Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula

2 min read

Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun akan membahas mengenai  Menanam Eceng Gondok. Yang mana dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan cara mananam enceng gondok dengan mudah bagi pemula. Untuk lebih lengkapnya yuk simak artikel Kebun berikut ini.

Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula

Eceng gondok adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh di air. Tanaman ini asal mulanya berasal dair benua Amerika, Negara Brazil yang penyebarannya telah sampai ke benua Asia.

Dengan tingkat pertumbuhannya yang terbilang cukup cepat, tumbuhan ini dapat hidup dengan memakai media air. Tanaman ini biasanya menutupi aliran dari arus air yang biasanya berada pada bataran sungai, kali sapai selokan bila selokan tidak terawat. Disamping itu juga, tanaman ini akan menggangu nelayan yang sedang berlayar, sebab akan membuat sulit bergerak kapal yang dikendarainya.

Namun begitu, sebagian orang mempunyai pendapat lain mengenai tanaman ini. Sebenarnya tanaman eceng gondok dapat dipakai untuk kebutuhan lainnya bila berada pada tangan orang yang kreatif. Sehingga akan memiliki nilai tambah yang lebih bagi orang yang  dapat memanfaatkannya.

Bila Anda merawat tanaman eceng gondok dengan perawatan yang cukup, tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias yang akan cocok bila ditanam pada kolam Anda untuk penampilan yang berbeda.

Teknik Menanam Eceng Gondok di Dalam Kolam

Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula

Berikut ini beberapa cara untuk menanam eceng gondok di dalam kolam, diantaranya:

Pemilihan Bibit Eceng Gondok

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menanam eceng gondok yakni pemilihan bibit eceng gondok. Sebenarnya tak ada trik khusus dalam menanam eceng gondok. Semua tanaman eceng gondok sebenarnya bisa dipakai sebagai bibit untuk menumbuhkan eceng gondok.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Kelapa Sawit yang Baik

Media Tanam Eceng Gondok

Media tanam yang pastinya dibutuhkan yakni air. Baik yang digunakan air kotor atau tidak yang bisa dipakai eceng gondok untuk tumbuh. Namun, pastinya bukan air yang telah terkena limbah yang terlalu kotor. Lalu, Anda dapat membuat wadah yang akan dipakai sebagai tempat untuk menaruh eceng gondok. Pastikan kalau kolam tersebut terdapat air yang akan dipakai untuk menaruh tanaman ini.

Berikut ini adalah cara membuat kolam untuk tanaman eceng gondok, antara lain:

  • Buatlah kolam tersebut dengan ketinggian kurang lebih sekitar 80 cm. Karena tanaman eceng gondok dapat memiliki akar yang dapat tumbuh hingga sepanjang 45 cm;
  • Selanjutnya, pada kolam yang dibuat pula sebaiknya menggunakan semen pada dasarnya agar air tidak merembes masuk ke dalam tanah;
  • Setelah itu diberikan pula pasir halus dengan ketebalan sekitar 35 cm, dan tambahan di atas pasir halus ini lapisan tanah liat dengan ketebalan 10 cm. Karena dengan lapisan tanah liat ini diharapkan akan menjadi lumpur dikemudian harinya setelah air yang cukup banyak;
  • Berikan juga pada bagian diatas tanah liat diberikan pasir yang telah dibersihkan dari kotoran dan dipisahkan dari pasir yang terdapat bebatuan dengan ketebalan 24 cm.

Langkah Menanam

Tanaman eceng gondok tidak membutuhkan media tanam seperti tanah pada umumnya yang dipakai tanaman lain. Sebab pada dasarnya tanaman ini hanya dapat hidup di air. Anda hanya perlu memberikan air yang tidak kotor, akan memberikan nutrisi untuk pertumbuhan kepada tanaman eceng gondok yang akan ditanam.

Terlebih lagi bila tempat yang disediakan untuk pertumbuhan eceng gondok terdapat lumpur maka akan cepat berkembang  pertumbuhannya. Namun, untuk penggunaan pupuk Anda dapat melakukannya dalam kurun waktu 1 bulan sekali dengan memberikan pupuk NPK daun. Karena tanaman ini terbilang dalam kategori tanaman yang memiliki pertumbuhan cepat.

Baca Juga:  Perbandingan Jumlah Indukan Betina Dan Jantan Pada Kolam Terpal Adalah

Teknik Perawatan

Setelah Anda menaruh bibit eceng gondok, cukup diamkan saja yang selanjutnya dari eceng gondok itu akan menyebar disekelilinnya secara sendirinya. Untuk membedakan antara eceng gondok yang tuad dan yang muda cukup dengan melihat warna dari akar tanaman itu.

Bila akar pada tanaman eceng gondok berwarna hita, maka tanaman itu sudah tua. Sebaliknya bila akar tanaman itu berwarna putih maka tanaman itu masih tergolong muda.

Perubahan warna dari akar eceng gondok dapat disebabkan karena tanaman ini menyerap kotoran baik dari ikan ataupun dari sisa tanaman yang mati. Sebab itu, Anda tidak perlumelakukan perawatan yang intensif terhadap tanaman ini, karena pada dasarnya tanaman eceng gondok bisa merawat dirinya sendiri.

Menjaga Tanaman

Perlu diperhatikan Anda harum tetap menjaga kepadatan dari kolam yang akan dipakai untuk menanam tanaman eceng gondok. Sebab, perlu dihindarkan bila kolam tersebut akan sangat penuh dengan tanaman eceng gondok yang Anda tanam. Karena itu, lebih baiknya Anda juga harus mengambil dan membuang beberapa tanaman eceng gondok yang berada di kolam tempat Anda membudidayakan eceng gondok.

Untuk mencegah pertumbuhan eceng gondok yang sangat cepat. Anda dapat melakukan dengan cara manual yakni dengan cara merentangkan tali agar menghalau perkembangan dari tanaman eceng gondok tersebut.

Pada area yang tidak ingin terdapat eceng gondok, lebih baik Anda berikan tali dengan ketinggian kisaran lima cm diatas permukaan air. Dengan tali tersebut akan mencegah pertumbuhan eceng gondok yang signifikan dan menahan penyebaran tanaman itu.

Setelah itu, Anda perlu merawat tanaman eceng gondok dengan baik dan benar. Karena tanaman eceng gondok juga mempunyai banyak fungsi bagi perairan dan manusia.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Blimbing Wuluh

Farming
2 min read

Cara Menanam Daun Bidara

Farming
3 min read

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read