Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek

2 min read

Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek

Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek berikut ini.


Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek


Bebek ialah hewan pemakan seluruh (omnivora) semacam rumput, ikan, serangga, tumbuhan air, cacing serta amfibi kecil. Bebek tipe penyelam serta bebek laut mencari makan di kedalaman air.

Buat mempermudah bebek menyelam, kedua bebek tersebut mempunyai massa yang lebih besar sehingga mereka lebih susah buat terbang.

Bebek dari keluarga Anatidae tidak sanggup menyelam jauh. Mereka cuma menyaring santapan di perairan yang bisa mereka jangkau.

Bila mereka berenang di dalam air, mereka tidak dapat menyelam selama bebek penyelam.

Mereka memiliki paruh yang pipih serta memiliki lamellae yang bisa mempermudah dalam menyaring makanannya.

Dari tahun ke tahun permintaan bebek hadapi kenaikan, mulai dari daging, telur serta bulunya.

Sebab tidak sedikit dari peternak yang menjual indukan bebek yang mereka pelihara, sehingga hendak kurangi stok indukan.

Oleh sebab itu untuk Kamu yang mau mengawali usaha beternak bebek pasti masih terbuka banyak kesempatan.

Kamu dapat beternak bebek buat perbanyak telur serta hendak menciptakan bebek yang banyak pula.

Baca Juga:  Cara Menanam Benih Sayuran

Manajemen Yang Dibutuhkan Buat Tingkatkan Produksi Telur

Mengendalikan Intensitas Pencahayaan Pada Kandang Bebek

Terdapatnya pencahayaan, baik berasal dari sinar alami (cahaya matahari) ataupun buatan (lampu) hendak menstimulasi hipotalamus yang setelah itu diteruskan ke kelenjar-kelenjar badan, semacam hipofisa tiroid serta paratiroid buat menciptakan hormon.

Kelenjar hipofisa hendak mensekresikan follicle stimulating hormon (FSH) serta luteinizing hormon (LH).

Hormon FSH berperan mematangkan folikel/sel telur pada indung telur (ovarium), sebaliknya hormone LH berperan menggertak proses ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium ke oviduk/saluran telur).

Kedua hormon inilah yang sangat berfungsi berarti untuk pembuatan sebutir telur.

Penangkalan serta Penanggulangan Penyakit Secara Terpadu

Bebek yang berproduksi tinggi tentu dalam kondisi sehat. Buat itu seluruh upaya buat tingkatkan penciptaan telur wajib diiringi dengan pemeliharaan kesehatan secara terpadu.

Sehingga bebek bebas dari kuman, virus ataupun mikroorganisme lain yang bisa mengusik kesehatan bebek.

Pemeliharaan kesehatan yang terpadu bisa menekan sumber penyakit di dekat area kandang dan meningkatkan tingkatan imunitas ayam.

Serbuan penyakit masih bisa terjadi walaupun bebek dalam keadaan terbaik. Penyusutan produksi telur acapkali ialah salah satu indikasi awal terdapatnya serbuan penyakit.

Indikasi yang lain dapat berbentuk lesu serta bulu kumal, mata berair, keluar ingus dari hidung, batuk, rontok bulu, pincang, hingga kematian.

Bila peternak melihat seekor bebek sakit, jalani isolasi ataupun pengafkiran serta lihat totalitas populasi secara cermat.

Bila curiga terdapat serbuan penyakit, lekas tangani ataupun pula belum dapat menanggulangi sendiri lekas mendatangi dokter shewan setempat supaya bisa menolong memerikasa sehingga diperoleh diagnosa serta penyembuhan yang akurat.

Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek


Melaksanakan Replacemen Peremajaan

Usia yang terus menjadi tua bisa mempengaruhi pada produksi telur. Pengaruh ini sangat bermacam-macam di antara individu bebek.

Baca Juga:  Wadah Hidroponik

Bebek bisa berproduksi secara efesien sepanjang 2 siklus masa bertelur. Sehabis 2 tahun, produktivitas hendak menyusut.

Secara umum, produksi telur sangat baik sepanjang tahun awal, tetapi bebek petelur yang berproduksi besar bisa berproduksi lumayan baik sepanjang 2-3 tahun.

Keadaan ini berbeda pada tiap strain bebek. Bebek petelur yang berproduksi besar hendak bertelur selama hampir 50-60 minggu masing-masing siklus masa bertelur.

Dengan demikian, proses replacement (pembaharuan) bebek wajib diantisipasi sehingga begitu telah turun produksinya serta telah tidak murah lagi bebek dapat diafkir serta ditukar dengan bebek yang telah disiapkan dengan baik.

Menjauhi serta Menanggulangi Stress bebek Secara Kilat serta Tepat

Tidak hanya jadi faktor bebek sakit, stress pula bisa menimbulkan turunnya produksi telur.

Supaya penciptaan telur tidak turun, berikan multivitamin kurang lebih selama 5 hari berturut-turut serta upaya buat tingkatkan produksi wajib dicoba dengan menanggulangi permasalahan yang jadi sumber stress.

Meningkatkan nutrisi bonus( probiotik) pada bebek.

Pemakaian probiotik ialah upaya buat tingkatkan produktivitas serta ataupun tingkatkan efesiensi pemakaian pakan sehingga tingkatkan keuntungan usaha.

Probiotik ialah mikroorganisme yang hidup dalam makanan suplemen yang mempunyai dampak menguntungkan dalam badan dengan tingkatkan keseimbanan mikro organisme dalam saluran pencernaan.

Kuman yang diperlukan oleh bebek petelur antara lain: Lactobacillus acidophilus, Lacrobacilus plantarum, Bacillus subtilis, Bifidobacterium loguum, biffidobacterium bifidum dan Saccharomyces cereviceae.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.