Cara Menanam Jagung : Panduan, Memilih, Menjaga Dan Memanen

3 min read

Cara Menanam Jagung : Panduan, Memilih, Menjaga Dan Memanen

Cara Menanam Jagung : Panduan, Memilih, Menjaga Dan Memanen – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Jagung.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Jagung bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Jagung berikut ini.


Cara Menanam Jagung : Panduan, Memilih, Menjaga Dan Memanen


Jagung merupakan salah satu komoditas biji – bijian yang umumnya dijadikan sumber tenaga. Oleh sebab itu bila kamu sarapan memakai jagung, kamu secara tidak langsung telah mengisi tenaga kamu.

Jagung bisa diolah jadi apapun sehingga cukup menguntungkan untuk orang yang mau membudidayakannya. Bila kamu penasaran, inilah metode menanam jagung yang disediakan buat kamu.

Semakin kamu mengenali tentang metode budidaya tumbuhan jagung, maka kamu hendak menciptakan kualitas jagung yang baik.

Sangat jelas bila tumbuhan jagung tidak sangat sulit untuk dibudidayakan. Kamu harus yakin dengan keahlian kamu.

Oleh sebab itu kamu hendak diberikan beberapa anjuran buat membudidayakan jagung dengan hasil yang melimpah.

Saat sebelum mengenali metode menanam jagung, kamu wajib mengenali varietas jagung. Jagung mempunyai beberapa varietas yang dapat ditanam oleh kamu.

contoh varietas tersebut ialah baby corn, jagung warna warni, jagung manis, jagung hibrida, serta lain – lainnya.

Kamu wajib mengenali varietas yang dipunyai oleh jagung sehingga kamu tidak perlu kesusahan dalam memilih bibit unggul buat menciptakan jagung yang bermutu.


Panduan Menanam Jagung Dengan Hasil Berlimpah

Setelah mengenali secara umum tentang varietas jagung. Maka sekarang saatnya bergeser ke metode menanam jagung.

Buat menanam jagung, kamu membutuhkan berbagai perlengkapan pertanian, bibit jagung, serta lahan buat menanam jagung.

Komponen – komponen tersebut wajib ada serta disiapkan oleh kamu. Kebutuhan perlengkapan pertanian yang sangat penting merupakan perlengkapan yang standar.

Ada pula sebagian langkah bisa kamu terapkan buat melakukan budidaya tumbuhan jagung. Ada sebagian langkah yang wajib kamu lakukan dalam bercocok tanam dengan komoditas jagung.

Apa saja langkah – langkahnya? Inilah langkah – langkah yang wajib kamu lakukan buat menanam jagung.

Memilih Bibit Jagung

  • Baiknya memilih bibit jagung kualitas unggul ataupun merek terkenal bila kamu membeli di kios pertanian.
  • Sebaiknya jagung yang hendak digunakan sebagai bibit diambil dari batang jagung yang betul – betul berkualitas, besar, sehat serta leluasa dari hama serta penyakit.
  • Memilih tongkol ataupun buah jagung yang masih terbungkus rapat bila kamu memakai bibit buatan sendiri.
  • Dari buah jagung tadi baiknya ambil biji pada bagian tengahnya sebagai bibit.
Baca Juga:  √ Panduan Cara Menanam Kembang Kol Dengan Mudah Bagi Pemula

Pengolahan Tanah

  • Tanah wajib bersih dari sisah tumbuhan lama ataupun rumput – rumputan.
  • Tanah dibuat bedengan ataupun dicangkul dengan kedalaman 25 centimeter.
  • Sehabis dicangkul, berikutnya tanah dapat diratakan kembali.
  • Buatlah parit bedengan dengan baik tumbuhan jagung dapat memperoleh air yang balance diwaktu hujan.
  • Baiknya saat sebelum menanam lahan hendaknya di berikan kapur ataupun melakukan pengapuran buat merendahkan tingkatan keasaman tanah.

