Cara Merawat Bunga Matahari Mudah dan Simple di Rumah

2 min read

Cara Merawat Bunga Matahari di Rumah Mudah dan Simple

Cara Merawat Bunga Matahari di Rumah Mudah dan Simple – Salah satu yang menarik bagi kebanyakan pencinta tanaman yakni bunga Matahari. Bunga matahari adalah salah satu bunga yang melambangkan kesenangan dan kebahagiaan.

Bunga ini selalu terlihat elegan dan indah, karena itulah banyak penggemar bunga terpikat dengan pesona bunga matahari. Agar dapat memperoleh hal tersebut dibutuhkan cara merawat bunga matahari. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel Kebun mengenai Merawat Bunga Matahari berikut ini.

Cara Merawat Bunga Matahari Mudah dan Simple di Rumah

Bunga matahari mempunyai ukuran yang cukup besar, tampilannya pun memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan bunga lainnya. Bunga ini mempunyai kelopak yang besar dan daun hijau sedikit lebar yang mengelilinginya.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa dalam menanam bunga matahari ini tidak lah mudah. Apalagi jika Anda menanamnya sebagai salah satu tanaman bunga cantik pada perkarangan rumah Anda. Berikut ini adalah cara merawat bunga matahari di rumah dengan mudah dan simple.

Tanam Bunga Matahari di Lahan Terbuka

Cara Merawat Bunga Matahari di Rumah Mudah dan Simple

Pertama dalam Merawat bunga matahari di rumah adalah dengan menanam bunga matahari di lahan terbuka. Karena dengan menanam pada lahan yang terbuka, bunga matahari akan dapat tumbuh dengan baik, jika terkena asupan paparan sinar matahari yang cukup.

Secara alami, bunga matahari merupakan salah satu jenis bunga yang menyukai area yang memiliki suhu hangat. Sebab itulah agar dapat memastikan bunga matahari dapat tumbuh dengan baik, bunga ini harus mendapatkan asupan paparan sinar matahari secara langsung. Bunga metahari ini memerlukan sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Perawatan Hidroponik

Selanjutnya, bunga ini sering juga dianggap sebagai salah satu jenis tanamn hias sebab bentuknya yang indah dan cantik. Selain itu juga menana bunga matahari dapat dilakukan pada pekarangang rumah atau halam rumah Anda. Akan tetapi perlu diperhatikan lokasi penanam agar bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tanam di area yang tidak banyak terkena angin

Cara Merawat bunga matahari selanjutnya yaitu memastikan area menanam bunga matahari bukan area yang sering terkena angin. Hal ini disebabkan karena tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki tubuh yang panjang.

Oleh sebab itu, jika Anda menanam tanaman ini dibiarkan tumbuh dan berdiri tanpa sanggahan. Maka bila terkena angin kencang, bukan tidak mungkin akkan membuat batangnya patah.

Agar dapat menghindari hal yang demikian, perlu menanamnya pada temapt yang khusus, semisal pada wadah yang diberi pagar. Hal ini dapat menangkal angin kencang yang dapat mengnai tanaman ini.

Namun bila tidak terdapat wadah khusus, setidaknya Anda buatkan pagar pada sekeliling bunga matahari agar dapat menagkal angin kencang yang mengenai bunga matahari.

Jauhkan bunga Matahari dari Hama yang Merusak

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam merawat bunga matahari di rumah yakni dengan memastikan bunga matahari terbebas dari hama. Hal ini sebab bunga matahari adalah jenis mubga yang sangat di sukai oleh hama. Salah satunya yang sering merusak dan menyerang tanaman ini yaitu Kepik Hijau.

Hama kepik hijau dapat menyerang  pada biji bunga matahari. Selain itu juga ada hama lainnya yang menyerang tanaman ini yakni hama wereng. Wereng sangat serring menyerang pada bagian daun tanaman ini. Namun tidak hanya menyerang pada bagian daun saja, hama ini juga menyerang pada bunganya juga. Hama lainnya yang menyang tanaman ini yakni ulat bulu dan belalang yang menyerang pada bagian daun tanaman ini.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Matahari Bagi Pemula

Biji bunga matahari merupakan salah satu yang dapat dijadikan bisnis menguntungkan. Namun walaupun bukan pembisnis atau pembudidaya, hama yang menyerang tanaman ini perlu Anda parhatikan dan diberantas. Karena itu bunga matahari sangat perlu untuk dilakukan penyemprotan dengan cairan anti hama.

Memilih area penanaman bunga Matahari dengan memperhatikan tingkat pH

Merawat bunga matahari selanjutnya yaitu emilih area penanaman bunga matahari. Anda harus menyesuaikan tingkat pH yang dibutuhkan pada setiap tanaman. Karena itu Anda harus menyesuaikan dengan area penanaman terlebih dahulu agar dapat tumbuh dengan baik.

Selain pada setiap tanaman membutuhkan tingkat pH dan karakteristik yang berbeda-beda. Pada kategori bunga matahari memerlukan tingak pH kisaran 6 sampai 7,5.

Namun, jika Anda tidak dapat memastikan tingkat asam dan pH, bunga matahari umumnya dapat tumbuh dimana pun. Akan tetapi, lebih baiknya untuk menanam pada tanah yang memiliki tingkat pH yang sesuai.

Siram tanaman dan pemberian pupuk secara rutin

Cara selanjutnya dalam merawat bunga matahari yaitu rutin menyiram bunga dan pemberian pupuk. Agar dapat menikmati hasil serta keindahan dari tanaman ini yang tumbuh dengan baik, tentu memerlukan perhatian yang khusus.

Sama halnya dengan memelihara hewan semisal anjing dan kucing yang membutuhkan perhatian. Bunga matahari juga memerlukan perhatian khusus. Perawatannya Anda tidak terlalu repot, hanya perlu memberikan pupu yang merupakan makanan sehari-hari dari bunga matahari. pilihlah pupuk yang sesuai dengan tanaman ini, agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

Memperhatikan jarak tanaman bunga Matahari

Terakhir perlu diperhatikan jarak menanam bunga matahari, tanaman yang membutuhkan tempat yang luas, nyaman dan membuat tanaman tidak berebut saat diberikan pupuk. Bila jarak ideal tanaman matahari terlalu dekat maka akan tidak dapat leluasa bergerak, hal ini dapat menghambat pertumbuhan dari tanaman ini.

Demikian penjelasan mengenai Cara Merawat Bunga Matahari di Rumah Mudah dan Simple, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read