Panduan Cara Menanam Bunga Tapak Dara Dengan Mudah

2 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Tapak Dara Dengan Mudah

Panduan Cara Menanam Bunga Tapak Dara Dengan Mudah – Sobat Kebun, seiring kian banyaknya pencinta bunga hias atau tanaman hias sebagai pelengkap untuk menhiasi taman atau halaman Anda. Tentu pilihan yang terbaik yakni menanam bunga yang indah, salah satu jenis yang kami rekomendasikan yakni Bunga Tapak Dara atau Vinca.

Panduan Cara Menanam Bunga Tapak Dara Dengan Mudah

Jenis tanaman bunga tapak dara sering digunakan sebagai tanaman hias baik yang tumbuh langsung ditanah atau dengan cara di gantung. Bunga tapak dara memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, di samping itu cara menanam bunga tapak dara pun cukup mudah dan praktis yang sering di minati masyarakat.

Jenis tanaman ini konon dapat mengatasi dalam permasalahan kanker dan kolesterol, hal ini yang menjadikan salah satu opsi tanaman obat keluarga dengan berbagai manfaat khasiatnya. Di lain sisi akan berdampak negatif bagi tubuh bila digunakan secara berlebihan.

Bunga tapak dara mempunyai nama latin yakni Catharantus roseus. Di Indonesia sendiri bunga tapak dara sering disebut dengan kembang tembaga di daerah Sunda sedangkan pada daerah Sulawesi di sebut sindapor dan yang paling umum kembang tapak dara.

Bunga jenis ini yang berasal dari daerah Madagaskar, yang sering di sebut Madagaskar Periwinkle. Namun di negara kita, bunga jenis ini sering dijumpai diberbagai daerah sebab habitat lingkungan hidupnya sangat cocok dengan daerah tropis.

Persiapan Menanam Tapak Dara

Tanaman yang berkhasiat dan cantik ini akan menarik perhatian untuk tanaman yang di tanam dirumah Anda. Untuk Anda yang berkeinginan menghiasai pekarangan rumah dengan menanam bunga tapak dara dapat menikuti beberapa langkah sebagai berikut:

Baca Juga:  Ternak Entok : Tips, Mempersiapkan, Melindungi Dan Bertelur

Persiapan alat dan bahan

  • Tanah
  • Pot hias
  • Bibit tapak dara
  • Pupuk kandang
  • Pupuk kompos

Persiapan bibit

  • Dalam mempersiapkan bibit dapat Anda membeli di Toko Pertanian terdekat
  • Dapat juga Anda memakai teknik stek batang atau daun agar mendapatkan bibit bunga tapak dara yang baru
  • Pilihlah bibit bunga tapak dara yang memiliki kondisi batangnya lurus dan tidak bercabang
  • Tanam bibit tapak dara pada media tanam dengan menggunakan pola melingkar
  • Anda juga dapat menyemai sampai dengan ketinggian kisaran 10 hingga 15 cm.

Menanam Bunga Tapak Dara

Panduan Cara Menanam Bunga Tapak Dara Dengan Mudah

Dalam menanam bunga tapak dara dapat Anda mengikuti langkah berikut ini:

  • Bibit yang telah disiapkan dapat dipindah pada media tanam bila sudah mencapai tinggi kisaran 10 sampai 15 cm
  • Persiapkan media tanam dengan campuran pupuk kandang, kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:2
  • Media tanam bisa berbentuk pot atau dapat juga di tanam secara langsung ditanah yang telah dipersiapkan
  • Taruh tanaman pada teras rumah dengan intesitas paparan sinar matahari yang cukup, namun hindarkan dari curah hujan yang tinggi
  • Bila Anda menginginkan menanam secara di gantung dapat menggunakan pot gantung secara langsung.

Perawatan Bunga Tapak Dara

Dalam perawatan bunga tapak dara memerlukan asupan air yang cukup dalam pertumbuhannya. Anda cukup dengan menyirami tanaman tapak dara sebanyak satu kali dalam sehari dan tentunya pastikan drainase pada pot air dalam kondisi baik. Hal ini bertujuan agar tanaman tapak dara dalam pornya tidak menggenang banyak air.

Saat tanaman tapak dara baru di tanam, Anda dapat letakkan pot atau tempat pada kondisi suhu yang tidak terlalu panas hal ini agar suhu panas dalam tanah tidak bertahan terlalu lama.

Baca Juga:  Budidaya Pepaya California : Panduan Lengkap Bagi Pemula

Ketika sudah berumur tujuh hari, Anda dapat memindahkan pada tempat yang lebih panas bila memang akan ditempatkan pada kondisi yang cukup panas.

Bila Anda ingin tanaman tapak tara dapat berkembang rimbun, dapat Anda lakukan pemotongan secara berkala. Sebab dengan pemotongan agar dapat tumbuh percabangan pada tanaman tersebut. Akan tetapi bila Anda menyukai tanaman tapak dara tumbuh secara alami, bisa Anda abaikan pemangkasan tersebut.

Sebagai bentuk pencegahan dan agar dapat menjaga kondisi kebutuhan nutrisi yang tercukupi dapat Anda memberikan pupuk secara berkala. Pupuk tersebut dapat Anda berikan setiap satu bulan sekali dengan memakai pupuk kandang atau pupuk organik.

Pada masa awal pertumbuhan, biasanya bunga tapak dara akan membutuhkan kandungan nitrogen yang cukup tinggi. Bisa Anda berikan dengan melalui penyemprotan nitrogen atau menggunakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen yang tinggi.

Pada masa bunga berkembang, bunga tapak dara akan lebih memerlukan pupuk dengan kandungan fospor yang lebih tinggi.

Agar dapat menjaga kondisi tanaman tapak dara tetap sehat, tentu harus menjaga kondisi dari serangan hama atau penyakit. Anda dapat memberikan insektisida untuk hama bila diperlukan. Pemberiannya menyesuaikan dengan kondisi dari tanaman tapak dara tersebut.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Tapak Dara Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.