Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula

Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Rumput Gajah Mini. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah dalam menanam rumput gajah midi yang baik bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang menanam rumput gajah mini berikut ini.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula

Tanaman rumput gajah mini yaitu salah satu jenis variasi dari rumput hias yang mana digunakan sebagai pemanis tanaman. Tanaman ini memang sedang naik daun dalam menghiasi eksterior rumah dimana tanaman ini dapat dipakai sebagai penghias taman jenis rumah minimalis.

Mengapa tanaman ini dinamakan rumput gajah mini? Sebab tanaman ini mempunyai ukuran daun lebih besar dan lebar bila dibandingkan dengan rumput hias pada umumnya contohnya rumput jepang. Ada kelebihan tersendiri dari jenis rumput yang satu ini yaitu pada perawatannya yang sangat mudah ditambah lagi dengan harganya tentu sangat terjangkau yakni kisaran Rp. 15.000 – 20.000 per meter.

Persiapan Lahan Tanam Rumput Gajah Mini

Langkah awal dalam mempersiapkan penanaman rumput gajah mini yaitu persiapan lahan tanam. Anda bisa menggemburkan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul atau menggunakan alat lainnya dengan kedalaman kurang lebih 5 cm. Jika tanah sudah digemburkan selanjutnya ratakan kembali dan apabila keadaan tanah gersang atau kurang subur Anda dapat menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Baca Juga:  Cara Memupuk dan Perawatan Sawit Pada Lahan Gambut

Dengan penambahan pupuk yang berguna untuk pemenuhan nutrisi yang hilang dalam tanah lalu diamkan selama 1 minggu sebelum proses penanaman rumput gajah mini ini. Jika jenis tanah yang ada kurang bagus Anda bisa mencari tanah lain yang di diletakkan pada kebun yang akan ditanam.

Penanaman Rumput Gajah Mini

Penanaman rumput ganajah mini bisa Anda lakukan pada waktu musim penghujan, yang mana supaya rumput yang baru dapat disuplay dengan menggunakan air yang komposisisnya cukup banyak.

Dengan bibit yang telah disiapkan berikutnya dapat dipotong-potong menjadi lebih kecil lagi hingga bagian akarnya tidak terlihat atau tertutup tanah. Tanaman ini bisa di tanam dengan menggunakan pola zig zag supaya dapat hasil yang sempurna.

Tanah dan jalinan akar bisa diperkuat dengan cara memukul atau menekan rumput gajah secara perlahan hingga dapat melekat kedalam tanah. Selanjutnya ratakan bagian posisi rumput gajah mini menggunakan tanah dengan cara menindihnya menggunakan kayu atau semacamnya. Jika sudah terlihat rata maka kayu bisa diambil kembali dari permukaan tanah.

Berikutnya tancapkan rumput gajah mini dengan menancapkan bagian akar ketahnya sehingga sudah terasa menyatu dengan tanah. Agar rumput tidak mudah bergeser Anda bisa menguruk atau menimbun pada bagian sela tanaman dengan menggunakan tanah. Untuk jarak tanam bisa Anda atur sesuai keinginan.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula

Perawatan Rumput Gajah Mini

Dalam perawatan rumput gajah mini Anda bisa menggunakan pupuk NPK dan pupuk Urea setalah usia tanam mencapai sekitar 14 hari. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar merangsang dalam proses tumbuh kembangnya rumput terlebih dahulu.

Lakukan penyiraman secara teratur minimal 2 kali sehari pagi dan sore hari, supaya dalam pertumbuhannya menjadi lebih baik. Selama dalam proses penyiraman Anda bisa mengunakan selang kecil, dengan semprotan halus atau gembor.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Tulip Dengan Benar

Upayakan agar tanaman terhindar dari binatang seperti ayam atau hewan lainnya yang biasanya berkeliaran pada halaman. Jika tidak dapat terhindar dari hewan tersebut maka Anda dapat menutupnya dengan menggunakan daun kelapa, blarak atau lainnya sehingga sumput dapat terhindar dari cakaran hewan. Jika sudah memasuki umur 7 hari Anda sudah dapat mengambil pelepah kelapa atau yang menutupu rumput tersebut.

Upayakan agar kondisi tanaman mendapatkan pasokan cahaya matahari yang cukup supaya rumput dapat tumbuh dengan hasil yang maksimal. Tak hanya itu anda dapat melakukan penyiangan pada tanaman liar atau gulma yang mana gulma atau tanaman liar biasanya tumbuh disekitaran rumput gajah mini.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka usahakan rumput jangan terinjak sebab apabila rumput terinjak oleh kaki bisa membuat pertumbuhan rumput menjadi terhambat. Apabila memang hal ini tidak bisa dihindari maka Anda bisa memasang pijakan kaki yang dibuat dari batu diantara rumput gajah mini tersebut.

Demikian penjelasan tentang Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.