Pembuatan Kolam Ikan Tanah

3 min read

Pembuatan Kolam Ikan Tanah

Pembuatan Kolam Ikan Tanah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Pembuatan Kolam Ikan Tanah.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Pembuatan Kolam Ikan Tanah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Pembuatan Kolam Ikan Tanah berikut ini.


Pembuatan Kolam Ikan Tanah


Banyak peternak membuat kolam ikan secara asal-asalan. Apalagi terkadang tidak lebih semacam kubangan air saja. Perihal ini yang membuat produktivitas budidaya tidak optimal.

Aspek kolam tidak kalah penting dengan aspek budidaya yang lain semacam benih, pakan serta air. Kolam ikan ialah tempat habitat hidup ikan. Keadaan kolam ikan memastikan baik tidaknya perkembangan ikan.

Terdapat sebagian perihal yang wajib dicermati dalam membuat kolam ikan. Mulai dari menganalisis tipe tanah, kontur lahan, tata letak kolam, irigasi, penggalian, pembuatan tanggul sampai pengaturan perputaran air.


Tahap-Tahap Pembuatan Kolam Ikan Tanah

  • Menganalisis tipe tanah

Tipe tanah yang sangat baik buat membuat kolam tanah merupakan tanah liat berpasir. Tipe tanah ini lumayan kedap air, teksturnya solid sehingga pembuatan tanggulnya juga lebih gampang.

Apabila tanah yang ada sangat gembur, perlu usaha ekstra supaya berperan dengan baik. Misalnya dinidng kolam diberi susunan semen ataupun batu bata.

Metode ini efisien menghindari kebocoran, tetapi biaya kontruksinya jauh lebih mahal.

Cara simpel memastikan tipe tanah merupakan dengan menggenggam segumpal tanah yang sudah dibasahi dengan air.

Setelah itu kepalkan tanah tersebut kuat-kuat. Setelah itu buka telapak tangan Kamu. Apabila di permukaan telapak tangan cuma terdapat sedikit pasir maka dapat dikatakan tanah liat berpasir.

Apabila jumlah pasir yang melekat di telapak tangan banyak, tanah tersebut dikategorikan tanah gembur.

  • Kontur lahan

Sehabis menganalisis tipe tanah, lihat kontur lahan yang hendak dijadikan kolam ikan. Apakah lahan datar ataupun lahan miring.

Baca Juga:  Perbandingan Jumlah Indukan Betina Dan Jantan Pada Kolam Terpal Adalah

Kemiringan lahan memastikan tata cara penggalian serta pembuatan tanggul. Pada lahan miring, pengaturan pola aliran air lebih gampang.

Penggalian tanah di lahan miring cukup dicoba pada satu sisi. Setelah itu tanah hasil galian digunakan buat membuat tanggul di sisi lain.

Sebaliknya pada lahan datar, penggalian dicoba di seluruh sisi. Hasil galian dijadikan buat membuat tanggul.

  • Penggalian Tanah

Sehabis mengamati lahan yang hendak dijadikan objek pembuatan kolam kita mengawali penggalian.

Dalam penggalian dilahan miring pastinya kita hendak lebih hemat tenaga, lantaran kita cuma butuh menggali pada satu sisi, serta sisa galian tersebut kita dapat peruntukan tanggul disisi yang lain.

Sebaliknya buat menggali tanah di lahan datar kita butuh menggali kedua sisi (di seluruh sisi), pastinya proses penggalian ini memerlukan waktu yang lumayan lama.

Pembuatan Kolam Ikan Tanah


  • Tata Letak Kolam Ikan

Memastikan tata letak kolam ini tidaklah perihal yang rumit bila kamu cuma mau membuat satu kolam saja.

Kita dapat membuat kolam dengan model yang simpel, tinggal kita mengoptimalkan letak parit yang dijadikan sumber air serta sistem pembuangan air.

Tetapi perihal ini tidak berlaku lagi bila kita menginginkan kolam lebih dari satu ataupun dapat dikatakan banyak. Maka memastikan tata letak kolam butuh pertimbangan yang matang.

Dari segi pengairan sendiri bila menghendaki kolam yang banyak ada 2 tata cara ialah: pararel, serta seri.

Buat pembuatan sistem pengairan pararel kita membuat parit ataupun saluran irigasi terbuat melintasi tiap kolam, perihal ini bertujuan supaya tiap kolam mempunyai konsumsi air jernih langsung dari sumber air.

Tetapi buat pembuatan memakai tata cara perairan pararel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sistem pararel lebih unggul dalam perihal melindungi mutu air.

Perihal ini disebabkan debit air yang masuk kedalam kolam merupakan air yang fresh berasal langsung dari sumber air, pasti air ini terbebas dari sisa sisa makanan dari kolam tadinya maupun bibit-bibit penyakit dari kolam lain.

Baca Juga:  Cara Merawat Larva Lele Di Kolam Terpal

Sebaliknya pengairan dengan tata cara seri, tiap kolam ikan hendak menerima konsumsi air dari lubang pembuangan kolam yang lain.

Sebagai cerminan, misal kolam A menerima air dari sumber langsung, serta buat kolam B menerima konsumsi air dari kolam A, begitu serta seterusnya.

Tata cara pengairan seri ini sangat sesuai diaplikasikan di tempat yang mempunyai sumber air yang sedikit.

Buat kekurangan memakai sistem ini kita tidak dapat mengendalikan polusi air serta mewabahnya penyakit dikolam ikan tersebut.

Buat tata cara perairan seri pastinya memiliki keuntungan, antara lain yakni kita dapat membuat sederhana serta pastinya tidak hendak makan tempat.

Dalam pembuatan memakai sitem serta penjaannya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan memakai tata cara pararel.


  • Membuat Tanggul Kolam

Dalam pembuatan tanggul kolam ikan yang baik mempunyai karakteristik kedap air alias tidak rembes, kokoh menahan volume air, tidak gampang hadapi erosi, serta tidak bocor.

Bila tanah liat berpasir kita dapat membuat tanggul cuma dengan tanah, akan namun bila tanah yang dijadikan kolam merupakan tipe tanah gembur yang gampang erosi maka kita membuat tanggul memakai tembok buat dijadikan tanggul.

  • Membuat Saluran Air

Membuat saluran air keluar serta masuk ini ialah perihal yang berarti, mengingat fungsi dari saluran ini buat melindungi mutu air yang terdapat dalam kolam ikan.

Apabila aliran air tersumbat, pastinya hendak sangat pengaruhi mutu air yang makin memburuk sampai membuat kematian pada ikan.

  • Membuat kemalir

Saluran kemalir ialah bagian berarti dari kolam ikan. Kemalir merupakan parit yang terdapat di dasar kolam, kedalamannya hampir 20-30 centimeter.

Kemalir berperan buat menolong pemanenan, menampung endapan sisa makanan, mengendapkan lumpur beresiko serta mengendalikan aliran air dasar. Jumlah kemalir disesuaikan dengan pintu pengeluaran air.

Demikian penjelasan kami tentang Pembuatan Kolam Ikan Tanah dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Kantong Semar

Farming
3 min read

Jenis Tanaman Jarak

Farming
4 min read