Cara Mudah Mengobati Cacar Buah Melon Dengan Tepat

Cara Mudah Mengobati Cacar Buah Melon Dengan Tepat

Posted on

Cara Mudah Mengobati Cacar Buah Melon Dengan Tepat – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Mengobati Cacar Buah Melon. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah mengobati cacar pada buah melon dengan secara tepat dan benar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan artikel dibawah ini.

Cara Mudah Mengobati Cacar Buah Melon Dengan Tepat

Sudah umum bagi masyarakat di daerah madiun, ngawi atau sekitarnya yang membudidaya melon. Sebab dengan budidaya melon yang memang sangat menjanjikan dalam mendatangkan untung yang besar. Supaya bisa mendapat keunutngan tentunya perlu perawatan yang lebih optimal agar dapat menghasilkan kualitas buah melon dengan kulaitas baik.

Pada umunya penentuan kualitas bisa kita lihat dari jenis melon, sempurnanya bentuk, berat, kadar kemanisan maupun brix serta kualitas kulit dari buah melon sendiri. Namun dari sekian banyal penilaian nya terdapat beberapa kendala yang mana bisa menurunkan kualitas dari buah melon yaitu cacar buah melon.

Umumnya cacar buah yaitu kecacatan secara fisik pada kulit melon dengan adanya bercak basah ataupun kering atau trotol pada bagian kulit sehingga dapat mengakibatkan pembusukkan buah. Dalam hal ini yang merupakan ancaman bagi para petani melon, sebab bila buah sudah terkena cacar maka pasti akan menjadi busuk bila tidak segera diatasi.

Walaupun pada penanganannya msaih bisa diatasi jika terkena dan pulih akan terlihat bekas dari cacar buah melon ini. Jadi agar terhindar dari terserangnya penyakit tersebut lebih bijak untuk mengatasi sedini mungkin bila terlihat agar tidak menyebar.

Penyebab Cacar Buah Melon

Terdapat 2 jenis pantogen yang menyebabkan yang menjadikan cacar buah melon yaitu cendawan dan bakteri. Pada umunya cacar buah dapat terjadi jika metode tanam secara lesehan serta jarang ditemukan pada metode penanaman sistem ajir.

1. Gejala Cacar Buah Melon Karena Cendawan

Biasanya gajala cacar buah melon ini disebabkan oleh cendawan karena posisi buah melon ini berada pada dasar yang sehingga sangat mudah untuk terkena bakteri atau jamur pantogen. Dalam hal ini efek atau gejalanya hampir sekilat terlihat sama. Pada bagian buah yang terkena cacar akan terlihat dari atas sedangkan jika dilihat dari bagian bawah buah tidak terdapat cacarnya.

Baca Juga:  Pipa Paralon Hidroponik

Cacar akan telihat seperti titik kecil yang banyak namun buah tatap rata, buah tersebut tidak secara langsung busuk.
Penyakit cacar pada buah melon bisa sembuh dengan sendirinya, namun hal ini dapat menimbulkan bercak kasar di permukaan buah melon.

2. Gejala Cacar Buah Karena Bakteri

Dalam cacar buah yang disebabkan oleh bakteri maka akan terlihat trotol pada keseluruhan buah dari atas sampai bagian bawah.

Pada bagian yang terkena cacar buah akan terlihat berupa spot basah kehitaman yang ukurannya besar serta terdapat cekungan ke dalam.

Jika pada awal benih sudah terkena oelh bakteri, maka akan terlihat pada daun tanaman yang menunjukkan beberapa ciri berupa bercak coklat lalu daun yang terinjak mengering dan jika tidak segera untuk ditangani maka buah akan segera busuk.

Untuk mengobati atau mengatasi cacar jenis ini agak sulit untuk ditangani juga dapat disembuhkan namun bekasnya akan tetap ada.

