18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan

18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan

Diposting pada

18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pakan Ikan Nila. Penting untuk memilih pakan ikan nila yang tepat sangat mempengaruhi biaya dan untung anda. Mulai dari alami yang berbiaya nol sampai pelet yang dianggap mahal. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan

Ikan nila merupakan hewan omnivora yang memakan baik tumbuhan maupun hewan. Di alam aslinya ikan ini memakan makhluk kecil di dalam air seperti memakan plankton, fitoplankton, hydrila dan tumbuhan yang hidup didalam kolam seperti azolla.

Ikan nila juga bisa memakan sisa dapur dan buah buahan. Pakan ikan nila terbagi menjadi dua yaitu alami dan pelet. Salah dalam memilah beberapa jenis pakan bisa berakibat fatal karena biaya produksi terbesar nila adalah pakan.

Pakan Ikan Alami

Dengan mengetahui pakan alami itu sangat penting, hal ini bisa sangat menekan biaya produksi anda. Perlu kita renungkan, pakan alami jika habis akan tumbuh lagi, tidak perlu keluar kocek atau biaya tambahan. Bagi pembudidaya ikan, pakan adalah biaya produksi terbesar. Oleh karena itu mengetahui pakan alami adalah solusi yang tepat.

Pakan alami saja belum cukup untuk ikan nila. Kondisi yang terlalu kotor juga berpengaruh, misal banyak tumbuhan di kolam yang akan mengundang hama dan penyakit ikan. Sebagai pembudidaya anda sebaiknya menambahkan pakan tambahan, seperti pelet dengan kadar protein rendah (20-25%). Hal ini terbukti dapat mempercepat pertumbuhan ikan nila.

Di sisi lain, dengan menggunakan pakan pelet juga menghasilkan efek samping. Selain harganya yang relatif mahal, pakan pelet juga menghasilkan endapan yang kotor dalam air.  Oleh sebab itu kami akan membahas baik pakan alami maupun pakan pelet buatan untuk ikan nila.

Berikut ini adalah berbagai macam pakan alami ikan nila, antara lain:

Plankton dan Fitoplankton

Plankton dan Fitoplankton

 

Di awal budidaya ikan nila kita harus membuat kolam. Nah saat tahap pembuatan kolam, pastikan kolamnya bersih dari sampah lalu beri pupuk dan siram air. Ini bertujuan agar di kolam kita tumbuh plankton, fitoplankton dan kawan kawannya.

Jenis makhluk kecil ini akan menjadi makananan yang baik bagi ikan nila. Karena kadar proteinnya sendiri yaitu sekitar antara 21-37 %. Lumayan, untuk mengurangi produksi pakan.

Azolla Pinnata

Azolla Pinnata

Azolla adalah sejenis tumbuhan paku air berwarna hijau yang terapung di air dengan ukurannya antara 1-4 cm dan bentuk daunnya segitiga atau kotak. Tumbuhan paku ini cepat sekali berkembang dan banyak ditemukan di kolam atau sawah.

Azola mempunyai kadar protein yang tinggi yakni 31 %.  Kadar protein inilah yang membuat azolla rame peminat di kalangan petani nila pakan organik. Ikan ini juga diyakini mengandung banyak vitamin. Menurut pengamatan di ciamis, pemberian Azolla Pinnata sebanyak 10% bisa sangat efektif untuk menambah berat pada ikan.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname yang Baik Bagi Pemula

Azolla atau disebut juga mata lele ini bisa disajikan dalam bentuk kering maupun basah dan bisa juga ditaruh di atas kolam nila. Tetapi yang paling bagus dalam pemberian pakan azolla adalah dalam kondisi kering. Hal ini dikarenakan pemberian azolla basah mengandung terlalu banyak air sehingga nila hanya kenyang air dan sedikit protein.

Lemna SP

Lemna SP

Lemna SP adalah jenis tumbuhan kecil hijau yang hidup di dalam air. Tumbuhan ini mengandung protein 10-45 %.

Belakangan tumbuhan ini menjadi primadona peternak tidak hanya nila. Karena perkembangannya yang mudah dan lemna mampu tumbuh 40% perhari, sangat cepat. Umur lemna hanya 10 hari dan setiap induk bisa menghasilkan 20 anakan.

Lemna sendiri bisa diberikan ke nila dalam kondisi basah maupun kering. Untuk menhasilkan lemna kering 1 kg dibutuhkan lemna basah 12 kg. Jika anda mau mmencoba, anda bisa membeli lemna kering secara online. Kisaran harganya lemna yaitu sekitar 50.000 per kg.

18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan

 

Wolffia

Tanaman berbunga ini disebut sebut sebagai tanaman berbunga yang terkecil di dunia. OLeh karena itu, Wolffia ini bisa diberikan sebagai pakan mulai dari tahap pembenihan ikan nila. Perlu kitta tahu, saat masih benih ikan nila tidak bisa memakan lemna.

Perkembangbiakannya sangat cepat bila dibanding dengan lemna yaitu perbandingannya 4 : 3.  Sama seperti lemna, sebaiknya tumbuhan ini dikembangbiakan terpisah agar tidak mengganggu sinar matahari masuk kolam nila.

Tumbuhan ini disebut juga watermeal atau duckweed dengan tumbuh melayang layang di atas air dan berwarna kekuningan atau hijau.

