Pakan Ayam Petelur

5 min read

Pakan Ayam Petelur

Pakan Ayam Petelur – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pakan Ayam Petelur.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Pakan Ayam Petelur bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Pakan Ayam Petelur berikut ini.


Pakan Ayam Petelur


Ayam Petelur merupakan salah satu tipe ayam yang mempunyai keunggulan pada produktifitas telurnya.

Buat memperoleh hasil perkembangan yang optimal sehingga jumlah produktifitas telur terus hadapi kenaikan. Maka aspek utama dalam pemeliharaan ayam petelur merupakan pakan.

Pemberian pakan yang pas ialah aspek terutama buat memastikan usaha budidaya ayam peterlur.

Pakan yang mempunyai mutu besar serta diberikan kepada ayam secara pas bisa menciptakan penciptaan ayam petelur jadi maksimal.

Dalam melaksanakan usaha umumnya peternak dihadapkan dengan harga pakan yang besar, serta sebagian besar biaya pengeluaran digunakan buat berikan bahan baku pakan.

Perihal inilah yang kerap jadi perkara mayoritas peternak serta pada kesimpulannya hendak hadapi kegagalan dalam beternak akibat peningkatan harga biaya pakan yang tidak sebanding dengan penciptaan telur pada ayam petelur.

Buat menekan biaya pengeluaran yang tidak sedikit, maka peternak membutuhkan inovasi baru yang bisa kurangi biaya pengeluaran buat membeli pakan tersebut.

Umumnya pakan ayam petelur yang digunakan berbentuk voer yang dicampur derngan dedak ataupun konsentrat yang lain.

Pakan ayam yang baik merupakan pakan yang bermutu serta memiliki faktor protein, mineral, karbohidrat, lemak serta pula vit.

Pemberian pakan yang kelewatan pula hendak mempengaruhi kurang baik pada ayam petelur, ayam hendak jadi kurang produktif akibat perkembangan lemak yang tidak sebanding dengan pembuatan telur pada ayam.

Tidak hanya itu pembuatan kandang ayam petelur pula wajib dicermati dengan benar. Buat pembuatan kandang sebagainya berupaka kandang battrey.

Perihal ini bisa mempermudah peternak dalam pemberian pakan serta menontrol kesehatan ayam.

Pemberian pakan pada ayam wajib disesuaikan dengan kebutuhan pada ayam supaya perkembangan bisa balance dengan umur pada ayam tersebut.

Kemudian tipe pakan ayam petelur apakah yang berkulitas? Berikut ini merupakan tipe–tipe pakan ayam peterlur yang berkulaitas.


Pakan Ayam Petelur Pabrikan

Tipe pakan pabrikan ialah pakan yang dibuat oleh pabrik dengan takaran gizi yang cocok serta cocok dengan kebutuhan yang diperlukan oleh ayam petelur.

Pakan ayam petelur pabrikan ada dalam wujud komplit serta konsentrat dengan perumusan yang pas buat tiap perkembangan pada ayam peterlur.

Pakan pabrikan ini dibuat dalam dimensi bermacam macam ada dengan dimensi kecil serta sedang.

Nutrisi lengkap serta balance pada pakan ayam bermanfaat buat menunjang perkembangan serta kesehatan ayam petelur umur muda.

Pada tipe–tipe pakan pada ayam petelur wajib disesuaikan bersumber pada usia, ada pula usia pada ayam merupakan bagaikan berikut:

  • Strater ayam usia 0–4 minggu (anak ayam)
  • Grower ayam usia 4–16 minggu (masa perkembangan)
  • Layer merupakan ayam usia 16–hingga akhir masa panen (masa penciptaan telur)

Keunggulan pemberian pakan ayam petelur pabrikan bisa berperan sebagai tingkatan ketahanan badan yang lebih besar, tingkatan keseragaman yang lebih baik guna mendukung produktifitas telur ayam jadi unggul serta terbaik.

Nama pakan ayam petelur sangat banyak serta dibagi jadi sebagian merek populer serta kerap digunakan oleh peternak nusantara buat memenuhi gizi ternaknya.

Ada pula merek pakan ayam petelur yang kerap digunakan peternak nusantara merupakan bagaikan berikut:

  • EH 510, 512, 818, serta 811 A || Broiler 1, 1SP, serta 2
  • 511, serta 511 Bravo || NB101, 101B, 7582
  • 611, 611 B, NHK 35 || BRO 1 MASTER, BR1, BR1 SUPER
  • 9901 || 8202 SE
Baca Juga:  Perbedaan Kucing Anggora & Persia Serta Karakteristiknya

Pakan ayam tersebut ada dengan harga yang bermacam-macam, harga pakan ayam petelur yang baik kulitasnya serta unggul umumnya bersumber pada komposisi pada pakan, aroma, kemasan serta jangka waktu kadaluarsa.

Harga pakan ayam petelur terkadang hadapi peningkatan serta penurunanya yang rekatif sedikit. Pakan ayam petelur murah biasayan dijual dengan harga Rp. 200.000–300 000 per karungnya.

Sebaliknya buat harga pakan ayam petelur yang memiliki kulitas lebih unggul berkisar Rp. 300.000–400.000 per karung.

Dalam pemberian takaran pakan buat ayam petelur umumnya peternak memberikan takaran tertentu buat tiap umur pada ayam petelur serta disesuaikan dengan kebutuhan pada ayam dan jumlah ayam yang ada dalam kandang.


Pakan Kombinasi memakai bahan alternatif

Kombinasi pakan ayam petelur sangat baik buat perkembangan pada ayam petelur. Apalagi nutrisinya lebih baik serta lebih terpelihara keasliannya dibandingkan dengan pemberian pakan pabrik.

Pakan kombinasi ini umumnya berasal dari hewani serta berasal dari nabati, serta pakan ayam petelur supaya cepat bertelur tersebut hendak jadi sumber tenaga yang baik untuk perkembangan ayam buat mendukung produktifitas telur jadi lebih unggul serta banyak.

Bahan pakan tersebut terdiri dari bahan pakan sumber tenaga, bahan pakan sumber protein, bahan pakan sumber mineral serta bahan pakan adiktif.

Bahan pakan ini bisa diberikan kepada ayam petelur dikala ayam merambah umur dewasa, serta bisa diberikan tiap hari guna pengganti bahan baku utama pada pakan pabrikan.

Umumnya bahan pakan ini telah ada di area dekat, peternak juga tidak butuh bersusah payah dalam mencari bahan paku tersebut.

Ada pula berbagai macam bahan pakan yang ada didalamnya merupakan sebagai berikut:

Bahan Pakan Sumber Energi

Sumber bahan pakan tenaga ini sangat baik diberikan kepada ayam, khususnya ayam petelur.

Gizi yang tercantum dalam bahan pakan ini sangat mendukung produktifitas telur jadi lebih baik serta tenaga pada ayam dan energi bisa tercukupi dengan balance.

Contoh bahan pakan sumber tenaga merupakan bagaikan berikut: jagung kuning, dedak padi, pollard serta minyak kelapa sawit.

  • Jagung Kuning

Jagung ialah sumber tenaga utama untuk ternak unggas khususnya ayam petelur. Mutu jagung lokal sangat bermacam-macam, ini bergantung pada wilayah pemanenannya.

Pemakaian jagung buat pakan ayam petelur tidak butuh dibatasi sebab pada jagung kuning tidak memiliki senyawa antinutrisi yang membahayakan untuk hewan ternak khususnya ayam petelur.

  • Dedak Padi

Dedak padi ialah limbah dari hasil penggilingan padi yang kulitnya telah tidak digunakan lagi buat dimakan.

Pada dedak padi ini memiliki serat yang agresif sehingga dalam pemberiannya perlu dibatasi hampir 20% saja sebab ayam petelur tidak mempunyai keahlian mengolah serat agresif dengan baik.

Dedak padi pula sangat berguna untuk ayam petelur cuma saja dedak padi bersifat gampang bau serta isi asam fitatnya yang besar.

Isi tersebut bisa mengusik penyerapan mineral fosfor yang sangat berarti untuk perkembangan telur.

  • Pollard

Polar ialah limbah penggilingan dari bahan pangan gandum. Dalam memberikan pakan ayam berbentuk pollard ini penggunaannya pula wajib dibatasi sebab pollard memiliki serat agresif yang lumayan besar.

  • Onggok

Onggok pula ialah limbah yang telah tidak terpakai yang berasal dari bahan pangan pembuatan tepung tapioka.

Tipe pakan ini bisa jadi sumber tenaga yang murah serta gampang buat didapatkan disekitar rumah.

Dalam pemberiannya onggok tersebut kepada ayam wajib dibatasi karena onggok masih memiliki asam sianida (HCN) serta pemberiannya cuma dibatasi dengan takaran 5%.

  • Minyak Kelapa Sawit

Kenapa dianjurkan buat memakai minyak kelapa sawit? Sebab di dalam minyak kelapa sawit memiliki tenaga CPO sangat besar sehingga bisa digunakan buat penuhi kebutuhan tenaga ayam petelur.

Baca Juga:  Beberapa Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Namun dalam konsumsinya wajib dibatasi optimal 5% sebab bisa menyebabkan ketengikan.

Pakan Ayam Petelur


Bahan Pakan Sumber Protein

Pemberian pakan sumber protein berasal dari tumbuhan ataupun hewan yang memiliki sumber protein yang relatif besar.

Isi protein ini sangat diperlukan oleh ayam khususnya ayam petelur guna memicu produktifitas telur jadi lebih cepat bertelur.

Bahan pakan sumber tenaga ini terdiri dari bungkil kedelai, tepung ikan, meat bone meal (MBM), corn gluten meal (CGM), bungkil kacang tanah, tepung bulu serta tepung bekicot.

Ada pula tipe–tipe pakan yang ada didalamnya merupakan bagaikan berikut:

  • Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai ialah limbah dari hasil pengelolaan kedelai. Pakan ini mempunyai sumber protein utama pada ternak ayam petelur.

Namun dalam pemberian bungkil kedelai pada ayam petelur wajib dibatasi hampir 20–25%, sebab isi tripsin inhibitor bisa menganggu penyerapan asam amino tripsin pada ayam.

  • Tepung Ikan

Tepung ikan ialah sumber pakan utama penghasil protein yang sangat besar berkisar 40–65%.

Isi dalam tepung ikan lokal sangat bermacam-macam serta umumnya memiliki kandungan garam yang besar.

Hendaknya dalam memberikan pakan berbentuk kombinasi yang dicampur dengan tepung ikan diberikan hampir 7–10%.

  • Meat Bone Meal( MBM) ataupun Tepung Daging serta Tulang

Tepung tersebut berasal dari limbah tulang–tulang hewan yang telah tidak digunakan lagi. Isi protein dalam tepung daging serta tulang tersebut sangat besar. Pemakaian bahan tersebut dianjurkan cuma 5–10%.

  • Corn Gluten Meal( CGM) Tepung Lembaga ataupun Inti Jagung

Tepung lembaga ataupun inti jagung merupakam limbah pengelolaan minyak jagung dengan isi protein yang besar.

Dalam pemberian pakan ini dianjurkan cuma 8% saja sebab pemakaian tepung daging serta tulang buat pakan ayam secara kelewatan bisa membuat produktifitas telur jadi bercorak kuning.

  • Tepung Bulu

Tepung bulu ialah limbah dari pemotongan ayam yang tiap harinya hadapi peningkatan secara terus menerus serta meningkat bersamaan meningkatnya populasi ayam.

Serta tingkatan pemotongan sebagai akibat meningkatnya permintaan daging ayam di pasaran.

Saat ini inovasi baru sudah merubah bulu ayam yang umumnya banyak digunakan bagaikan kemoceng, pengisi jok, pupuk tumbuhan serta kerajinan tangan.

Isi protein agresif pada bulu ayam sangat besar ialah 80-90% namun rendah asam amino.

Tepung bulu pula memiliki keratin yang bisa merendahkan pencernaan serta efisiensi pemakaian zat makanan.

  • Tepung Bekicot

Isi sumber protein yang terdapat pada bekicot sangat baik buat keberlangsungan perkembangan pada hewan ternak unggas.

Isi protein didalamnnya besar serta kaya hendak mineral kalsium serta fosfor. Penggunaannya dalam ransum ayam petelur cuma dibatasi hampir 10% saja.


Bahan Pakan Sumber Mineral

Mineral yang tercantum dalam bahan pakan pada ayam petelur sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan cangkang telur paling utama isi fosfor (P) serta kalsium (Ca).

Sebagian bahan yang umumnya digunakan bagaikan sumber mineral, antara lain kapur (CaCO3), Dicalcium phospat (DCP) serta limestone.

Pemakaian bahan tesebut buat sumber mineral ayam petelur dibatasi mencapai 3–4%.

Bahan Pakan Aditif

Bahan pakan tersebut ialah bahan yang kerap diberikan serta ditambahkan pada ayam petelur buat penuhi kebutuhan nutrien mikro ataupun bagaikan antibakteri serta pemacu perkembangan.

Tipe bahan aditif ini terdiri dari vit mix, meneral mix, premix, serta antibiotik, pemakaian bahan aditif dalam ransum dibatasi cuma 0,5–1% saja.

Demikian penjelasan kami tentang Pakan Ayam Petelur dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.