Organisme penyebab cacar buah melon, karena cendawan (jamur) penyebabnya adalah cendawan jenis antraknose atau phytopthora. Pada ke 2 (dua) jamur pathogen ini selain menyerang batang dan tanaman daun juga dapat menyerang bagian buah.

Cacar buah atau dalam istilahnya yaitu Bakterial Fruit Blotch (BFB) Hal ini disebabkan karena bakteri gram negatif Acidovorax citrulli. Bakteri yang menyerang tanaman khusus jenis Curcubiteae (timun-timunan). Tak hanya itu BFB (Bacterial Fruit Blotch) juga dapat menyerang tanaman semangka, timun, labu, pare, gambas dll.

Serangan bakteri Xanthomonas Campestris dan Acidovorax citrulli terjadi, sebab area tanam yang terlalu lembab dan kurang sirkulasi udara serta cahaya atau karena infeksi sejak dari benih. Bakteri tersebut memang tidak akan membunuh tanaman namun bakteri tersebut lebih memilih untuk bertahan dalam jaringan tanaman menunggu hingga buah keluar.

Baca Juga:  Hama Tanaman Selada, Penyakit dan Cara Pengendaliannya

Langkah Pencegahan

Adapun langkah dalam pencegahan terkenanya, yaitu:

  • Lakukan perendaman biji benih menggunkan fungsi sitemik dan bakterisida sistemik, contohnya : Agrepth;
  • Bersihkan tumbunya gulma pengganggu tanaman dan memperlancar sirkulasi udara serta menambah intensitas sinar matahari yang masuk ke area tanam;
  • Segera menyemprotkan fungisida kontak + sistemik dan bakterisida sistemik ketika buah melon sudah seukuran telur ayam;
  • Ketika menyemprot baik insektisida bakterisida, atau fungisida usahakan untuk selalu mengenai bagian buah;
  • Pakailah benih Melon F1 yang terjamin bebas dari bacterial fruit blotch

Cara Mengobati Cacar Buah Melon

Ada beberapa cara unutk mengobati penyakit cacar dari buah melon antara lain yaitu:

  • Gunakanlah fungisida yang memiliki kandungan berbahan aktif Mancozeb seperti Bion-M dicampur (mix r) dengan bakterisida Agrepth (sistemik);
  • Keesokan harinya semprot menggunakan fungisida kontak yang berbahan aktif tembaga hidroksida, ini berfungsi sebagai bakterisida kontak;
  • Pastikan bagian buah yang disemprot mengeliling dan gunakan pelekat;
  • Lakukan penyemprotan selang seling tiap hari hingga cacar buah dipastikan kering lalu interval dijarangkan menjadi 3 hari sekali;
  • Hentikan penyemprotan pupuk nitrogen untuk sementara dan sebaiknya gunakan pupuk Kalium Phospate seperti pupuk Mono Kalium Phosphate (MKP);

Cara Mudah Mengobati Cacar Buah Melon Dengan Tepat

Tips Cara Mengatasi Cacar Buah Melon

Dibawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi cacar pada buah melon, yaitu:

  • Saat pembuatan pupuk dasar gunakan EM4 yang mengandung bakteri baik sebagai penekan pertumbuhan bakteri pathogen;
  • Gunakan jamur Makoriza sp dan trichoderma pada pupuk dasar untuk mencegah berkembangnya bakteri patogen;
  • Gunakan jamur baik + bakteri baik yang disemprotkan ke tanaman sehingga akan berkembang diarea tanam dan mengurangi populasi organisme patogen dipermukaan tanah dan sela-sela tanaman yang tertutup daun;
  • Anda bisa menggunakan bakterisida sistemik dan fungisida sistemik yang dilakukan secara rutin mulai dari hari penanaman dengan interval 10 hari sekali untuk kekebalan tanaman.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Mengobati Cacar Buah Melon Dengan Tepat, semoga dapat bermanfaat dan membah wawasan Anda. Selamat mencoba.