Metode Menanam Jagung

  • Supaya tanah yang ditanami jagung jadi produktif, hendaknya diberikan pupuk yang cukup. Pupuk yang diberikan dapat berbentuk pupuk organik serta pupuk kimia.
  • Apabila jenis jagung besar ditanam serta tidak diselingi dengan tumbuhan lain, maka jarak yang baik yakni antara 90 x 60 Centimeter. setelah itu kebalikannya apabila jenis jagung kecil yang ditanam serta ialah tanaman tunggal (tanpa ada tumbuhan lain), maka pakai jarak tanam antara 80 x 40 Centimeter.
  • Apabila jagung digunakan sebagai tumbuhan penyelang, misalnya ditanam di antara tumbuhan lain misalnya seperti kacang, sayur – mayur serta cabe, maka hendaknya jarak tanam antara batang jagung merupakan 200 x 80 Centimeter. Baiknya dibuat agak jarang supaya tidak mengusik tumbuhan lain dalam perihal memperoleh cahaya matahari.
  • Bibit jagung yang ditanam dimasukan ke dalam tanah dengan kedalaman 5 centimeter, serta tiap lubang dapat dimasukan 2 – 3 biji jagung.
  • Setelah tumbuhan jagung mencapai ketinggian 30 – 40 centimeter tanah wajib dibersihkan lagi dari rumput – rumput liar ataupun gulma. Setelah itu tumbuhan jagung diberikan pupuk seperlunya biar pertumbuhannya lebih cepat.

Cara Menanam Jagung : Panduan, Memilih, Menjaga Dan Memanen


Metode Menjaga Tumbuhan Jagung

Pemeliharaan tumbuhan jagung bisa dilakukan dalam beberapa sesi, ialah:

  • Penjarangan serta Penyulaman

Proses ini dilakukan pada saat tanam terdapat 2 ataupun lebih benih jagung yang tertanam, sehingga berkembang 2 ataupun lebih tumbuhan jagung.

Oleh karena itu, wajib dilakukan penjarangan. Proses penyulaman tumbuhan jagung dilakukan apabila terdapat tumbuhan yang mati dengan mengantikan tumbuhan baru.

  • Penyiangan

Melakukan proses pembersihan tumbuhan yang mengganggu di dekat tumbuhan jagung, seperti rumput, krokot, keladi serta tumbuhan pengganggu yang lain.

  • Pembumbunan

Penerapannya bisa dilakukan secara bersamaan dikala proses penyiangan dengan tujuan menguatkan pangkal tumbuhan dan membantu memesatkan perkembangan.

  • Sistem Pengairan

Sitem pengairan pada tumbuhan jagung sangat gampang saat terletak di lahan persawahan memakai sistem penggenangan ataupun irigasi parit. Pastinya tidak segala lahan yang digenangi oleh air melainkan paritnya saja.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam dan Merawat Bunga Calandiva

Triknya ialah dengan mengalirkan air ke segala drainase air yang sudah di buat serta biarkan air menyerap pada tanah tempat tumbuhan jagung itu berkembang.

Setelah tanah nampak basah/lembab, keluarkan kembali air dari saluran drainase. Air yang dikeluarkan tersebut dapat dipindahkan dari satu lahan bedengan satu ke bedengan yang lain, ke satu ataupun 2 lahan tanam dengan petak yang berbeda.

  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Tumbuhan jagung pula memiliki hambatan yang sama dengan tumbuhan yang lain. Dalam budidaya tumbuhan jagung pastinya tidak lepas dari serbuan hama serta penyakit.

Serbuan hama serta penyakit bisa menyebabkan penyusutan hasil panen apalagi menyebabkan kematian tumbuhan serta menyebabkan gagal panen.

Banyak sekali hama serta berbagai penyakit yang bisa melanda tumbuhan jagung oleh sebab itu dalam perawatan penanaman jagung wajib di prediksi supaya tidak sampai terkena penyakit serta hama. Pastinya tiap penyakit serta hama mempunyai penindakan yang berbeda – beda


Panen serta pasca panen

Tumbuhan jagung dapat dipanen dekat 100 HST, bergantung dari jenis benih yang digunakan. Secara fisik jagung yang siap panen nampak dari daun klobotnya yang mengering, bercorak kekuningan.

Panen yang dilakukan saat sebelum ataupun sehabis masa fisiologinya hendak berdampak pada komposisi kimia jagung yang menentukan kualitasnya.

Setelah panen jagung harus dikeringkan terlebih dulu. Metode pengeringan yang sangat umum ialah dengan menjemurnya di ladang bersama – sama dengan klobotnya.

Ataupun dapat pula dikupas kelobotnya setelah itu jagung dijemur di lantai ataupun di atas terpal. Kehancuran masih dapat terjadi dikala proses pengeringan paling utama apabila panen dicoba di masa hujan.

Jagung yang masih basah sangat rentan dengan serbuan jamur ataupun cendawan. Jamur dapat mengganggu hasil panen sampai lebih dari 50%.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Jagung dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.