Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat

Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat

Posted on

Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Rumput Gajah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara menanam rumput gajah agar cepat tumbuh lebat dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dipahaminya simak artikel tentang menanam rumput gajah berikut ini.

Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat

Di Indonesia banyak para petani yang berperan sebagai petani sekaligus sebagai peternak yang mana banyak memiliki tanah yang luas juga dapat untuk terus digunakan agar menjaga ketersediaan pakan hijau.

Dengan persediaan lahan atau ladang yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menanam jenis rumput unggul yang mana rumput tersebut digunakan sebagai pakan ternak seperti rumput odot, rumput gajah dan rumput raja. Biasanya jenis rumput jenis ini digunakan untuk pakan hewan ternak seperti kambing, domba, kerbau, sapi dan lain sebagainya.

Pada saat ini keberadaan dari rumput gajah semdiri banyak dijual belikan oleh para petani karena banyaknya permintaan yang digunakan sebagai pakan untuk hewan ternaknya. Hal ini dkarenakan oleh keadaan rumput yang ada dilapangan sudah mulai berkurang. Maka dari itu dengan keberadaan rumput gajah dapat untuk mencukupi serta menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai tanah yang luas.

Cara Menanam Rumput Gajah

Untuk menanam rumput gajah sendiri tidaklah begitu sulit, petani hanya membutuhkan beberapa persiapan diantaranya yaitu:

Persiapan Lahan Media Tanam

Pilihlah tanah dengan kondisi tanah yang tidak tandus atau kering yang nanti digunakan untuk menanam rumput gajah. Apabila lahan yang akan digunaka terlihat tandus atau kering Anda dapat menyiramnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menanam.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Hijau : Mengelola, Penyiangan, Perawatan Dan Penanganan Panen

Hal ini dilakukan dengan tujun agar memastikan bahwa tanah yang akan digunakan ini terdapat kandungan nutrisi yang cukup guna mendukung dalam pertumbuhan rumput gajah setelah proses penanaman. Seusai lokasi media tanam atau lahan tanam siap, Selanjutnya Anda gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul. Pengemburan tanah hanya dilakukan sedalam 6-10 cm dari permukaan tanah.

Proses Penanaman Rumput Gajah

Apabila proses pemilihan lokasi tanam ini telah ditentukan dan media tanam juga telah digemburkan langkah selanjutnya yaitu proses penanaman rumput gajah. Dalam hal ini alangkah baiknya penanaman dilakukan pada saat musim penghujan, dikarenakan rumput gajah memerlukan kadar air selama fase pertumbuhan.

Untuk benih yang ingin Anda gunakan, dapat Anda beli di toko pertanian atau membeli bibit rumput gajah pada petani setempat.

Tanaman rumput gajah sendiri mempunyai daya serap air yang cukup tinggi sehingga memerlukan asupan air yang banyak. Apabila kondisi tanah yang akan digunakan kurang subur dapat Anda menambahkan pupuk organik pada tanah tersebut. Hal ini dilakukan yang mana bertujuan agar terdapat kandungan nutrisi yang cukup supaya dapat menompang pertumbuhan tanaman gajah. Sebelum melakuan proses penanam pilihlah lokasi yang terkena cahaya sinar matahari yang cukup.

Berikut ini adalah tata cara menanam rumput gajah

  • Benih rumput gajah dipotong menjadi kecil dimana potongan sampai akarnya tidak terlihat dan ditutupi tanah.
  • Penanaman dapat menggunakan zig zag agar hasil menjadi sempurna.
  • Padatkan secara perlahan agar tanaman dapat membuat jaringan akar lebih kuat pada tanah.
  • Kemudian tancapkan rumput gajah ketanah dengan menaruhnya agak secara miring.

Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat

Perawatan Tanaman Gajah

Untuk perawatan tanaman gajah itu sendiri cukup dengan melakukan pemupukan dan penyiraman secara teratur. Untuk pemupukan pertama Anda dapat menggunakan pupuk NPK pada tanaman pada saat usia tanaman telah mencapai 2 minggu.

Baca Juga:  Cara Menanam Rumput Gajah Mini yang Baik Bagi Pemula

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat membantu merangsang pertumbuhan pada jaringan tumbuh rumput gajah sehingga hal ini dapat menghasilkan petumbuhan yang baik. Disamping itu penyiraman juga dapat dilakukan pada saat pagi dan sore hari yang dilakukan secara merata.

Bila perlu anda dapat membuat pagar disekeliling tanaman rumput gajah yang bertujuan agar tidak dimakan oleh hewan. Disamping itu pencahayaan dari matahari juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput gajah. Anda juga perlu untuk membersihkan gulma atau tanaman yang tumbuh disekitaran rumput gajah sebab gulma sendiri dapat mengambil unsur nutrisi yang terdapat dalam tanah.

Demikian penjelasan tentang Panduan Menanam Rumput Gajah agar Cepat Tumbuh Lebat, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.