Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar

Posted on

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar – Sobat Kebun, bila Anda mempunyai rumah dengan pekarang yang luas atau memiliki ruangan yang besar. Akan lebih menyenangkan bisa ditanam dengan sesuaut yang dapat memanjakan mata.

Salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai keindahan dan bisa memanjakan mata bagi orang yang melihatnya. Untuk mewujudkan hal tersebut kami merekomendasikan untuk menanam bunga tulip.

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar

Bunga tulip yang mempunyai nama latin Tulipa Puchella, bunga yang terkenal dari negara Belanda berasal dari kawasan Pegunungan Hindu Kush dan Pegunngan Pamir di Negara Kazakhstan yang berada di Asia Tengah.

Bunga ini mempunyai warna yang cukup beragam, serta pasti disukai bagi wanita maupun pria yang sangat ingin memanjakan mata sebab keindahan bunga tulip.

Cara Menanam Bunga Tulip

Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar

Bunga tulip sangat cocok untuk ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan rumah yang luas. Dengan mempunyai ciri tumbuh yang menjulang keatas seperti halnya tanaman jagung. Bunga tulip sangat tidak cocok untuk ditanam pada pot yang berukuran kecil atau sedang.

Sebab bunga tulip bukan bunga Asli Indonesia yang beriklim tropis, maka jangan heran bila bunga tulip akan tumbuh baik pada daerah pegunungan yang mempunyai cuaca dingin.

Bila Anda menanam pada daerah rendah tentu memerlukan perlakukan secara khusus supaya dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

Harga bibit bunga tulip cukup tinggi di pasaran, sebab itulah hal ini menjadi salah satu peluang bagi Anda yang ingin menanam bunga tulip. Bila melihat dari segi harga bibit yang mahal tentu saat bunga mekar akan tinggi harga jualnya.

Cold Treatment Benih Bunga Tulip

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menanam bunga tulip yakni melakukan proses cold treatment. Cold treatment adalah salah satu metode mendinginkan bibit umbi bunga tulip terlebih dahulu sebelum kalian tanam. Anda dapat meletakannya di dalam kulkas atau dalam freezer.

Sebab tanaman bunga tulip termasuk tanaman yang berasal dari iklim yang dingin, tentu proses cold treatment dibutuhkan agar tanaman menjadi tumbuh dengan maksimal.

Baca Juga:  Cara Menanam Wortel Di Kebun

Bila Anda langsung menanam bibit umbi bunga tulip tanpa adanya proses cold treatment. Maka tanama bunga tulip tidak akan tumbuh walaupun telah kalian sirami setiap harinya.

Berikut ini cara untuk melakukan proses cold treatment, antara lain:

  • Cuci bersih bibit umbi bunga tulip, lalu keringkan dan bungkus dengan pastik.
  • Masukkan bibit bunga tulip kedalam freezer atau kukas dengan suhu 1,8 – 12
  • Tungulah bibit bunga tulip 2 – 4 bulan sebelum melakukan penanaman.
  • Pada proses penyimpanan ini Anda usahakan agar tidak tercampur dengan buah-buahan lainnya.
  • Bila terdapat jamur pada umbi bunga tulip, Anda dapat langsung membersihkan dengan air bersih lalu keringkan. Kemudian Anda masukkan kembali kedalam frezer. Lakukan pengecekan secara rutin, umumnya jamur akan mulai tumbuh ketika umbi masuk usia 2 bulan keatas.

Untuk memperoleh bibit bunga tulip Anda dapat membeli di toko pertanian baik offline atau online.

Tentukan Lokasi serta Persiapkan Lahan Tanaman Tulip

Selama menunggu dalam proses cold treatment, Anda dapat tentukan lokasi serta persiapkan lahan tanaman tulip. Berikut ini syarat tumbuh dalam menentukan lokasi yang ideal dengan tanaman bunga tulip, antara lain:

  • Direkomendasikan tinggi tanah pada tanaman bunga tulip berada di dataran yang tinggi, tidak direkomendaikan tanaman bunga tulip ditanam di dataran yang rendah dan beriklim panas;
  • Usahakan tanah pada lokasi gembur, mengandung unsur hara dan dekat dengan sumber air;
  • Tanah pada lokasi mempunyai pH tanah sekitar 5,5 – 7,5 dan sedikit kering atau berpasir;
  • Lokasi tanah jauh dari pantai agar tidak tercampur dengan asinnya air laut.