Daun Talas

Daun Talas

Pemberian daun talas memang bertujuan untuk mengurangi biaya makan pelet. Menurut berbagai sumber, daun ini cukup baik untuk menambah bobot pada ikan. Selain itu pohon talas juga gampang ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Pemberian pakan ini harus dipotong kecil kecil terlebih dulu. Jangan terlalu berlebihan memberikan daun talas, daun yang tidak termakan atau membusuk bisa memberikan masalah tersendiri

Daun ini biasanya ditanam petani di sekitar kolam agar pohon talas bisa hidup di daerah lembab. Jika tidak ingin disekitar kolam maka anda dapat mengkondisikannya terlebih dahulu.

Kangkung

Kangkung

Ya, kangkung yang disukai kelinci ini ternyata juga bisa untuk pakan ikan nila.

Saran saya, tanamlah kangkung sendiri jangan beli kangkung di pasar. Karena kangkung yang dijual dipasar bisa jadi banyak pupuknya dan disemprot berbagai macam bahan kimia. Hal ini bisa berpengaruh pada pertumbuhan ikan.

Daun singkong

Daun singkong

Daun singkong bisa kita berikan untuk ikan nila. Nah anda bisa memberikannya secara langsung, dicampur dengan tepung ikan atau difermentasi terlebih dahulu.

Fermentasi daun singkong banyak dilakukan agar bisa menghasilkan FCR (Food conversion Ratio) yang bagus.

lumut

lumut

Ikan nila adalah omnivora yang bisa memakan tumbuhan kecil yang ada di sungai, termasuk lumut. Memberikan lumut bisa menjadi alternatif tersendiri untuk ikan nila.

Sisa sayuran

Sisa sayuran yang di sini adalah sisa sayuran yang tidak terjual atau disingkirkan karena sudah layu. Bisa juga sayuran dari warung warung yang tidak dimasak. Ingat ya, untuk sisa sayur mentah bukan sayur yang matang.

Ampas Kelapa

Ampas kelapa adalah sisa santan, biasanya dibuang begitu saja. Nah bagi peternak nila, ampas ini adalah barang berharga yang bisa digunakan untuk menghemat pakan nila. Pemberiannya bisa langsung, bisa juga dicampur dedak atau tepung ikan.

Baca Juga:  √ Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah Bagi Pemula

Dedak

Dedak merupakan hasil gilingan dari sisa padi. Warnanya kecoklatan dan baunya khas. Biasanya dedak ini digunakan untuk campuran pakan lainnya.

Sisa Nasi

Dari pada terbuang, sisa nasi bisa anda berikan untuk pakan ikan nila. Mau diberikan langsung atau dikeringkan dulu boleh saja. Silahkan anda coba mana yang disukai pada nila.

Sisa Roti

Pernahkan anda membeli roti di toko roti, bakery atau market terdekat?

Coba lihat tanggal kadaluwarsanya, meskipun roti baru, pasti tanggal kadaluwarsanya sebentar lagi. Memang jenis rotinya seperti itu, tidak ada yang salah.

Lalu kemanakah sisa roti yang kadaluwarsa itu? Roti roti tersebut dijual dengan harga sangat miring untuk pakan ternak. Salah satunya bisa digunakan sebagai pakan nila.

Tepung cacing

Anda bisa membuat tepung cacing sendiri. Dengan cara sebagai berikut:

  • Memisahkan cacing segar dari tempat / medianya.
  • Mencuci cacing tersebut sampai bersih, kemudian membilas lalu menimbangnya.
  • Menjemur cacing di bawah terikmatahari ( bisa diatas seng agar cepat dan hasil bagus) selama 24 jam.
  • Cacing yang sudah kering kemudian dibuat tepung dengan penggiling tepung, jika tidak punya silahkan menumbuk sampai halus.
  • Tepung cacing siap digunakan

Dalam penggunaannya timbang dulu tepung cacing saat basah dan kering. Untuk mengetahui berapa cacing yang anda butuhkan dilain waktu.

Pakan Nila Buatan

Anda bisa membuat pakan nila buatan sendiri atau membelinya dari toko. Berikut beberapa pakan nila buatan:

Tepung Bekicot atau keong mas

Tahapan membuat tepung bekicot adalah :

  • Bekicot dibersihkan
  • Direbus dan dikeluarkan isinya saja
  • Dijemur sampai kering
  • Diiris kecil kecil
  • dibuat menjadi tepung
  • Tepung bekicot siap disajikan

Tepung ikan rucah

Cara membuat tepung ikan rucah adalah sebagai berikut :

  • Membersihkan ikan rucah
  • merebus ikan rucah tadi
  • menjemur ikan yang sudah matang
  • mengubah ikan menjadi tepung
  • Tepung ikan siap digunkanan

Maggot

Untuk ibu ibu mungkin maggot ini terkesan menjijikkan. Bentuknya yang kecil berwarna kecoklatan melambangkan seolah maggot adalah pemakan buah busuk. Maggot adalah bentuk larva dari serangga black soldier fly.

Belakangan maggot sudah digunakan untuk pakan  nila. Kadar proteinnya lumayan tinggi yakin 45 % sehingga banyak yang diminati. Tak ayal sekarang ada bisnis baru, yakni budidaya maggot. Mereka menjual Maggot kepada pembudidaya ikan untuk substitusi atau pengganti pelet

 

Pelet

Pelet

Mungkin sudah tidak asing, pelet adalah pakan ikan yang banyak dipakai. Bentuknya kecil seperti pil, umumnya berwarna kecoklatan yang bahannya merupakan campuran bahan nabati dan hewani.

Selain mengenyangkan pelet juga dianggap sebagai asupan gizi. Kelebihan pelet adalah gizinya banyak namun kekurangannya tentu saja harganya mahal. Meski demikian anda bisa membuat pelet sendiri di rumah

Demikian penjelasan singkat tentang 18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua.