Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Dengan Benar

2 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Dengan Benar

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Dengan Benar – Sobat Kebun, jenis tanaman yang satu ini sangat cantik dan pada umumnya sangat diminati pada kaum hawa dan termasuk para pecinta tanaman hias. lebih jelasnya simak artikel dibawah ini.

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Dengan Benar

Bunga sepatu atau dalam bahasa latin yaitu Hibiscus Rosa Sinensis, bunga yang tergolong memiliki banyak manfaat dan salah satu jenis tanaman hias. Bunga sepatu berasal dari daerah Asia Timur dan termasuk dalam kelompok tumbuhan tropis dan sub tropis.

Dengan berkembangnya budidaya, bunga sepatu yang mana semakin kian mahal pada tiap tahunnya. Hal ini karena semakin banyak digunakan untuk kebutuhan kesehatan terutama pengobatan di negara Ayurveda dari India dan Cina.

Manfaat Bunga Sepatu

Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam bunga sepatu yang baik bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

Dapat digunakan sebagai Kosmetik

Bunga sepatu sering digunakan dan dapat dipercaya dalam membantu menghitamkan rambut. Sebab itulah bunga sepatu sangat cocok dipakai sebagai pengganti pensil alus dan maskara.

Dapat memelihara Kesehatan Resproduksi

Bunga sepatu juga bisa mengatasi berbagai macam ganguan selama priode menstruasi. Semisal mengendalikan pengeluaran darah kotor yang berlebihan, menjaga kelancaran dalam siklus haid serta berbagai macam yang berkaitan dengan haid. Cara pemakaiannya dengan merebus daun dan bunga sepatu secara bersama.

Dapat menyembuhkan Luka

Bunga dan daun sepatu juga mempunyai khasiat sebagai antiseptik. Karena itu bunga sepatu bisa dipakai untuk membantu menyembuhkan luka dengan cara menumbuk daun dan bunga sepatu secara bersama dan hasilnya dapat dioleskan pada bagian yang terluka.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Menanam Arugula Dalam 10 Hari Bagi Pemula

Dapat mengatasi Flu

Bunga sepatu juga bisa mengatasi pada gangguan penyakit dalam saluran pernapasan dengan cara meminum rebusan air bunga, daun atau akar dari bunga sepatu.

Cara Menanam Bunga Sepatu

Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Dengan Benar

Terdapat 2 cara yang dapat digunakan untuk menanam bunga sepatu yaitu menanam dengan menggunakan biji dan menggunakan stek batang.

Bila Anda menginginkan menaman dengan menggunakan biji, Anda dapat memilih bibit bunga sepatu terlebih dahulu. Pilihlah bibit bunga sepatu dengan kualitas yang baik dan terjamin.

Lokasi Penanaman

Selanjutnya menentukan lokasi penanaman bunga sepatu, yang mana harus sesuai dengan karakteritik dari bunga ini. Bunga sepatu merupakan salah satu jenis tanaman yang menyukai paparan sinar matahari. Namun bunga sepatu juga tidak tahan bila terus menerus disinair cahaya matahari.

Pastikan sistem drainase atau saluran air terjamin, sebab genangan air akan dapat menggangu pertumbuhan dari bunga sepatu. Usahakan untuk menghindari lokasi tempat yang memiliki kandungan tanah berupa pasir.

Olah Tanah Bunga Sepatu

Selanjutnya yaitu proses pengolahan tanah sebagai media tanam bunga sepatu. Tanaman bunga sepatu menyukai pH tanah sekitar 6,5. Disamping itu sebagai pemenuhan nutrisi dalam tanah Anda dapat menambahkan pupuk kompos.

Tanam Bunga Sepatu

Setelah mempersiapkan media tanam bunga sepatu, Anda dapat membuat lubang sebagai media tanam dengan ukuran 20-30 cm dan diameter 20-30 cm. Serta buatlah jarak tanam sekitar 60-90 cm setiap lubangnya.

Selanjutnya tanah bekas galian lubang Anda campur dengan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan yang sama. Lalu Anda masukkan bibit yang telah dibuka plastiknya kedalam lubang tanam.

Lalu Anda timbun dengan tanah yang telha dicampur kompos tadi dan padatkan dengan hati-hati.

Lakukan penyiraman sekira tanah menjadi lembab.

Perawatan Tanaman Bunga Sepatu

Supaya tanaman bunga sepatu dapat tumbuh dengan baik dan berkualitas saat musim panen. Hendaknya saat periode perawatan untuk menjaga dan merawatnya secara benar dan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan hal sebagai berikut:

Baca Juga:  Tanaman Yang Dapat Menyuburkan Tanah

Penyiraman

Anda dapat melakukan penyiraman bunga sepatu secara teratur. Usahakan tanaman bunga sepat yang ditanam agar terjaga kelembapannya, dan tidak terlalu berlebihan. Pastikan pada area tanam tetap dalam kondisi lembab, karena saat tanah mengering dan menjadi gersang akan mengakibatkan tanaman bunga sepatu menjadi layu. Hal ini akan berdampak buruk sebab terpapar oleh sinar matahari secara berlebihan.

Pengendalian Serangan Hama

Saat terdapat hama penganggu, maka Anda dapat mengendalikannya agar terhindar penyebaran secara meluas. Anda dapat menambahkan plastik mulsa padapermukaan tanah yang ada pada media tanam. Dengan adalanya plastik mulsa akan sangat bermanfaat supaya menghambat pertumbuhan rumput liar dan juga menjaga kelembapan tanah.

Bila Anda menemukan penyakit pada tanaman berupa bintik atau daun busuk, coba Anda gunakan insektisida yang berguna membasmi penyaki yang ada atau hama yang akan merusak tanaman bunga sepatu.

Pemangkasan

Anda juga dapat melakukan pemnagkasan agar dapat menghasilkan tanaman yang diinginkan. Bila salah satu dari bagian bunga sepatu mati, Anda harus melakukan pemangkasan yang berguna memperbaikinya. Serta lakukan pemotongan pada bagian yang mati tersebut. Perlu diperhatikan agar tidak memotong lebih dari 2/3 bagian dahan dalam 1 waktu. Sebab hal ini dapat merusak tanaman bunga sepatu dibandingkan membantu dalam pertumbuhannya.

Panen Bunga Sepatu

Setelah melalui proses yang begitu panjang saat keadaan masih bibit sampai tanaman bunga sepatu telah bermekaran. Hingga Anda dapat menikmati keindahan dari pesona bunga sepatu.

Apabila kalian akan menggunakan bunga sepatu untuk keperluan penjualan, maka kalian dapat memanennya secara hati-hati, jangan sampai merusak tanamannya, namun apabila kalian hanya sekedar untuk tanaman hias, maka kalian harus terus memantau baik perawatannya dan usahakan agar selalu terhindar dari serangan hama pengganggu yang datang. Bunga sepatu akan berbunga selama beberapa bulan.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Sepatu Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.