutnya mempersiapkan media tanam, dimana media tanam tersebut agar di gemburkan dan diberikan pupuk kandang terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan media tanam polybag atau pot bila tidak memiliki lahan yang luas.

Hal perlu untuk dipersiapkan yaitu tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan yang sama. Namun perlu dipastikan bahwa pot atau polybag pada bagian bawah telah diberi lubang untuk saluran air.

Tanam Bunga Dahlia

Terdapat 3 cara yang dapat Anda lakukan saat menanam bunga dahlia, antara lain yaitu:

Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benih

  • Siapkan bernih dahlia yang telah Anda peroleh
  • Siapkan media semai dengan komposisi tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  • Sebarkan bibit dahlia secara merata di atas media semai kemudian tutup tipis dengan tanah
  • Jagalah kondisi kelembapan media semai, bila menanam pada musim panas Anda dapat menggunakan karung gono atau daun pisang yang bersih pada atas media semai.
  • Setelah bibit dahlia tumbuh dan berdaun sempurna sebanyak 6 lembar, Anda dapat memindahkan bibit dahliah pada tempat yang lebih besar.
  • Perhatikan saat melakukan pemindahan agar tidak merusak akarnya
  • Selalu perhatikan intensitas paparan sinar matahari, sebab pertumbuhan bunga dahlia memerlukan paparan sinar matahari yang cukup
Baca Juga:  Cara Menanam Sawi Hidroponik : Persiapan, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Stek

  • Dengan cara ini dapat digunakan pada bunga dahlia yang tidak bisa berbiji
  • Anda dapat mempersiapkan bahan stek dari bunga dahlia yang telah tumbuh pada bagian tunas dengan ukuran 7 sampai 10 cm
  • Gunakan pisau yang tajam untuk memotong tunas, tentunya pastikan kondisi pisau bersih agar terhidar dari penyakit
  • Persiapkan media semai pada polybag atau pot kecil yang berisi pupuk kandan dan sekam dengan komposisi 1:6
  • Bibit dapat siap dijual setelah 3 hari

Cara Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi

  • Ambilah umbi dari tanaman dahlia kaktus atau semi kaktus dengan usia 7 bulan dan telah habis masa bunga pertamanya
  • Potong umbi sekitar 10 cm dari permukaan tanah
  • Buat lubang kemudian angkat umbi dari batang utama.

Merawat Bunga Dahlia

Agar Anda dapat menghasilkan bunga dahlia yang indah, perlu dilakukan perawatan yang benar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Penyiangan

Lakukanlah penyiangan agar memastikan tercukupinya nutrisi yang dapat diserap bunga dahlia. Anda juga lakukan saat gulma mulai tumbuh, pada saat pemupukan dan pembunbunan. Anda juga dapat memakai mulsa organik agar mencegah adanya gulma.

Pemupukan

Lakukan pemupukan pada setiap 10 hari agar memastikan tanaman dahlia mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda dapat memakai SP 36, KCL dan Urea dengan perbandingan 2 gr takaran yang sama. Dapat juga Anda memakai NPK dengan takaran 5 gr.

Anda dapat memberikan pupuk setelah 10 hari masa tanam dan beri jarak 15 cm dari pangkal batang, kemudian tutup pupuk dengan memakai tanah.

Penyiraman dan Pengairan

Pada permulaan awal tumbuh, tanah yang berada pada pangkal batang  hingga titik paling luar tajuk harus terjaga agar tidak kering. Anda dapat melakukan penyiraman 2 sampai 3 kali dalam satu hari agar mencegah tanaman menjadi kering.

Setelah tanaman mulai tumbuh besar, penyiraman dapat dilakukan setiap 5 hari sekali dan lakukan susai pemberian pupuk.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.