Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Bagi Pemula

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Bagi Pemula

Posted on

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Merawat DOC Ayam. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara merawat DOC atau Day Old Chicken ayam boiler dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Bagi Pemula

DOC (Day Old Chicken) merupakan hitungan untuk hari pertama penetasan sampai seminggu setelah anak ayam menetas. Dalam tahap ini dianggap sebagai tahap pertama dalam pemeliharaan DOC ayam. Fase ini merupakan dimana fase untuk menentukan kelanjutan hidup DOC menjadi ayam broiler layak potong.

Fase ini juga dianggap sebagai fase kritis. Sebab apabila fase ini gagal, maka DOC ayam broiler tidak akan mencapai bobot standar atau malah akan terjadi suatu kematian akibat serangan virus. Oleh karenanya, agar dapat memperkecil kegagalan tersebut, berikut ini kami membagikan tips merawat DOC (Day Old Chicken) ayam broiler untuk pemula.

Untuk anda yang ingin menjalankan usaha ternak ayam broiler, disarankan agar memilih bibit atau DOC Ayam Broiler yang berkualitas supaya menghasilkan daging yang berkualitas pula. Pemilihan DOC Ayam Broiler yang berkualitas mempunyai kemampuan untuk survive yang tinggi. Dengan mentalnya lebih sehat dibandingkan dengan yang kualitasnya yang lainnya.

Tak hanya pemilihan bibit DOC Ayam Broiler yang tepat saja, anda juga perlu mengimbangi dengan perawatan yang benar. Sebab, pemilihan dengan DOC Ayam Broiler yang berkualitas psati akan sia-sia apabila pemeliharaannya tidak berkualitas.

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler

Merawat DOC (Day Old Chicken) merupakan salah satu kegiatan yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Agar mendapatkan kualitas ayam broiler yang baik, anda perlu melakukan perawatan yang tepat.

Baca Juga:  Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan

Berikut ini merupakan beberapa tips cara merawat DOC Ayam Broiler yang tepat agar dapat berhasil, diantaranya yaitu:

  • Larutan Gula Merah

Berikan larutan gula merah pada DOC yang berguna dalam membuat DOC lebih berenergi serta tidak mudah lemas setelah perjalanan jauh. Caranya yaitu larutkan 1 sendok gula merah + 200 ml air. Setelah itu ketika DOC dikeluarkan dari Box, celupkan DOC kedalam larutan gula merah lalu letakkan dalam area Brooding.

  • Persiapan Kandang

Berbeda dengan ayam dewasa, DOC mempunyaii tubuh yang masih rentan serta mudah untuk kedinginan. Oleh sebab itu sediakan kandang DOC tertutup supaya angin yang masuk tidak terlalu besar. Anda bisa melapisi kandang dengan plastik untuk membuat ayam tetap hangat. Pada bagian atas bisa anda bisa menggunakan strimin kawat guna membuat ventilasi udara.

Tak hanya tertutup, kandang juga harus selalu tetap bersih. Kadang yang bersih yaitu kandang yang kering, tidak lembab serta tidak ada tumpukan feses ayam. lalu bersihkan secara berkala feses ayam. Sebab hal ini dapat menyebabkan amonia di dalam kandang menjadi tinggi. Sehingga hal ini dapat membuat DOC tidak nafsu makan sebab terlalu banyak menghirup amonia.

  • Penyediaan Lampu

Penggunaan lampu pada kandang DOC ini berguna dalam membantu penglihatan ayam DOC pada malam hari agar dapat terhindar dari serangan hewan seperti tikus serta berguna untuk menghangatkan DOC. Gunakan lampu dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila DOC hanya berkumpul pada satu tempat, maka hal ini merupakan pertanda kurang penyediaan lampu.

  • Brooder

Brooder berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh DOC agar tetap hangat dan tidak merasakan kedinginan. Brooder juga sangat berguna jika sedang terjadi musim hujan atau keadaan udara ekstrem. Atur suhu brooder dengan tepat jangan terlalu dingin serta jangan pula terlalu panas.

Tanda pengaturan suhu yang tepat pada brooder terlihat ketika DOC menyebar merata pada brooding, sehingga suhu yang digunakan sudah tepat. Namun jika DOC bergerombol pada satu titik, maka suhunya terlalu rendah. DOC ini akan menjauhi Brooder apabila suhunya terlalu tinggi. Berikutnya yaitu lakukan pelebaran pada brooding sesuai dengan pertumbuhan ayam.

  • Litter atau Sekam

Anda bisa menggunakan litter yang berasal dari serbuk gerjaji atau sekam padi, yang mana untuk memelihara DOC hingga umur ke 14 hari. Sebaiknya ketebalan litter yang digunakan yaitu minimal 10cm, dibolak-balik 2x seminggu serta diganti seminggu sekali. Alangkah baiknya anda pasang litter secara menyeluruh di area kandang sebelum DOC datang. Sedangkan khusus untuk hari pertama DOC anda dapat melapisi koran diatas litter.

  • Pemberian Pakan

Langkah berikutnya yaitu pemberian pakan DOC dengan pakan halus sebab DOC baru bisa makan pakan yang teksturnya halus. Oleh sebab itu, berikan pakan jenis bubuk. Taruh pakan halus pada nampan plastik agar DOC bisa menceker pakan tersebut.

Baca Juga:  Panduan Cara Membuat media persemaian hortikultura

Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Bagi Pemula

  • Pemberian Vaksin

Perawatan berikutnya yaitu pemberian vaksin pada DOC. Vaksin merupakan salah satu hal penting guna mencegah DOC terserang penyakit. Jenis vaksin yang digunakan yaitu masih dalam bentuk tetes mata atau tetes hidung, bukan berbentuk seperti sistem vaksin suntik.

Untuk jenis vaksin mata adalah vaksinasi ND. Selain vaksin, anda juga perlu memberikan vitamin secara berkala guna menjaga daya tahan tubuh ayam menjadi lebih stabil. Berikan vitamin yang telah dicampurkan dengan air minum supaya DOC menjadi lebih sehat.

Dalam beternak ayam broiler dari DOC memang mempunyai risiko kematian yang cukup besar. Namun, apabila anda melakukan perawatannya dengan tepat dan benar seperti step diatas, maka anda akan sukses dalam beternak ayam broiler.

Demikian penjelasan tentang Cara Merawat DOC (Day Old Chicken) Ayam Broiler Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.