√ Cara Mudah Menanam Bunga Episcia Cupreata Bagi Pemula

1 min read

Cara Mudah Menanam Bunga Episcia Cupreata Bagi Pemula

Cara Mudah Menanam Bunga Episcia Cupreata Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Bunga Episcia Cupreata. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah dalam menanam bunga episcia cupreata bagi pemula dengan singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel menanam bunga episcia cupreata berikut ini.

Cara Mudah Menanam Bunga Episcia Cupreata Bagi Pemula

Bunga Episcia Cupreata lebih dikenal dengan bunga Flame Violet, Lace Flower atau Violet Api adalah satu diantara berbagai jenis tanaman yang berasal dari Venezuela dan Kolombia. Tanaman ini mempunyai daun yang terlihat mencolok yang dapat tumbuh dalam roset dengan panjangnya mencapai 8 cm. Pada daunnya memiliki warna hijau dan coklat tembaga lebih seringnya dengan vena perak atau hijau muda.

Episcia Cupreata biasanya muncul pada musim semi dan berlanjut sampai musim gugur, dengan bunga yang berukuran kecil dan berwarna merah muda, merah, dan kuning serta bunga tersebut muncul diantara dedaunannya.

Anda dapat menanam bungan Episcia Cupreata pada pot biasa atau dengan menggunakan pot gantung. Yang nama dapat diletakkan dekat jendela namun jauh dari paparan sinar matahari langsung.

Syarat Tumbuh Bunga Episcia Cupreata

Adapun syarat tumbuh dari bunga Episcia Cupreata, antara lain yakni:

Taruh pada tempat yang mendapatkan cahaya terang namun tidak secara langsung, bila tidak mekar maka tanaman tersebut kurang mendapat cukup cahaya. Anda dapt meletakkannya disekitar dekat jendela yang cukup terang dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Baca Juga:  Cara Menanam Bawang Merah Mudah dan Praktis

Bila kelembapan turun menjadi separuh kebawah, maka dapat meletakkan pot diatas nampan kerikil basah atau menggunakan pelembab ruangan. Usahakan tidak menggunakan mister sebab pada daun akan terliat dan rentan akan terkena jamur.

Untuk bungan Episcia Cupreata lebih menyukai keadaan suhu dingin yaitu sekitar 18 derajat celcius pada malam hari dan pada siang hari sekitar 24 derajat celcius.

Media Tanam Bunga Episcia Cupreata

Pada dasarnya bunga Episcia Cupreata merupakan bunga yang tumbuh pada musim semi sampai musim gugur. Oleh karena itu media yang cocok untuk dipakai pada tanaman ini yaitu campuran tanah dan lumut gambut.

Seperti pada umumnya lakukan penanaman sesuai dengan komposisi yang tepat dengan perbandingan 1:1. Setelah itu lakukan pemupukan pada setiap dua kali seminggu secara rutin.

Cara Mudah Menanam Bunga Episcia Cupreata Bagi Pemula

Cara Penanaman Bunga Episcia Cupreata

  • Pertama ambil stek batang daun tunggal pada musim semi, clupkan ujungnya kedalam air kemudian rooting bubuk homon.
  • Masukan batang kedalam campuran media tanam baik pot atau lainnya dan padatkan disekitaran batang sehingga dapat berdiri.
  • Tutup seluruh bagian pot dengan menggunakan plastik agar dapat bertahan kelembapannya.
  • Dalam 1 bulan maka akar akan tumbuh dan akan terlihat planket terbentuk dari pangkal pemotongan.

Cara Merawat Bunga Episcia Cupreata

Dalam merawat bungan Episcia Cupreata Anda dapat menjaga kelembapannya secara rutin, oleh karena itu bunga ini idealnya pada lingkungan terarium. Bila dibiarkan kering maka tanaman Episcia Cupreata akan mati dengan terlihat daunnya kecoklatan.

Anda dapat melihat kondisi air baik pada bunga Episcia Cupreata dengan melihat daun melengkunga. Usahakan siram tanaman dengan menggunakan suhu kondisi kamar, jangan pergunakan air dingin sebab tanaman ini tidak menyukainya.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam Bunga Episcia Cupreata Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.