Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Christia Obcordata. Yang mana dalam kesempatan kali ini menjelaskan cara menanam tanaman christia obcordata atau tanaman kupu-kupu serta cara merawatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel tentang menanam Christia Obcordata berikut ini.

Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Tanaman Christia Obcordata atau Swallow Tail yaitu salah satu jenis tanaman unik dan juga indah yang mirip dengan kupu-kupu. Pada jenis tanaman yang satu ini bisa diketahui dari bentuk daunnya yang mana berbentuk segitiga yang memiliki garis hijau dan merah anggur seperti ekor burung walet. Pada umumnya tanaman ini juga dikenal dengan tanaman kupu-kupu karenan memiliki bentuk yang mana keseluruhan dari daunnya menyerupai dengan sayap kupu-kupu. Tanaman ini sangat bagus apabila di tanam dipot baik pada pot gantung ataupun yang biasa.

Cara Menanam Christia Obcordata

Langkah pertama yaitu siapkan lahan tanam terlebih dahulu kemudian gemburkan tanah yang mana anda dapat menggunakan sekop atau cangkul. Tambahkan pupuk kandang maupun kompos, lumut gambut atau sekam aduk hingga merata menjadi satu. Lalu anda dapat menambahkan pupuk starter bergranul atau pupuk serbaguna yang seimbang.

Sekiranya tanah sudah siap, selanjutnya buka tanaman jika tanaman masih berada dalam bungkusan. Pegang pangkal pada tanaman dengan menarik dengan perlahan supaya tidak merusak batang hingga tanaman terpisah dari plastik. Jika tanaman tersebut terdapat dalam pot, untuk mengeluarkannya anda perlu memutar wadah pot dengan mengetuknya, longgarkan tanah sampai tanaman dapat keluar dari potnya.

Baca Juga:  Rahasia Membuat Racun Rumput Yang Ampuh

Lalu anda membuat lubang berkisar antara 2 kali lebih besar dari bola akar sehingga cukup untuk tanaman berada pada tingkat yang sama pada permukaan tanah yang terdapat dalam wadah yang tersedia. Pegang tanaman pada bagian atas bola akar dengan pergunakan jari berguna agar dapat menyela akar sedikit.

Masukan bibit tanaman Christia Obcordata kedalam lubang tanam tersebut, lalu padatkan tanah yang ada sekitar tanaman dengan menggunakan sekop kecil atau tangan sambil menekan tanah dengan perlahan. Pada tanah yang menutupi area lubang tanam perlu diusahakan merata terhadap permukaannya atau lebih tinggi pada bagian atas bola akarnya. Setelah itu selanjutnya anda perlu menyiramnya setiap hari yang mana sesuai dengan kebutuhan selama beberapa minggu supaya tanaman menjadi terbiasa atau mapan.

Penyiraman Tanaman Christia Obcordata

Selama masa penanaman awal anda perlu menyiramnya secara teratur selama beberapa minggu. Hal ini bisa anda lakukan sesuai dengan keadaan cuaca dan jenis tanahnya, anda dapat melakukannya satu hari 2 sampai tiga kali.

Hal ini bisa anda terapkan pada area akar yaitu 15 cm dari pangkal tanaman tidak secara keseluruhan tanaman. Anda bisa memeriksa kelembapan tanah dengan menggunakan sekop kecil atau bisa juga dengan jari tangan untuk memeriksanya. Jika tanah pada kedalaman 10 cm kering maka anda bisa menyiramnya kembali.

Pemupukan Tanaman Christia Obcordata

Supaya mendapatkan tanaman yang subur dan juga nisa berkembang dengan baik, Anda bisa memberikan pupuk baik puput itu berupa cair, butiran atau bahkan organik yang mana sesuai dengan kebutuhan tanaman. Penentuan dalam melakukan metode aplikasi yang terbaik tergantung dengan situasi kondisi tanaman serta tanah, pilihlah produk dengan keseimbangan nutrisi supaya dapat mendorong tanaman menjadi mekar.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Matahari Mudah dan Simple di Rumah

Jika terlalu banyak akan memberikan pupuk hal ini dapat mengakibatkan rusaknya pada tanaman sehingga perlu untuk mengetahui dan mengikuti anjuran dosis yang sudah tertera pada pupuk tersebut dam seberapa sering pupuk digunakan untuk tanaman.

Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Pemangkasan Tanaman Christia Obcordata

Dalam hal ini pemangkasan diperlukan dengan tujuan agar tanaman bisa mempertahankan bentuk serta ukuran yang sesuai dengan yang diinginkan. Pada pemangkasan tanaman ini memiliki tujuan supaya dapat merangsang pertumbuhan baru yang lebih baik dan lebat serta supaya dapat mendorong tanaman menjadi lebih banyak berbunga. Pemangkasan ini bisa anda lakukan pada bagian yang telah terlihat tua supaya bisa tumbuh tunas yang tampak sehat.

Demikian penjelasan tentang Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.