Persiapkan Media Tanam Bunga Tulip

Agar dapat menghasilkan bunga tulip yang baik, maka perlu dilakukan persiapan media tanam bunga tulip. Saat menyiapkan media tanam Anda perlu memperhatikan kalau bunga tulip adalah jenis tanaman yang berbunga dan tidak tahan akan iklim panah. Tentu tanaman ini lebih menyukai tempat yang mempunyai suhu rendah. Namum tidak dapat hidup pada lokasi yang terlalu lembab.

Sebab itulah perlu dilakukan persiapan media tanam bunga tulip, serta harus mempertimbangkan tingkat porositas tanah dan drainase dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat media tanam, antara lain:

  • Buatlah bedengan sebagai media tanam bunga tulip dan buat parit untuk drainase air.
  • Buatlah pada lapisan bawah media tanam dengan memakai kerikil kecil dengan mempunyai ukuran tebal sekitar 3 cm.
  • Pada lapisan tengah media, memakai campuran tanah berupa tanah topsoil, pasir dan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1:2 dengan ketebalan 25 cm.
  • Untuk lapisan yang paling atas Anda dapat memakai pasir kasar dengan ukuran sekitar 1 cm.
Baca Juga:  Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah

Menanam Tanaman Tulip

Selanjutnya melakukan penanaman bunga tulip yang telah siap, perlu diperhatikan dalam menanam bunga tulip agar tumbuh dengan baik. Berikut tahapan dalam menanam bunga tulip:

  • Buat lubang pada lahan yang telah di olah tadi dengan kedalam 2 – 3 cm
  • Taruh umbi bunga tulip kedalam lubang tersebut
  • Buat jarak tanam menyesuaikan dengan luas lahan Anda.
  • Siram pada sekitaran umbi bunga tulip yang telah ditanam, hindari menyiram pada bagian atas secara langsung hal ini bertujuan agar umbi tidak membusuk.
  • Perhatikan tingkat kelembapan umbi bunga tulip.

Perawatan Bunga Tulip

Berikut ini beberapa cara merawat bunga tulip, antara lain:

Penyiraman

Lakukan penyiraman pada bibit bunga tulip secara berkala, hindari terlalu sering di siram. Hal ini bertujuan agar terhidarnya pembusukan pada akar yang mengakibatkan tanaman bunga tulip mati.

Penyiangan

Dalam proses penyiangan Anda dapat melakukan secara berkala setiap 1 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi petumbuhan gulma yang dalam mengambil nutrisi yang dibutuhkan bunga tulip.

Penyejukan Lokasi Tanam

Penyejukan lokasi tanam dapat dilakukan dengan menggunakan sistem penyemprotan otomatis dengan menyemprotkan zat aerosol setiap 15 menit. Zat ini betujuan untuk mendinginkan suhu udara yang ada disekitaran tanaman.

Perawatan Ketika Bunga Muncul

Perawatan pada saat bunga muncul yang tumbuh menjulang ke atas, maka dalam waktu sekitar 8 minggu akan tumbuh bunga. Supaya dapat tumbuh mekar bunga tulip agar usahakan keadaan suhu sekitar tetap sejuk dan dingin.

Panen Bunga Tulip

Dalam prose pemanen bunga tulip dapat Anda lakukan setelah bunga tulip mencapai usia 8 bulan setelah prose penanaman. Pada usia ini bunga akan muncul dengan merangsang tumbuhnya bunga dengan memberikan paparan sinar matahari.

Apabila kalian menanam bunga tulip untuk dijual kembali ke pasaran demi memperoleh keuntungan. Maka pada saat buka mekar, kalian harus langsung segera memotongnya dan segera pindahkan ke suatu ruangan. Kemudian diawetkan demi menghasilkan bunga tulip yang segar dan siap untuk dijual ke pasaran.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.